Cara mengatasi headset
Cara mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop

Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi Di Laptop

Cara mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop – akusatu.com kali ini, akan menjelaskan sedikit tentang headset tidak terdeteksi di laptop. Tapi sebelum itu kami akan menjelaskan tentang penyebab headset tidak terdeteksi di laptop. Penyebab headset tidak terdeteksi di laptop ialah karena driver headset pada laptop sedang bermasalah, atau mungkin karena adanya masalah pada port audio, atau mungkin karena headsetnya sendiri yang rusak. Maka untuk mengatasinya anda bisa ikuti cara-cara berikut ini :

Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi Di Laptop

Cara mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop berikut ini, sangat gampang sekali untuk anda lakukan sendiri. Langsung saja berikut ini penjeasannya :

  • Coba Dengan Cara Scan for Hardware Changes

Coba dengan cara scan for hardware changes, karena mungkin saja soundcard yang ada pada laptop anda mengalami perubahan, maka dri itu anda harus lakukan dengan cara scan for hardware changes ini, dan untuk melakukannya anda bisa ikuti cara berikut ini :

  1. Coba anda buka Device Manager, ngeklik Windows + X pada keyboard laptop
  2. Kemudian anda klik device managaer, lalu klik sound, video and game controllers
  3. Namun kalau tenyata headset masih belum terdeksi di laptop, maka cobalah anda pilih dan klik scan for hardware changes
  4. Setelah itu anda tinggal menutup jendela device manager, kemudian anda coba refresh, dan jika perlu, restart ulang laptop anda.
  • Coba Upgrate Driver Software

Coba upgrate driver software, karena mungkin saja headsetnya tidak berfungsi, di laptop sebab belum di updateMaka untuk melakukanya anda bisa ikuti cara-cara berikut ini :

  1. Coba anda buka menu Device Manager
  2. Kemudian pada menu sound, video and game controllers, anda pilihlah adapter soundcard yang sedang digunakan
  3. Lalu anda klik kanan, dan tinggal pilih update driver software
  4. Setelah itu pastikan kalau laptop anda sedah terkoneksi dengan internet
  5. Kemudian lakukanlah pencarian otomatis untuk update software sound anda
  6. Lalu setelah itu tinggal melakukan restart pada laptop anda.
  • Coba Gunakan Aplikasi Driver Booster

Coba gunakan aplikasi driver booster, dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Coba anda download dan install aplikasinya terlebih dahulu
  2. Kemudian anda buka dan coba anda jalankan aplikasi yang sudah di download
  3. Maka setelah itu aplikasi driver booster akan menampilkan setiap hardware yang harus anda update. Jikalau memang ada hardware sound, video and game controllers, maka anda tinggal klik update di bagian samping kanan
  4. Lalu anda tinggal tekan ok di bagian peringatan
  5. Kemudian tunggulah sampai proses pengunduhan dan pemasangan hardware sound, video and game controllers selesai
  6. Kalau sudah selesai, langsung restart laptop anda
  • Coba Ubah Sample Rate Dan Bit Depth

Coba ubah sampel rate dan bit depth, dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Coba anda klik kanan pada simbol sound yang berada di desktopbiasanya terletak di bagian pojok kanan bawah. Lalu, anda pilihlah Playback devices
  2. Kemudian anda pilih bagian speaker/headphones. Lalu, mengubahnya menjadi Set as default dan lanjutkan dengan ngeklik properties
  3. Jika anda sudah masuk ke dalam menu properties, maka anda tinggal klik Advanced kemudian anda ubahlah sample rate & bit depth sesuai kebutuhan anda
  4. Kemudian anda tinggal klik Apply.
  • Coba Install Driver Soundcard

Coba install driver soudcard, karena mungkin saja anda belum melakukan pemasangan driver soundcardYang mana, dengan adanya kartu suara (soundcard) sangat penting sekali untuk melakukan proses mengubah data digital menjadi sebuah data suara. Namun jika anda tidak memiliki driver soundcardmaka yang akan terjadi ialah headset tidak akan berfungsi di laptop anda. Oleh karena itu sangat penting untuk menggunakan driver soudcard, untuk mengatasi masalah ini.

  • Coba Cek Kondisi Headset

Coba cek kondisi headset anda, karena mungkin saja headset anda miliki mengalami kerusakan. Anda bosa coba pasangkan headset lainnya ke laptop, dan jika headset lain bisa berfungsi dengan baik dilaptop anda, berarti memang headsetnya yang rusak.

  • Coba Cek Soundcard

Coba cek soundcard pada laptop anda, yang mana hardware bertugas untuk mengubah input data digital menjadi sebuah data suara. Oleh karena itulah, setiap suara yang dihasilkan oleh headset, akan diproses oleh perangkat keras soundcardNamun jika memang soundcard pada laptop anda sedang rusak, maka anda tinggal mengganti ataupun memperbaiki soundcardnya.

Itulah tadi penjelasan dari akusatu.com tentang cara mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop. Semoga bisa membantu ya! Terimakasih.