Tips Mengatasi Mouse Laptop Tidak Berfungsi

Tips mengatasi mouse laptop tidak berfungsi, akan akusatu.com jelaskan, sebab banyaknya orang yang memiliki masalah mouse tidak berberfungsi. Tapi sebelum itu akusatu.com akan menjelaskan tentang penyebab mouse laptop tidak berfungsi. Penyebab mouse mouse laptop tidak berfungsi ialah, karena port USB tidak kompatible, atau mungkin karena ada kabel mouse yang putus, atau mungkin karena fungsi optikalnya rusak, atau mungkin karena port USB laptop rusak. Tapi anda tak perlu khawatir, untuk masalah ini, karena akusatu.com akan menjelaskan tentang tips mengatasi mouse laptop tidak berfungsi berikut ini :

Tips Mengatasi Mouse Tidak Berfungsi

Tips mengatasi mouse tidak berfungsi, bisa anda coba sendiri di rumah, karena anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Coba Gunakan Converter Atau USB Hub

Coba gunakan converter atau USB hub, karena mungkin tipe USB nya tidak cocok. Dengan cara ini dapat membantu port USB dari mouse yang tidak cocok menjadi terdeteksi oleh laptop anda.

  • Coba Cabut Kemudian Pasang Kembali Potr USB Mouse

Coba cabut kemudian pasang kembali port USB mouse anda. Mungkin cara ini terdengar agak aneh bahkan lucu bagi anda. Namun dengan mencabut port USB mouse kemudian mencolokkannya kembali, bisa membuat mouse anda kembali berfungsi lagi.

  • Coba Konfigurasi Pengaturan BIOS

Coba konfigurasi pengaturan BIOS, karena BIOS sangat mempengaruhi mouse terhadap laptop, bisa berfungsi atau tidak. Maka coba anda cek pengaturan BIOS, apakah ada fitur enable/disable mouse atau tidak. Kalau ada, pastikan anda sudah menghidupkannya dengan  mengubah konfigurasi tersebut menjadi enable mouse.

  • Coba Instal/Update Driver

Coba install / update driver pada laptop anda, karena driver berperan besar terhadap hardware. Hardware tidak akan berfungsi tanpa adanya bantuan dari driver. Begitu pula dengan mouse. Jadi kalua mouse anda tidak berfungsi, maka anda cobalah untuk menginstal driver baru atau meng-update driver yang lama. Anda bisa memeriksanya di Device Manager dari System Properties.

  • Coba Bongkar Mouse Laptop

Coba bongkar mouse laptop anda. Tapi perlu anda ingat, cara terakhir ini sangat-sangat beresiko sekali dalam artian, kalau anda salah melakukan tindakan maka mouse laptop bisa rusak permanen. Anda boleh membongkar mouse, jika memang ada kabel yang putus atau optik rusak. Anda harus mempelajari tentang cara menyambung mouse terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk membongkarnya. Cara terakhir ini merupakan cara yang paling sulit, namun cara ini menjadi satu-satunya jalan jika mouse rusak secara fisik.

Itilah tadi penjelasan dari akusatu.com tentang tips mengatasi mouse laptop tidak berfungsi, yang bisa anda coba sendiri. Semoga artikel ini membantu ya! Terimakasih sudah mau mampir dan membaca artikel ini sampai habis.