Cara Mengatasi Laptop Yang Terkena Air
Cara Mengatasi Laptop Yang Terkena Air

Cara Mengatasi Laptop Yang Terkena Air

Cara mengatasi laptop yang terkena air-Di artikel akusatu.com kali ini, kami akan mencoba jelaskan tentang, mengatasi laptop yang terkena air. Tapi sebelum itu kami akan menjelaskan terlebih dahulu tentang akibat dari laptop yang terkena air. Akibat dari laptop yang terkena air, akan ada kerusakan pada bagian motherboard. Anda tak perlu panik, karena anda bisa melakukan pertolongan pertama pada laptop anda, dengan mengikuti cara-cara berikut ini :

Cara Mengatasi Laptop Yang Terkena Air

  • Segera Lepaskan Kabel Charger

Segera lepaskan kabel charger dari laptop anda. Karena laptop yang terkena air akan menghantarkan arus listrik yang lebih tinggi, sehingga dapat mengakibatkan setruman. Yang mana akan membuat komponen utama, seperti motherboard bisa terkena efek korosi dari tumpahan air tersebut. Maka segera lepaskan kabel charger dari laptop anda.

  • Coba Jungkir-Balikkan Laptop

Coba jungkir-balikkan laptop anda, agar air yang sudah terlanjur masuk ke keyboard bisa keluar, dan tunggulah hingga 1-2 jam untuk menunggu semua airnya keluar.

  • Coba Keringkan Laptop

Coba keringkan laptop anda dengan mengelapnya pakai kain yang bisa menyerap air, atau bisa juga menggunakan hair dryer untuk mengurangi air yang terlanjur masuk ke laptop. Keringkan semua komponen-komponen yang terkena air, dan anda juga harus pastikan kalau laptop anda sudah benar-benar karing.

  • Taruh Di Dalam Beras

Taruh didalam beras laptop yang telah anda keringkan, karena beras merupakan bahan yang bisa mengeringkan laptop dan bisa menghisap cairan dari laptop untuk keluar.

  • Coba Bawa Ke Reparasi

Coba bawa ke reprasi, kalau memang semua cara diatas sudah anda lakukan, namun laptop tidak juga menyala, maka segera bawa laptop anda ke layanan reparasi untuk ditindaklanjuti.

Itulah tadi beberapa penjelasan dari akusatu.com tentang cara mengatasi laptop yang terkena air, yang bisa anda lakukan secara mandiri. Semoga cara mengatasi laptop yang terkena air ini bisa membantu anda ya! dalam melakukan pertolongan pertama pada laptop yang terkena air. Sekian dan terimakasih.