Mengatasi laptop tak nyala tapi lampu power hidup
laptop tak nyala tapi lampu power hidup

Mengatasi laptop tak nyala tapi lampu power hidup

Mengatasi laptop tak nyala tapi lampu power hidup, sangat mudah untuk anda lakukan, karena kami akan menjelaskan tentang, laptop tak menyala. Tapi sebelum itu kami akan menjelaskan sedikit tentang, penyebab laptop tak nyala tapi lampu puwernya hidup. Penyebab laptop tak nyala tapi lampu puwernya hidup, bisa jadi karena ada masalah pada batrai, atau mungkin karena ada masalah pada layar laptop, atau mungkin ada masalah pada perangkat eksternal, dan bisa jadi karena ada virus di perangkat anda. Tapi anda tak perlu khawatir, karena akusatu.com akan menjelaskan tips tentang masalah ini. Berikut penjelasannya :

Tips Mengatasi Laptop Tak Nyala Tapi Lampu Power Hidup

  • Coba Periksa Baterai Laptop yang tak menyala

Coba periksa baterai laptop anda, karena mungkin laptop anda tidak mendapatkan aliran voltase yang cukup atau mungkin bagian tersebut memang sudah tidak berfungsi lagi. Jika benar, maka anda bisa ikuti cara-cara berikut ini, untuk memperbaiki laptop anda yang sedang bermasalah. Berikut penjelasan tentang cara mengatasinya :
  1. Coba anda lepaskan baterai laptop, kemudian sambungkan laptop dengan chargernya tanpa menggunakan baterai, dan coba lihat apakah lampu chatger hidup atau tidak
  2. Jika lampu charger sudah menyala, itu artinya laptop anda sudah mendapatkan aliran listrik, dan sekarang anda tekan tombol power pada laptop anda
  3. Ketika anda melihat kalau laptop anda sudahmenyala dengan baik, tanpa menggunakan baterai, itu berarti masalahnya memang terletak pada baterai laptop anda. Maka anda hanya tinggal mengganti baterainya dengan yang baru.
  • Coba Cek Layar Laptop yang tak nyala

Coba cek layar laptop anda, karena kalau bagian layarnya rusak, maka laptop tidak akan menampilkan apa pun, meskipun sebenarnya laptop sudah menyala.
  1. Coba anda lepas semua sambungan dari laptop, jikalau sebelumnya lain seperti LCD ataupun monitor. Kemudian setelah itu, coba nyalakan laptop seperti biasanya.
  2. Dan coba anda dengarkan suara mesin, apakah mesin dan kipasnya menyala atau berisik! jika berisik, maka anda hanya perlu mengganti bagian layar yang rusak, seperti LCD taupun bagian-bagian lainnya dengan yang baru.
  • Coba Lepaskan Semua Perangkat Eksternal Yang Tersambung

Coba lepaskan semua perangkat eksternal yang tersambung, karena mungkin perangkat eksternal adalah penyebab laptop anda tidak bisa menyala, hal ini dikarenakan BIOSnya yang tidak dapat mengenali dengan baik, sehingga proses startup gagal. Maka yang perlu anda lakukan hanya melepas semuanya dan kemudian nyalakan laptop anda seperti biasanya. 
  • Coba Instal Ulang Laptop

Coba instal ulang laptop anda, karena mungkin laptop anda ada virusnya. Jika virus tersebut menyerang laptop anda, maka yang perlu anda lakukan hanyalah menginstal ulang laptop anda.
Sebagian masalah yang terjadi pada laptop dapat diatasi setelah anda melakukan penginstallan ulang laptop.
Itulah tadi beberapa penjelasan dari akusatu.com tentang cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup. Namun ketika semua cara di atas sudah anda coba tapi tetap tidak berhasil, maka anda coba membawa laptop anda ke service center resmi merek laptop anda, untuk dapat mendapat penanganan lebih lanjut.
Sekian dan terimakasih.