Cara Mengatasi Layar Laptop Terbalik
Cara Mengatasi Layar Laptop Terbalik

Cara Mengatasi Layar Laptop Terbalik

Cara mengatasi layar laptop terbalik – Di artikel akusatu.com kali ini, kami akan menjelaskan sedikit tentang mengatasi layar laptop terbalik. Sebelum kami menjelaskan tentang cara mengatasi layar laptop terbalik, kami akan menjelaskan terlebih dahulu tentang penyebab dari lyar laptop yang terbalik. Penyebab layar laptop terbalik ialah karena mungkin saja anda salah pencet tombol kombinasi, atau salah setting control pane setelah update, atau mungkin karena anda tidak sengaja mengubah pengaturan layar. Maka untuk mengatasi layar laptop terbalik, anda bisa ikuti cara-cara berikut :

Cara Mengatasi Layar Laptop Terbalik

  • Ubah Pengaturan

  1. Silahkan anda tekan tombol Start Windows
  2. Kemudian anda buka Settings di laptop
  3. Lalu coba masuk ke dalam System
  4. Setelah itu pilihlah tab Display
  5. Lalu carilah menu Display orientation atau pun Orientation
  6. Kemudian anda tinggal mengubah menunya menjadi Landscape
  7. Setelahitu tekanlah Keep changes jika muncul konfirmasi

Setelah itu tampilan layar laptop anda, akan kembali normal seperti semula. Tapi perlu anda ketahui, anda harus berhati-hati dalam hal ini, sebab kemungkinan pengoperasian saat memakai mouse, akan sedikit berbeda seiring dengan perubahan orientasinya.

  • Atasi Menggunakan Shortcut

  1. Anda harus pastikan terlebih dahulu, kalau semua tombol keyboard bekerja dengan normal
  2. Jika perlu anda bisa gunakan keyboard eksternal
  3. Kemudian dalam keadaan laptop nyala, silahkan anda tekan tombol CTRL, ALT, dan UP (anak panah ke atas) secara bersamaan

Maka tampilan layar laptop akan menjadi normal kembali, kalau shortcut yang dipakai sesuai atau pun laptop mendukungnya. Namun jika belum bisa juga, maka ada baiknya anda mencari tahu secara lebih khusus, untuk model ataupun tipe perangkat ke layanan konsumen dari merek terkait. Metode ini biasanya dapat berfungsi untuk perangkat dengan kartu grafis NVIDIA.

Kedua metode di atas yaitu mengubah pengaturan, dan menggunakan shortcut, hanya dapat berlaku untuk laptop dengan sistem operasi berbasis Windows. Adapun MacOS sebenarnya memang menyediakan pengaturan orientasi, akan tetapi tidak tersedia secara mendasar pada MacBook, namun hanya berlaku monitor eksternal.

Jika masalah tampilan layar terbalik terjadi pada layar MacBook, maka anda juga tak perlu khawatir. Sebab anda hanya perlu mengembalikannya dengan mengikuti langkah-langkah dalam ulasan berikut ini.

  • Khusus Untuk MacOS

  1. Coba anda ketuk Apple Menu (logo Apple)
  2. Kemudian bukalah System Preferences
  3. Setelah itu tekan dan tahanlah tombol Command dan Option
  4. Lalu anda ketuk bagian Displays di System Preferences
  5. Kemudian masuklah ke tab Display
  6. Setelah itu anda pilih layar yang ingin dikembalikan
  7. Lalu anda tinggal ubah menu Rotation ke Standard

Itulah tadi sedikit penjelasan tentang cara mengatasi layar laptop terbalik dan juga cara mengatasi layar macbook, semoga bisa membantu ya! Terimakasih.