Cara Mengatasi Layar Laptop
Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris

Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris

Cara mengatasi layar laptop bergaris – Di akusatu.com kali ini, akan menjelaskan sedikit tentang layar laptop bergaris, dan juga penyebabnya. Adapun penyebab layar laptop bergaris yang paling sering terjadi ialah, ada kerusakan pada komponen hardware, karena terjatuh, latarnya terkena benturan, atau mungkin karena kabel fleksibel bermasalah, atau mungkin karena sistem mengalami eror, pemasangan layar yang tidak presisi, RAM yang rusak atau kotor, VGA Anda sedang bermasalah, dan lain sebagainya. Tapi anda tak perlu khawatir untuk mengatasi masalah ini, karena anda tinggal ikuti cara mengatasi layar laptop bergaris berikut ini :

Cara Mengatasi layar laptop bergaris

Cara mengatasi layar laptop bergaris berikut ini sangat mudah sekali untuk anda lakukan sendiri, tanpa harus membawanya ke tukang servis laptop. Berikut ini penjelasan tentang cara mengatasi layar laptop bergaris :

  • Coba Restart Ulang laptop

Coba restart ulang laptop anda, karena bisa jadi penyebab utama dari layar laptop bergaris terjadi disaat service sistem yang sedang bermasalah ataupun bertabrakan. Maka anda sangat perlu untuk merestart laptop anda.

  • Coba Update Driver Display Adapters

Coba update driver display adapters, karena mungkin saja masalah layar laptop bergaris ini disebabkan oleh, driver display adapter yang tidak terinstal ataupun telah usang. Maka untuk memastikannya, coba anda cek driver dengan melakukan langkah – langkah berikut ini:

  1. Coba anda klik kanan pada Start menu Windows » pilih Device Manager
  2. Lalu coba anda klik di bagian Display Adapter » kemudian anda klik kanan pada driver display yang perlu di update
  3. Kalau sudah, maka anda pilih Search automatically for drivers
  4. Kemudian setelah itu laptop anda akan melakukan proses pencarian dan juga instalasi driver » jika sudah, maka silakan anda klik Close
  5. Dan selanjutnya anda coba restart laptop anda dan lihat perubahannya
  6. Selesai deh.
  • Coba Pasang Kabel Fleksibel Layar Yang Baru

Coba pasang kabel fleksibel layar yang baru, karena bisa jadi layar laptop yang bergaris ini  disebabkan oleh kabel fleksibel pada laptop anda bermasalah. Masalah layar laptop bergaris ini, kebanyakan terjadi ketika anda terlalu sering membuka tutup laptop secara terus menerus. Tapi perlu anda ketahui kalau mengganti kabel fleksibel ini, sangat sulit sekali dilakukan seorang diri, terlebih lagi anda tidak mengetahui sama sekali tentang komponen – komponen yang terdapat di dalam laptop anda. Maka untuk itu, lebih baik anda bawa saja ketukang service yang lebih handal.

  • Coba Periksa VGA Dan RAM Laptop

Coba periksa VGA dan RAM laptop anda, sebab kadang kala VGA ataupun RAM yang telah usang, bisa menyebabkan layar laptop menjadi bergaris bahkan tidak bisa hidup sama sekali. Maka untuk memperbaikinya anda bisa ikuti cara-cara berikut ini :

  1. Coba anda periksa VGA terlebih dahulu, kalau VGA pada laptop anda bisa dilepas, maka coba anda bersihkan pin-pin nya, menggunakan penghapus karet
  2. Kalau sudah, maka silakan anda periksa RAM laptop dan bersihkanlah menggunakan penghapus » kemudian pasang kembali VGA dan RAM-nya dengan benar
  3. Kemudian hidupkan kembali laptop anda dan cek kondisi layarnya sekarang, setelah anda bersihkan, apakah sudah membaik atau belum.
  • Coba Jalankan Aplikasi Pixel Repair

Coba jalankan aplikasi pixel repair, karena bisajadi masalah layar laptop bergaris ini, disebabkan oleh beberapa faktor, seperti adanya tekanan pada layar laptop ataupun terkena benturan yang sangat keras. Maka untuk mengetahuinya, silakan anda gunakan aplikasi Pixel Repair untuk bisa mendeteksi kerusakan yang ada pada layar laptop anda.

  1. Coba anda download terlebih dahulu aplikasi Pixel Repair, tunggu sampai proses penginstalan selesai
  2. Jika sudah selesai, coba anda buka aplikasi PixelRepairer. Kemudian pada menu Search, silahkan anda klik Enable untuk memulainya. Maka layar laptop anda akan menampilkan warna  yang berbeda-beda. Di waktu yang bersamaan, silakan anda periksa kondisi layar laptop. Kalau sudah, anda tinggal tekan Esc pada keyboard untuk keluar dari tampilan
  3. Kemudian anda harus beralih ke menu Repair » klik menu Add. Maka akan muncul kotak area perbaikan
  4. Lalu setelah itu Drag kotak tersebut ke lokasi di mana layar bergaris ditemukan. Dan anda coba ulangilah step ke 3, sampai kotak area tersebut menutupi layar yang bergaris tadi
  5. Kemudian tunggulah sampai 2 – 3 menit di saat proses perbaikan sedang berjalan. Setelah itu, anda coba klik Delete di semua kotak tersebut » lalu anda Close aplikasi. Lalu untuk melihat hasilnya, maka silakan anda restart laptop.
  •  Coba Ganti layar Laptop

Coba ganti layar laptop anda, kalau memang laptop anda terdapat garis-garis yang terlalu banyak, yang mana hampir menutupi semual layar laptop anda. Masalah ini bisanya terjadi karena laptop anda tidak sengaja terjatuh, ataupun terbentur sesuatu yang sangat keras, sehingga menyebabkan layar laptop menjadi rusak berat. Maka untuk itu anda harus mengganti layar laptop dengan yang baru.

Itulah tadi penjelasan dari akusatu.com tentang cara mengatasi layar laptop bergaris. Semoga bisa membantu masalah anda ya! Terimakasih.