Cara Mengatasi Laptop Lenovo Yang Lemot
Cara Mengatasi Laptop Lenovo Yang Lemot

Cara Mengatasi Laptop Lenovo Yang Lemot

Cara mengatasi laptop lenovo yang lemot – Artikel akusatu.com kali ini, akan menjelaskan tentang laptop lenovo yang lemot beserta penyebabnya. Sebelum kami menjelaskan tentang cara mengatasi laptop lenovo yang lemot, kami akan menjelaskan terlebih dahulu tentang penyebab laptop lenovo lemot. Penyebab laptop lenovo lemot ialah karena kapasitas hard disk sudah terlalu penuh, Hard disk yang sudah lama/usang, atau mungkin karena terlalu banyak temporary files yang memakan ruang hard disk. Tapi anda tak perlu khawatir karena kami akan menjelaskan tentang cara mengatasi laptop lenovo yang lemot berikut ini :

Cara Mengatasi Laptop Lenovo Yang Lemot

  • Coba Gunakan Antivirus

Coba gunakan antivirus, karena mungkin saja laptop anda terserang virus atau malware. Maka anda harus memasang antivirus yang terbaik, guna menghindari serangan dari segala macam virus. Anda harus pastikan kalau anda selalu mengeceknya secara rutin dan melakukan update pada antivirus.

  • Coba Gunakan Aplikasi Sesuai Spesifikasi Laptop Lenovo

Coba gunakan aplikasi sesuai spesifikasi laptop lenovo anda, agar kinerja laptop lenovo anda tidak lemot. Maka pilihlah aplikasi yang spesifikasinya lebih rendah, jadi tidak akan membuat laptop lenovo lemot.

  • Coba Uninstall Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Coba uninstall aplikasi yang tidak digunakan, karena mungkin saja aplikasi yang ada di laptop lenovo anda sudah terlampau banyak. Maka agar laptop lenovo tidak lemot, anda harus menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan.

  • Coba Bersihkan Desktop Dan Juga Aplikasi Saat Startup

Coba bersihkan desktop dan juga aplikasi saat startup, karena kalau anda menyimpan banyak aplikasi di desktop, maka akan menyebabkan laptop menjadi lemot. Tidak hanya itu, usahakan  jangan terlalu banyak aplikasi yang berjalan disaat laptop anda sedang startup. Anda bisa mematikan sebagian aplikasi tertentu, dengan membuka task manager, lalu anda tinggal pilih startup.

  • Coba Tambah RAM

Coba tambahkan RAM pada laptop lenovo anda, karena hal ini akan sangat membantu kinerja laptop menjadi lebih cepat dan tidak mudah lemot. Jangan lupa saat anda ingin menambahkan RAM, perhatikan juga spesifikasi RAM nya (RAM DDR3, RAM DDR3L atau RAM DDR4).

  • Coba Ganti Memori HDD Ke SSD

Coba ganti memori HDD ke SSD, karena mungkin saja masalah ini disebabkan oleh, hard disk HDD yang memiliki kecepatan data lebih lambat, ketimbang penyimpanan SSD nya. Oleh karena itu, mengganti penyimpanan HDD ke SSD, akan sangat membantu proses booting jauh lebih cepat. Meskipun harga SSD lebih mahal, tetapi cara ini dijamin sangat ampuh untuk membuat laptop lenovo menjadi tidak lemot juga lebih responsif.

  • Coba Gunakan Cooling Pad

Coba gunakan cooling pad, sebagai kipas tambahan yang bisa menjaga suhu laptop agar tidak terlalu panas, hal ini dilakukan karena mungkin saja laptop lenovo anda sudah terlalu panas. Anda juga dapat menggunakan vacuum cooler, untuk menyedot keluar udara panas di dalam laptop lenovo anda. Anda juga bisa menggunakan thermal paste, untuk membantu mendinginkan suhu pada prosesor laptop anda.

  • Coba Bersihkan Drive C

Coba bersihkan driver c dengan rutin, karena mungkin saja laptop lenovo anda sudah berusia tua, yaitu di atas 3 tahun, jadi kinerjanya sangat menurun.

  • Coba Lakukan Reset Windows

Coba lakukan reset windows, karena ini bisa menjadi solusi ketika laptop lenovo sudah mulai terasa berat dan lambat. Perlu diingat sebelum anda melakukan reset Windows, anda harus pastikan kalau anda sudah melakukan back up terlebih dahulu, seluruh data dan file yang ada di laptop lenovo anda.

  • Coba Manfaatkan Disk Defragment Tools

Coba manfaatkan disk defragment tools, yang ada pada control panel. Dengan melakukan tahapan analyze dan juga optimize, maka semua file dan data yang ada di laptop lenovo anda akan ditata sedemikian rupa. Anda juga akan mengetahui berapa banyak file junk yang tersimpan di laptop lenovo, sehingga membuat kinerja laptop lenovo anda menjadi lemot.

  • Coba Rutin Hapus File Di Folder Temporary

Coba rutin hapus file di folder temporary, dengan mengikuti langkah berikut ini :

  1. Coba anda tekan tombol Windows + R pada keyboard
  2. Kemudian ketik %temp% di kolom yang tersedia, lalu anda klik enter
  3. Setelah itu, anda tinggal blok semua file dengan tombol CTRL + A
  4. Kemudian klik Shift + Delete untuk menghapus file-file yang ada di folder temporary.
  • Coba Rutin Bersihkan File Di Folder Prefetch

Coba rutin bersihkan file di folder prefetch, dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Coba anda tekan tombol Windows + R pada keyboard
  2. Kemudian anda ketik prefetch di kolom yang tersedia, lalu klik enter
  3. Setelah itu, coba anda klik OK jika ada izin administrator
  4. Dan hapuslah seluruh file yang ada di folder tersebut, karena file-file ini sangat aman untuk dihapus.
  • Coba Stop Visual Effect Yang Berlebihan

Coba stop visual effect yang berlebihan, dengan melakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Coba anda buka menu windows explorer
  2. Kemudian anda ketik This PC, dan anda tinggal klik kanan
  3. Setelah itu pilihlah menu properties
  4. Lalu anda pilih Advanced system settings di bagian performance
  5. Kemudian anda pilih setting
  6. Setelah itu, coba anda ubah pilihan menjadi custom dan coba anda gunakan visual effect yang tidak memberatkan laptop anda.

Itulah tadi beberapa penjelasan dari akusatu.com tentang cara mengatasi laptop lenovo yang lemot, semoga membantu.