Cara mengatasi laptop
Cara Mengatasi Laptop Stuck Di Lockscreen

Cara Mengatasi Laptop Stuck Di Lockscreen

Cara mengatasi laptop stuck di lockscreen – Di akusatu.com kali ini, kami menjelaskan sedikit – banyaknya tentang laptop stuck di lockscreen. Tapi sebelum itu kami akan menjelaskan tentang penyebab laptop stuck di lockscreen. Penyebab laptop stuck di lockscreen ialah karena ada masalah startup, software yang tidak kompatibel, masalah driver, software yang out of date, ataupun karena file rusak dan lainnya. Tapi anda tak perlu khawatir untuk mengatasi masalah ini, karena anda bisa mengikuti cara-cara berikut ini untuk mengatasi laptop stuck di lockscreen. Berikut penjelasannya :

Cara Mengatasi Laptop Stuck Di Lockscreen

  • ¬†Coba Perbaiki Menggunakan Tools SFC

Coba perbaiki menggunakan tool SFC, karena tool SFC ini akan menscan system anda untuk memeriksa integritas file system serta memeriksa apakah ada file yang hilang atau tidak, korup atau rusak dan juga menggantinya dengan yang diperbarui. Jikalau system anda crash, mengirimkan error bahkan mengalami masalah, maka anda bisa menggunakan tools SFC.

  1. Coba anda buka Command Prompt dengan hak admin untuk meluncurkannya
  2. Kemudian pada jendela ini, anda coba ketik sfc /scannow dan tekan Enter
  3. Anda tinggal tunggu saat Windows menscan file system anda untuk mencari error dan juga mencoba untuk memperbaikinya
  4. Anda memerlukan waktu 10 hingga 20 menit untuk scan lengkap.
  • Coba Perbaiki File Yang Rusak Menggunakan Tools DISM

Coba perbaiki file yang rusak menggunakan Tool DISM, karena Tool DISM dapat memperbaiki Component Store Corruption yang mana diketahui dapat mencegah scan SFC bekerja dengan baik di system anda.

  1. Coba anda buka Command Prompt dengan hak admin, kemudian anda masukan perintah DISM /Online /Cleanup-Image /restorehealth dan tekan Enter
  2. Kemudian biarkan tools DISM memeriksa error system pada laptop anda dan memperbaikinya
  3. Proses perbaikan ini memakan waktu hingga 10-15 menit atau lebih
  4. Jika proses DISM ini selesai, maka restart system anda dan jalankan kembali untuk mengganti sisa file yang rusak (jika ada) dengan yang diupdate.
  • Coba Lakukan System Restore

Coba lakukan system Restore, dengan mengikuti cara-cara berikut ini :
  1. Coba anda Restart system beberapa kali, sampai jendela Automatic Repair muncul
  2. Kemudian anda coba pergi ke Troubleshoot, kemudian pilih Advanced options dan pilih System Restore
  3. Lalu pilihlah username kemudian masukkan password anda. Gunakan Administrator account
  4. Setelah itu anda klik Next, pilihlah system restore point yang diinginkan dan anda tinggal ikuti petunjuk di layar untuk memulihkan system.
  • Coba Perbaikan Startup

Coba perbaiki Startup, karena Startup Repair akan menscan laptop anda dan memeriksa berbagai pengaturan, konfigurasi dan juga file system. Startup Repair ini akan mencoba untuk mencari masalah berikut ini :
  1. Masalah Driver yang hilang ataupun rusak atau tidak kompatibel
  2. Masalah File system yang hilang ataupun rusak
  3. Masalah pengaturan konfigurasi boot hilang ataupun rusak
  4. Masalah pengaturan Registry yang rusak dan juga metadata disk
  5. Masalah penghapusan update yang bermasalah.
Jika sudah selesai, maka restart Windows secara normal dan masuk ke user account. Jikalau anda tidak terjebak, itu berarti masalah sudah teratasi.
  • Coba Lakukan Clean Boot

Coba lakukan clean boot, karena Software pihak ketiga di Windows ini bisa menyebabkan masalah ini, yang mana mencegah Windows untuk memulai secara normal, apalagi yang dimuat dengan Startup Windows. Maka untuk mengatasi masalah ini, anda perlu melakukan Clean Boot, yang mana itu hanya akan memuat service yang diperlukan.
  • Coba Perbaiki Hard Drive

Coba perbaiki Hard Drive, anda bisa menggunakan CHKDSK ataupun aplikasi pihak ketiga, untuk melakukan pemeriksaan disk juga memperbaiki bad sector. Kemudian setelah itu, anda dapat me-reboot system secara normal. Dikarenakan anda tidak bisa masuk, maka anda dapat menghubungkan hard drive ke PC lain, lalu melakukan proses tersebut.
  • Coba Uninstall Update Terbaru

Coba uninstall update terbaru, Jika benar kalau salah satu update terbaru berada dibalik semua masalah ini, maka anda bisa menguninstall update dari Advanced Startup ataupun dari Safe Mode. Anda bisa gunakan salah satu cara, sesuai dengan kondisi anda saat ini dan yang menurut anda paling nudah.
Itulah tadi penjelasan tentang cara mengatasi laptop stuck di lockscreen, yang bisa anda coba. Semoga bisa membantu ya! Terimakasih.