Cara Mengatasi Laptop Restart Lama
Cara Mengatasi Laptop Restart Lama

Cara Mengatasi Laptop Restart Lama

Cara mengatasi laptop restart lama – Di artikel akusatu.com kali ini, kami akan menjelaskan tentang, laptop restart lama dan juga penyebabnya. Sebelum kami menjelaskan tentang cara mengatasi laptop restart lama, kami akan menjelaskan terlebih dahulu tentang penyebab laptop restart lama. Penyebab laptop restart lama ialah karena usia laptop yang sudah tua, atau karena penggunaan yang secara terus-menerus, dan bisa jadi karena sangkin banyaknya file ataupun aplikasi sehingga membuat kinerja laptop menurun. Untuk mengatasi masalah ini anda bisa ikuti cara-cara berikut ini :

Cara Mengatasi Laptop Restart Lama

  • Coba Kurangi Startup Apps

Coba kurangi Startup Apps sebab, semakin banyak aplikasi, maka proses bootingpun akan semakin lama. Maka untuk mematikan Startup Apps, anda bisa melalui Task manager dan juga Pengaturan.

  • Coba Matikan Fast Startup

Coba matikan fast startup, dan lihatlah perubahan yang terjadi, kalau proses restart laptop sudah normal, itu artinya anda sudah berhasil.

  • Coba Cek RAM Dan Hard Disk

Coba cek RAM dan hard disk, karena mungkin saja karena banyaknya memori (RAM atau hard disk) yang digunakan. Maka untuk mengecek jumlah memori yang anda gunakan pada laptop anda, anda tinggal buka “Task Manager” kemudian anda lihat, seberapa banyak aplikasi yang sedang berjalan pada laptop anda. Karena jika memori pada RAM sudah terlalu penuh,maka  kinerja laptop pun akan mulai melambat. Anda dapat ngeklik “End Process” pada aplikasi yang banyak memakan memori dan juga tak digunakan. Namun kalau memori RAM laptop anda terlalu kecil, maka anda bisa menambah kapasitas RAM laptop anda.

Anda juga harus cek beberapa aplikasi yang sekiranya tidak terpakai dan juga sampah yang menumpuk. Karena hal tersebut bisa membuat laptop anda menjadi sangat lambat. Maka anda harus bersihkan file ataupun berkas-berkas sampah dan juga anda harus uninstall aplikasi yang tak digunakan.

  • Coba Cek Virus

Coba cek virus pada laptop anda, karena mungkin saja laptop anda sedang terkena virus. Kalau laptop anda sudah terpasang aplikasi antivirus, maka cobalah untuk scan laptop anda secara keseluruhan, kemudian hapuslah semua virus-irus yang menjangkit laptop laptop anda. Lalu setelah itu, anda tinggal restart laptop dan lihatlah apakah hasilnya sudah berubah atau belum. Dan jangan lupa anda gunakan aplikasi antivirus untuk menghindari serangan virus-virus. Selain aplikasi antivirus, anda seharusnya juga berhati-hati dalam mengunduh suatu berkas apapun dari internet. Untuk menghindari ganasnya virus-virus yang menyerang laptop anda.

  • Mungkin Ada Kerusakan Pada Hard Disk

Mungkin ada kerusakan pada hard disk anda. Jika benar kalau hard disk anda yang rusak maka solusinya, adalah menggantinya dengan yang baru.

Itulah tadi penjelasan dari akusatu.com tentang cara mengatasi laptop restart lama. Semoga artikel ini bisa membantu ya! Terimakasih.