Penyebab laptop lemot
Penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya

Penyebab Laptop Lemot Dan Cara Mengatasinya

Penyebab laptop lemot dan tips mengatasinya – Artikel akusatu.com kali ini, akan coba menjelaskan tentang, laptop lemot dan cara mengatasinya. Sebelum kami menjelaskan tentang tips mengatasi laptop lemot, kami akan jelaskan terlebih dahulu tentang penyebabnya. Penyebab laptop lemot ialah karena banyaknya aplikasi, atau mungkin karena kapasitas hard disk sudah terlalu penuh, atau mungkin hard disknya suda lama/usang, banyaknya temporary files, adanya program berat yang tidak dapat didukung oleh processor laptop, atau mungkin karena RAM laptop sudah penuh, bisa jadi karena laptopnya sudah tua, dan bisa jadi karena ada virus dilaptop anda. Maka untuk mengatasinya anda bisa ikuti tips-tips berikut ini :

Tips Mengatasi Laptop Yang Lemot

  • Coba Gunakan Aplikasi Antivirus

Coba gunakan aplikasi antivirus, karena mungkin saja laptop anda sedang terserang virus. Namu untuk mencegah penurunan performa pada laptop anda, maka usahakan anda memasang antivirus yang terbaik, guna menghindari serangan dari berbagai macam virus. Anda juga harus selalu mengeceknya secara rutin dan juga melakukan update pada antivirus, supaya antivirus bisa terus membaca virus-virus yang ingin menyerang laptop anda.

  • Coba Gunakan Aplikasi Sesuai Spesifikasi Laptop

Coba gunakan aplikasi sesuai spesifikasi laptop anda, anda harus bisa memilah aplikasi yang spesifikasinya lebih rendah, sehingga apliksasi tersebut tidak akan membuat laptop anda menjadi lemot.

  • Coba Uninstall Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Coba uninstall aplikasi yang tidak digunakan, karena jika kapasitas Drive C penuh, maka akan membuat sistem pada laptop menjadi lemot saat membaca hard disk. Maka gunakanlah aplikasi sesuai dengan kebutuhan anda, namun jika laptop anda sudah terlanjur banyak aplikasinya, maka hapuslah aplikasi-aplikasi yang sekiranya tidak dibutuhkan.

  • Coba Bersihkan Desktop Dan Aplikasi Saat Startup

Coba bersihkan desktop dan aplikasi saat startup, karena mungkin saja desktop laptop anda sudah penuh. Kemudian, usahakan jangan terlalu banyak aplikasi yang berjalan saat laptop anda sedang startup. Anda bisa mematikan sebagian aplikasi dengan membuka task manager, lalu tinggal pilih startup.

  • Coba Tambah RAMnya

Coba tambah RAMnya, kalau laptop anda berkapasitas RAM 4 GB, maka anda bisa menambahkannya menjadi RAM 8 GB ataupun RAM 16 GB. Tapi perlu di ketahui saat anda menambahkan RAM, maka perhatikan juga spesifikasi RAM (RAM DDR3, RAM DDR3L atau RAM DDR4) dan juga jangan lupa untuk mencari tahu, berapa kapasitas maksimal RAM yang dapat diaplikasikan dengan pada laptop anda.

  • Coba Ganti Memori HDD Ke SSD

Coba ganti memori HDD ke SSD, sebab dengan begitu maka akan membantu proses booting menjadi jauh lebih cepat. Meskipun harga SSD lebih mahal, namun cara ini dijamin sangat ampuh membuat laptop anda, menjadi tidak lemot lagi bahkan lebih responsif.

  • Coba Gunakan Cooling Pad

Coba gunakan cooling pad, karena mungkin saja suhu laptop anda terlalu panas, sehingga dapat membuat kinerja laptop anda menjadi lemot. Jadi anda dapat gunakan cooling pad, untuk menjadi kipas tambahan, yang mana bisa menjaga suhu laptop anda agar tidak terlalu panas.

  • Coba Bersihkan Drive C

Coba bersihkan drive c, karena biasanya kalau laptop sudah berusia di atas 3 tahun, maka kinerjanya pun juga pasti akan ikut menurun. Maka untuk solusi yang dapat dilakukan saat laptop anda lemot ialah dengan rutin membersihkan Drive C.

  • Coba Lakukan Reset Windows

Coba lakukan reset windows, sebab laptop yang sudah tua akan memengaruhi kerja sistem operasi khususnya pada Windows. Sehingga Windows pada laptop anda akan sering error, bahkan menyebabkan laptop anda menjadi lemot. Tapi sebelum melakukan reset Windows, anda harus pastikan, kalau anda sudah melakukan back up terlebih dahulu, terhadap seluruh data dan juga file yang ada di laptop.

  • Coba Manfaatkan Disk Defragment Tools

Coba manfaatkan disk defragment tools yang ada pada control panel. Dengan melakukan tahapan analyze dan juga optimize, maka semua file dan juga data yang ada di laptop anda akan ditata sedemikian rupa, dan juga anda akan mengetahui seberapa banyak, file junk yang tersimpan di laptop anda, sehingga membuat kinerja laptop anda menjadi lemot.

  • Coba Gunakan Thermal Paste Pada Prosesor

Coba gunakan thermal paste pada prosesor, untuk dapat memastikan suhu laptop anda, menjadi lebih terjaga saat pemakaian. Yang mana thermal paste ini akan membantu mendinginkan suhu pada prosesor laptop anda, dengan demikian, akan mencegah kinerja laptop anda menjadi lemot.

  • Coba Rutin Menghapus File Di Folder Temporary

Coba rutin File menghapus file di folder temporary, karena jika anda tidak rutin membersihkannya maka, file tersebut akan menumpuk, sehingga dapat menyebabkan memori laptop anda berkurang. Untuk itu, anda harus menghapus file tersebut, dengan melakukan cara-cara berikut ini:

  1. Coba anda tekan tombol Windows + R pada keyboard laptop
  2. Kemudian ketikkan %temp% pada kolom yang tersedia, setelah itu klik enter
  3. Lalu anda tinggal blok semua file dengan tombol CTRL + A
  4. Setelah itu anda tinggal klik tombol Shift + Delete, untuk dapat menghapus semua file yang terdapat di folder temporary.
  • Coba Rutin Bersihkan File Di Folder Prefetch

Coba rutin bersikan file di folder prefetch, untuk dapat mengatasi laptop yang lemot. File-file yang ada di sini, sangat aman sekali jika dihapus dan juga dapat meningkatkan kecepatan booting dan juga kapasitas hard disk. Maka untuk menghapus folder prefetch anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Coba anda tekan tombol Windows + R pada keyboard laptop
  2. Kemudian anda ketik prefetch di kolom yang tersedia, lalu anda tinggal klik enter
  3. Lalu anda coba klik OK jika ada izin administrator
  4. Setelah itu anda tinggal hapus semua file yang ada di folder tersebut.
  • Coba Stop Visual Effect Yang Berlebihan

Coba stop visual effect yang berlebihan, maka untuk  mematikannya, anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Coba anda buka menu windows explorer
  2. Kemudian ketik This PC, lalu anda tinggal klik kanan
  3. Setelah itu pilihlah menu properties
  4. Lalu anda coba pilih Advanced system settings di bagian performance
  5. Kemudian anda pilih setting
  6. Nah kemudian anda tinggal ubah pilihan menjadi custom dan anda bisa gunakan visual effect yang tidak akan memberatkan laptop anda.

Itulah tadi penjelasan dari akusatu.com tentang penyebab laptop lemot dan tips mengatasinya. Semoga artikel ini bisa membantu ya! Terimakasih.