Cara mengatasi
Cara Mengatasi Keyboard Laptop Mengetik Sendiri

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Mengetik Sendiri

Cara mengatasi keyboard laptop mengetik sendiri -akusatu.com kali ini akan menjelaskan sedikit tentang keyboard laptop yang mengetik sendiri. Tapi sebelum itu kami akan menjelaskan tentang penyebab keyboard laptop mengetik sendiri.

Penyebab keyboard laptop mengetik sendiri dikarenakan driver, atau sistem operasi, ataupun tombol yang tersangkut atau tertekan. Atau mungkin karena ada kerusakan komponen, pada umumnya masalah ini muncul ketika anda terlalu sering menekan tombol keyboard dengan sangat keras saat sedang menggunakan laptop.

Tapi anda tak perlu khawatir untuk mengatasi keyboard laptop mengetik sendiri. Karena akusatu.com akan menjelaskan tentang cara mengatasi keyboard laptop mengetik sendiri, berikut penjelasannya :

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Mengetik Sendiri

  • Coba Jalankan Troubleshoot Keyboard Laptop

Coba jalankan Troubleshoot keyboard pada laptop anda. Yang mana fitur troubleshoot ini berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi masalah yang terjadi pada laptop anda dan juga merupakan solusinya, tapi jikalau permasalahan yang terjadi karena adanya kerusakan pada hardware, maka fitur ini tidak bisa mengatasinya secara langsung. Namun kalau memang masalah tersebut terjadi karena software yang bug ataupun glitch, maka fitur Troubleshoot dapat mengatasinya, untuk cara kerjanya anda bisa ikuti cara berikut ini :
  1. Silahkan anda buka menu “Settings” melalui pencarian windows
  2. Kemudian Scroll ke bawah, dan pilihlah menu “Update & Security”
  3. Coba anda masuk ke tab “Troubleshoot”, kemudian geser ke bawah dan cari pilihan “Keyboard”
  4. Setelahitu anda tinggal pilih “Run the troubleshooter”
  5. Jika sudah anda tinggal tunggu prosesnya, yang kemudian anda tinggal ikuti langkah-langkah yang diberikan hingga selesai.
  • Coba Update Driver Keyboard Laptop

Coba update driver keyboard laptop anda. Karana bisa jadi masalah tersebut memang diakibatkan oleh driver yang bug ataupun belum optimal. Untuk mengupdate driver keyboard laptop, anda bisa ikuti cara berikut ini :
  1. Anda harus pastikan kalau anda sudah terhubung dengan internet
  2. Bukalah menu Device Manager lewat pencarian windows.
  3. Maka anda akan menemukan Driver yang terinstal pada Hardware laptop anda. Pilihlah pada “Keyboard”.
  4. Kemudian klik panah ke samping, setelah itu anda klik kanan pada “Standard PS/2 Keyboard”, pilih “Update Driver”.
  5. Lalu anda tinggal Pilih “Search automatically for updated driver software”
Maka secara otomatis, windows akan mencari update driver keyboard laptop anda. Namun, kadang-kadang dengan fitur ini windows bahkan tidak menemukan driver terbarunya, oleh sebab itu anda harus coba mengupdatenya secara manual. Dengan cara :
  1. Coba anda download driver terbaru dari keyboard anda. Caranya anda tinggal ketik di keyword pencarian “driver keyboard laptop asus seri ….”
  2. Anda harus lakukan seperti langkah ke 2-4 diatas
  3. Pilihlah “Browse my computer for driver software”
  4. Kemudian anda pilih lokasi dimana driver yang sudah anda download tadi dengan tombol browse.
  5. Kemudian anda tingal klik “Next”, tunggu proses instal sampai selesai.
  6. Restart ulang laptop anda.
  • Coba Matikan Fitur Sticky Keys

Coba matikan fitur Sticky Keys pada laptop anda. Karena bisa saja anda secara tidak sengaja telah mengaktifkan fitur Sticky Keys. Yang mana fitur sticky keys ini berfungsi untuk mengubah fungsi dari sebuah tombol. Untuk mengatasinya anda hanya perlu ikuti caranya berikut ini :
  1. Coba anda buka “Control Panel”
  2. Kemudian ubah tampilannya terlebih dahulu ke “Small icons” di sebelah pojok kanan atas
  3. Lalu pilihlah “Ease of Access Center”
  4. Setelah itu anda tinggal pilih “Make the keyboard easier to use”
  5. Kemudian hilangkanlah tanda centang pada “Turn on Sticky Keys” lalu anda pilih “Set up Sticky Keys ” dibawahnya.
  6. Anda harus hilangkan semua tanda centang yang ada, kemudian klik Apply dan OK
  •  Coba Bersihkan Debu/Kotoran Di Bawah Keyboard Laptop

 Coba bersihkan debu / kotoran di bawah keyboard laptop anda. Karena mungkin debu/kotoran yang ada di bawah keyboard laptop, sudah menumpuk, sehingga tombol di keyboard menekan dengan sendirinya. Berikut ini cara membersihkan bagian bawah keyboard yang benar :
  1. Anda harus gunakan obeng pipih berukuran kecil untuk mempermudah anda, dalam melepas tombol yang rusak.
  2. Ungkit tombol tersebut pakai obeng pipih secara perlahan
  3. Kemudian anda bersihkan bagian bawah tombol tersebut menggunakan cotton bud, atau kalau anda mempunyai vacum cleaner khusus keyboard gunakan saja
  4. Jika tombol-tombol itu sudah bersih, maka tutup / pasang kembali tombol tersebut hingga berbunyi klik.
  • Coba Gunakan Keyboard External

Coba gunakan keyboard external, jikalau langkah-langkah diatas belum juga berhasil untuk mengatasi masalah keyboard yang mencet sendiri, maka langkah terakhir yang bisa anda lakukan hanyalah, dengan mengganti keyboard internal dengan keyboard eksternal. Tapi perlu anda ingat, bahwa anda harus menonaktifkan keyboard internal, untuk bisa memakai keyboard external, agar agar tidak muncul lagi tombol-tombol yang menekan dengan sendirinya. Berikut ini cara untuk menonaktifkan keyboard internal :
  1. Coba anda buka “Device Manager”
  2. Kemudian pilihlah menu “Keyboard”, dan tekan panah kesamping
  3. Setelah itu anda klik kanan pada keyboard bawaan laptop anda “Standard PS/2 Keyboard” lalu anda tinggal pilih “Uninstall device”
  4. Kemudian setelah itu matikan laptop anda, lalu anda tinggal sambungkan keyboard eksternal, dan hidupkan laptop anda seperti biasa.
Jika anda meng-uninstall keyboard bawaan laptop/keyboard internal, maka keyboard interna tidak akan bisa berfungsi lagi, anda cuma bisa menggunakan keyboard eksternal. Itulah tadi penjelasan tentang Cara mengatasi keyboard laptop mengetik sendiri, semoga bisa membantu ya! sekian dan Terimakasih.