Tips mengatasi kamera laptop
Tips Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi

Tips Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi

Tips mengatasi kamera laptop tidak berfungsi – akusatu.com kali ini akan menjelaskan tentang, mengatasi kamera kamera laptop tidak berfungsi. Tapi sebelum itu kami akan menjelaskan tentang penyebab kamera laptop tak berfungsi. Penyebab kamera laptop tak berfungsi bisa jadi karena driver yang rusak, atau mungkin karena ada pengaturan yang salah di sistem oprasi windows 10 atau mungkin karena software webcam terkait, yang mana bisa di nonaktifkan ataupun menyembunyikan  webcam. Tapi anda tak perlukhawatir, karena kami akan menjelaskan tentang Cara mengatasi kamera laptop tidak berfungsi :

Tips Mengatasi Kamera Laptop tidak Berfungsi 

Tips mengatasi kamera laptop tidak berfungsi, sangat mudah sekali untuk anda atasi. Berikut ini tips nya:

  • Coba Cabut Dan Pasang Kembali Webcam

Coba cabut dan pasang kembali webcam, karena dengan anda melakukan hal tersebut maka akan mereset webcam tersebut, bahkan dengan mereset, anda dapat memaksa perangkat Windows 10 untuk mendeteksi kamera setelah dicolokkan.

  • Hubungkan Ke Port USB Yang Berbeda

Hubungkan ke post USB yang berbeda Jika memang perangkat Windows 10 anda, sama sekali tidak mendeteksi webcam USB.

  • Restart Ulang laptop yang kameranya tidak berfungsi

Restart ulang laptop anda karena dengan merestart ulang laptop anda, maka semua masalah yang ada pada laptop anda akan teratasi Windows 10, termasuk webcam yang rusak.

  • Coba Cabut Dan Restart

Coba cabut webcam USB dan restart laptop anda, kemudian colokkan kembali webcam.

  • Coba Periksa Pembaruan Windows

Coba periksa pembaruan windows pada laptop anda karena dengan cara ini dapat memperbaiki masalah apa pun yang ada pada laptop anda, dan juga coba anda download pembaruan firmware dan driver yang bisa meningkatkan kinerja webcam anda.

  • Coba Periksa Webcam Laptop

Coba periksa webcam laptop anda, karena bisa jadi webcam laptop anda sedang rusak dan perlu untuk diperbaiki. Jikalau anda tidak melihat tanda-tanda kerusakan apapun pada webcam, maka cara terbaik berikutnya untuk memeriksa apakah rusak atau tidak, dengan menghubungkannya ke laptop lain yang kompatibel. Namun kalau itu tidak berfungsi pada perangkat tersebut, kemungkinan webcam laptop anda memang rusak.

  • Coba Periksa Aplikasi Yang Anda Gunakan Dengan Webcam

Coba periksa aplikasi yang anda gunakan dengan webcam, karena bisa jadi webcam laptop berfungsi, tetapi aplikasinya bermasalah. Untuk memeriksanya anda bisa coba menggunakan kamera di aplikasi Windows 10 lain, seperti Instagram, Skype, dan lain sebagainya. Jikalau yang bermasalah enar-benar aplikasi terhubung, maka anda perlu memberinya akses ke kamera di pengaturan aplikasi .

  • Coba Periksa Pengaturan Privasi

Coba periksa pengaturan privasi laptop anda, dengan cara membuka Setting > Privacy > Camera dan juga aktifkan Allow apps to access your camera.

  • Coba Periksa Pengaturan Software Webcam

Coba periksa pengaturan sofware webcam, karena sebagian webcam dilengkapi dengan software yang bisa mengelola pengaturan perangkat. Contohnya saja seperti pengaturan aplikasi Lenovo, yang mempunyai pengaturan Privacy Mode, yang benar-benar menonaktifkan webcam.

  • Coba Periksa Koneksi Bluetooth

Coba periksa koneksi bloetooth jika memang anda menggunakan webcam nirkabel, anda harus pastikan kalau sudah mengaktifkan Bluetooth di Windows 10, jadi perangkat anda bisa mendeteksinya. Anda bisa melakukannya dengan cara membuka Windows 10 Action Center kemudian mengklik ubin Bluetooth.

  • Coba Periksa Apakah Kamera Dinonaktifkan

Coba periksa apakah kamera dinonaktifkan di windows 10 device manager Untuk mengaktifkannya lagi, dengan membuka Device Manager, dan kemudian klik panah di sebelah kiri Kamera untuk menampilkan semua webcam laptop anda. kalau ada ikon panah kecil di ikon kamera tersebut, itu artinya dinonaktifkan. Anda bisa mengaktifkannya lagi dengan cara ngklik kanan lalu klik Enable.

  • Coba Nonaktifkan Dan Aktifkan Webcam Di Device Manager

Coba ninaktifkan dan aktifkan webcam di device manager, karena dengan melakukan hal ini bisa memicu Windows 10 untuk melihat perangkat anda. Seperti langkah sebelumnya, Anda dapat menemukan kamera di Device Manager. Klik kanan pada nama kamera dan klik Nonaktifkan. Lalu setelah itu klik kanan lagi dan kemudian pilih Enable, dan prlu anda ingat jangan klik Uninstall.

  • Coba Perbarui Driver Webcam

Coba perbaru driver webcam karena perangkat akan terus menjalankan semuanya dengan benar dan akan membutuhkan pembaruan yang sering agar kompatibel dengan versi Windows terbaru ini. Untuk melihat driver baru untuk webcam laptop anda, temukan webcam lagi di Device Manager, klik kanan kamera, dan klik Update Driver> Automatically check for updated driver software.

  • Coba Kembalikan Driver Ke Versi Sebelumnya

Coba kembalikan driver ke versi sebelumnya karena Versi driver baru dapat berdampak buruk pada perangkat. Untuk kembali ke versi lebih awal dari
, temukan kamera di Device Manager, klik kanan, dan klik Properties> Drivers> Driver Rollback> Yes.
Restart Windows 10 setelah proses selesai.

  • Coba Periksa kompatibilitas Windows 10

Coba periksa kompatibilitas windows 10, karena Beberapa webcam dirancang untuk versi Windows yang lebih lama dan mungkin tidak kompatibel dengan laptop, desktop, atau tablet yang menjalankan Windows 10. Salah satu cara untuk memeriksanya adalah dengan melihat kotak kamera atau manualnya. Pilihan lain adalah mencari file di Device Manager, klik kanan namanya, klik Properties> Drivers> Driver Details, dan cari file bernama stream.sys di daftar file. Jika Anda melihat file dan menemukan bahwa webcam Anda terlalu tua untuk kompatibel dengan Windows 10. Dalam hal ini, Anda tidak punya pilihan selain membeli yang baru.

Sekian dan terimakasih ya, sudah mau mampir dan membaca artikel ini sampai habis.