Cara mengatasi baterai laptop
Cara mengatasi baterai laptop yang cepat habis

Cara Mengatasi Baterai Laptop Yang Cepat Habis

Cara mengatasi baterai laptop yang cepat habis – Di artikel akusatu.com kali ini kami akan menjelaska tentang, baterai laptop cepat habis. Tapi sebelum itu kami akan menjelaskan penyebab baterai laptop cepat habis. Berikut penjelasannya :

Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis

Penyebab baterai laptop cepat habis, sangatlah beragam. Berikut ini penjelasan tentang penyebab baterai laptop cepat habis :

  • Laptop Dipaksa Melakukan Pekerjaan Yang Terlalu Berat

Laptop dipaksa melakukan pekerjaan yang terlalu berat mengakibatkan baterainya cepat habis, bahkan bisa membuat komponen yang ada di dalamnya menjadi rusak. Selain itu penggunaan internet juga memicu baterai menjadi cepat habis.

  • Menggunakan Laptop Terlalu Lama

Menggunakan laptop terlalu lama juga bisa mengakibatkan laptop anda cepat panas bahkan baterai laptop anda akan cepat habis. Bahkan akan menimbulkan kerusakan pada komponen yang ada di dalam baterai laptop.

  • Terlalu Sering Menggunakan Laptop Ketika Di Charger

Terlalu sering menggunakan laptop ketika di charger, akan membuat baterai laptop menjadi bocor, apalagi kalau anda membiarkan laptop terus dicharger sambil dioperasikan dalam keadaan baterai yang sudah terisi 100% penuh, ini tentunya sangat berbahaya dan beresiko sekali.

Cara Mengatasi Baterai Laptop Yang Cepat Habis

Cara mengatasi baterai laptop yang cepat habis ini, bisa anda lakukan sendiri, tanpa bantuan oranglain. Berikut ini penjelasan tentang cara mengatasi baterai laptop yan cepat habis :

  • Pastikan Mengisi Penuh Baterai Laptop

Pastikan mengisi penuh baterai laptop anda, lakukanlah kebiasaan baik ini sebelum anda menggunakan laptop, apalagi kalau laptop anda masih baru dan sama skali belum bocor baterainya. Mengisi penuh baterai laptop anda sebelum dipakai, bisa membuat baterai laptop anda menjadi lebih awet, bahkan ketahanannya juga menambah kenyamanan saat menggunakan laptop.

  • Coba Atur Daya Baterai Ke Batery Saver

Coba atur daya baterai ke baterry saver, pada Windows 10 dengan cara klik kiri ikon pesan di sebelah pojok kanan bawah lalu anda aktifkan mode hemat daya. Kalau penggunaan Windows 7/8/8.0, anda bisa klik ikon baterai di sebelah pojok kanan bawah, kemudian anda aktifkan mode ballance, dan selanjutnya atur Turn off the display pada baterai menjadi Never, dan juga anda harus atur Put the computer to sleep menjadi Never.

  • Coba Lakukan Konfigurasi Pilihan Hibernate

Coba lakukan konfigurasi pilihan Hibernate, dengan melakukan Power Optios > Change Plan Settings > Advance Settings > Battery > Set it to hibernate, dan kemudian anda atur Low battery level 5%.

  • Biarkan Baterai Laptop Anda Habis Dengan Sendirinya

Biarkan baterai laptop anda habis dengan sendirinya, selama proses kalibrasi. Jika baterai laptop anda sudah habis, maka isi kembali daya baterai anda sampai benar-benar penuh. Pastikan anda tidak menggunakan laptop selama proses kalibrasi sedang berjalan. Kalau proses kalibrasi baterai sudah selesai, maka anda bisa mengembalikan Power Plan pada pilihan semula.

  • Coba Install Smarter Baterry

Coba install smarter baterry, karena aplikasi ini berfungsi sebagai pemantau baterai laptop yang mana ditujukan untuk memberi semua data baterai kepada anda. Aplikasi ini juga bisa untuk memperpanjang dan menghemat baterai laptop anda.

Itulah tadi penjelasan tentang cara mengatasi baterai laptop yang cepat habis. Semoga bisa membantu ya! Terimakasih sudah mau mampir.