Cara mengatasi laptop
Cara mengatasi laptop bunyi beep terus-menerus

Cara Mengatasi Laptop Bunyi Beep Terus-Menerus

Cara mengatasi laptop bunyi beep terus-menerus – Di artikel akusatu.com, akan menjelaskan sedikit tentang, laptop bunyi beep terus – menerus. Tapi sebelum itukami akan menjelaskan tentang penyebab laptop bunyi beep terus-menerus. Penyebab laptop bunyi beep terus-menerus ini karena, adanya masalah pada komponen baterai ataupun kipas laptopnya. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang cara mengatasi laptop bunyi beep terus-menerus.

Cara Mengatasi Laptop Bunyi Beep Terus-Menerus

Cara mengatasi laptop bunyi beep terus-menerus, berikut ini akan kami jelaskan sesuai dengan nada bunyinya, karena ada bunyi beeb yang berbahaya bagi perangkat ada juga yang tidak berbahaya. Berikut ini penjelasannya :


  • Untuk Bunyi Beep Yang 1x Berulang (Nada Pendek)

Untuk bunyi beeb yang 1x berulang (Nada pendek) ini biasanya disebabkan oleh adanya masalah listrik pada komponen laptop, atau mungkin karena ada bagian input daya yang tidak stabil, yang mana hal ini disebabkan oleh adanya charger ataupun baterai yang rusak. Maka untuk mengatasinya anda harus ikuti cara-cara berikut ini :

  1. Silahkan anda periksa pada adapter charger, baik pada konektor atau kabel
  2. Kemudian anda coba luruskan kabel yang tertekuk
  3. Jika perlu anda juga bisa coba mengganti charger laptop dengan yang baru
  4. Anda bisa juga cek pada bagian baterai
  5. Lalu lakukan kalibrasi pada baterai laptop anda, dengan cara melepas baterai kemudian menghidupkan laptop tanpa baterai.
  • Untuk Bunyi Beep Yang 2x (Nada Pendek)

Untuk bunyi beeb yang 2x (Nada pendek) ini biasanya menandakan bahwa ada masalah pada baterai CMOS, yang mana disebabkan oleh adanya pengaturan yang salah, atau mungkin karena baterai yang sudah habis. Maka untuk mengatasinya anda tinggal ikuti cara-cara berikut ini :

  1. Coba anda reset di BIOS ke pengaturan default
  2. Jika masih ada berbunyi beeb, maka anda bisa mengganti baterai laptop.
  • Untuk Bunyi Beep Yang 1x (Nada Panjang)

Untuk bunyi beeb yang 1x (Nada panjang) ini biasanya menandakan kalau RAM bekerja dengan normal dan kondisinya juga baik. Jadi anda tidak perlu memperbaikinya, karena tidak ada masalah kerusakan apapun.

  • Untuk Bunyi Beep Panjang Terus Menerus

Untuk bunyi beeb panjang terus menerus ini biasanya menandakan kalau komponen RAM sedang eror, karena kotor atau mungkin karena pemasangan yang kendor. Maka untuk mengatasinya, anda tinggal buka casing laptop, kemudian membersihkan RAM dan terapkan kembali. Anda juga harus pastikan kalau RAM tidak longgar dan juga terkunci dengan benar, setelah itu hidupkan kembali laptop anda.

  • Untuk Bunyi Beep Sekali Panjang Kemudian 9x Setelahnya

Untuk bunyi beeb sekali panjang kemudian 9x setelahnya, ini dikarenakan adanya kerusakan pada ROM BIOS atau mungkin karena data pada chip yang tidak terbaca. Maka untuk mengatasinya anda tinggal lakukan re-flashing pada BIOS.

  • Untuk Bunyi Beep Sekali Panjang Kemudian 3x Pendek

Untuk bunyi beeb sekali panjang kemudian 3x pendek, ini karena keyboard sedang mengalami error, yang disebabkan oleh tombol yang ditekan terus-menerus, atau mungkin karena ada masalah pada kabel sehingga keyboard tidak akan berfungsi. Maka untuk mengatasinya, anda bisa melepaskan keyboard dan memasangnya kembali, anda juga bisa mengganti keyboard dengan yang baru.


  • Untuk Bunyi Beep 1X Panjang 2X Pendek

Untuk bunyi beeb 1x panjang 2x pendek, ini biasanya ada masalah pada VGA laptop, dikarenakan VGAnya yang gampang panas, dikarenakan thermal paste yang suda kering. Maka anda harus membawanya ke Service Center.


  • Untuk Bunyi Beep 1X Panjang Dan 1X Pendek

Untuk bunyi beeb 1x panjang dan 1x pendek, ini biasanya karena adanya masalah pada motherboard. Maka untuk mengatasinya anda harus membawanya ke Service Center untuk mengganti Motherboard.

Itulah tadi pnjelasan dari akusatu.com tentang cara mengatasi laptop bunyi beep terus-menerus. Semga bermanfaat ya ! Terimakasih sudah mau mampir di artikel ini ya.