Cara mengatasi
Cara Mengatasi Baterai Laptop Yang Tidak Mengisi

Cara Mengatasi Baterai Laptop Yang Tidak Mengisi

Cara mengatasi baterai laptop yang tidak mengisi – Kali ini, akusatu.com akan menjelaskan sedikit tentang, baterai laptop yang tidak mengisi. Tapi sebelum itu kami akan menjelaskan tenang penyebab baterai laptop tidak mengisi. Penyebab baterai laptop tidak mengisi ialah, karena kapasitas baterai yang sudah menurun atau mungkin karena terdapat masalah pada charger laptop. Tapi anda tidak perlu bingung, karena kami akan menjelaskan tentang cara mengatasi baterai laptop yang tidak mengisi. Berikut ini penjelasannya :

Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi

Cara mengatasi baterai laptop tidak mengisi berikut ini, bisa anda coba sendiri. Silahkan anda langsung coba saja :

  • Coba Periksa Charger

Coba periksa charger lapp anda, perhatikanlah bagian kabel laptop anda, apakah ada yang berkerut, longgar, ataupun terbuka. Cek juga di bagian colokan charger ke laptop, mungkin ada debu atau kotoran-kotoran lainnya, yang membuat charger laptop anda tidak berfungsi secara maksimal. Kalau memang kotor, maka anda harus bersihkan, secara perlahan menggunakan tusuk gigi.

  • Coba Lepas Baterai Dari Laptop Kemudian Tekan Power

Coba lepas baterai dari laptop kemudian tekan power, dengan cara matikan laptop anda terlebih dahulu, kemudian lepaskan baterainya, dan setelah itu, anda coba tekan lama tombol power laptop kurang lebih 15 detik dalam keadaan baterai laptop masih belum terpasang. Lalu isilah daya laptop anda, dalam keadaan baterai masih terpisah. Kalau laptop anda menyala normal maka, masalahnya memang terdapat pada baterai, bukan chargernya.

  • Coba Tekan Dan Tahan Tombol Power 30 Detik

Coba tekan dan tahan tombol power 30 detik dalam keadaan baterai laptop masih terlepas, mungkin saja dengan cara ini bisa mengatasi masalah baterai laptop tidak mengisi. Kemudian setelah itu, pasanglah kembali baterai ke laptop anda lalu anda tekan tombol power dan tahan lagi selama 30 detik. Kemudian diamkan sejenak, setelah itu baru anda nyalakan laptop sambil tekan tombol power seperti biasanya.

  • Coba Dinginkan Laptop

Coba dinginkan laptop anda, karena mungkin laptop anda overheat sehingga berpengaruh terhadap baterainya. Maka untuk mengatasinya, anda harus istirahatkan laptop anda, matikan lapto anda beberapa saat hingga suhunya mendingin. Pastikan juga ventilasi atau sistem cooling pada laptop anda dalam keadaan bersih dan tidak berdebu.

  • Coba Update Driver

Coba update driver, tips ini bisa diterapkan bagi anda yang menggunakan Windows 10. Untuk  Cara kerjanya, anda bukalah menu “Device Manager” kemudian pilih opsi “Batteries” di bagian bawah. Yang mana di opsi “Batteries” ini terdapat berbagai macam entri, yaitu untuk baterai, charger, dan Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery. Kemudian anda klik kanan pada setiap entri, lalu pilihlah “Properties”. Setelah itu, anda tinggal pilih “Driver” dan kemudian klik “Update Driver” di bagian bawah. Jika sudah, coba restart laptop anda dan cobalah charger kembali.

  • Coba Uninstall Software Management Power

Coba uninstall software management power. Karena mungkin masalahnya berkaitan dengan software, kalau laptop anda memilikinya, maka uninstall software tersebut kemudian restart. Jika memang sudah berhasil, maka indikator baterai akan menunjukkan angka kenaikan daya.

  • Coba Cabut-Pasang Charger

Coba cabut-pasang charger laptop anda. Untuk caranya kerjanya, anda cukup mencabut baterai kemudian memasangnya kembali beberapa kali, tapi jangan terlalu sering. Maka ketika charger sudah terpasang, indikator baterai pada laptop anda akan terlihat berjalan. Maka anda harus tunggu beberapa saat, sampai indikatornya berhenti, lalu cabut-pasang kembali charger laptop anda.

Itulah tadi penjelasan tentang cara mengatasi baterai laptop tidak mengisi. Semoga bisa membantu ya! Terimkasih sudah mampir.