Mengatasi Laptop Yang Tak Bisa Membaca USB Hp
Mengatasi Laptop Yang Tak Bisa Membaca USB Hp

Mengatasi Laptop Yang Tak Bisa Membaca USB Hp

Mengatasi laptop yang tidak bisa membaca usb hp – Artikel akusatu.com kali ini akan menjelaskan tentang laptop yang tidak bisa membaca usb hp. Sebelum kami menjelaskan tentang cara mengatasi laptop yang tidak bisa membaca usb hp, kami akan menjelaskan terlebih dahulu tentang penyebab laptop yang tidak bisa membaca usb hp. Penyebab laptop yang tidak bisa membaca usb hp ialah, karena ada kesalah pengaturan pada sistem Android, atau mungkin kabel data yang digunakan rusak/belum mendukung mode transfer file (hanya cas), konektor HP rusak, sistem HP bermasalah (bug dan sejenisnya), atau mungkin karena Driver belum terinstal (khusus untuk yang ingin melakukan flashing). Maka untuk mengatasi laptop yang tidak bisa membaca usb hp anda bisa ikuti cara-cara berikut ini :

Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Bisa Membaca USB Hp

  • Coba Pastikan Kabel Datanya Tidak Rusak

Coba pastikan kabel datanya tidak rusak, karena kabel data sangat sering sekali rusak, apalagi kalau masa pakainya sudah terlalu lama. Maka untuk mengeceknya anda bisa lakukan langkah berikut ini :

  1. Coba anda pasangkan kabel data tersebut di HP lain
  2. Jika memang tidak bisa, maka cobalah ganti kabel datanya.

Jika kabel data yang baru bisa terdeteksi di Hp anda, itu artinya kabel data yang lama memang sudah rusak.

  • Coba Pastikan Kabel Data Support Transfer File

Coba pastikan kabel data support transfer file, karena ada 2 macam kabel data pada Android, yaitu kabel data support transfer data (media storage), dan kabel data support charging. Kalau memang kabel data yang anda pakai support untuk cas HP ini untuk melakukan transfer data, maka sudah pasti Android tidak akan terbaca di laptop sama sekali. Maka untuk solusinya anda harus mengganti kabel datanya dengan kabel data yang support media transfer.

  • Coba Pindahkan USB Ke Port Lain

Coba pindahkan USB ke port lain, agar anda bisa melihat apakah slot USB yang dipakai tadi rusak, sehingga membuat Android tidak bisa terbaca. Anda juga harus pastikan untuk menyambungkan langsung kabel data ke slot utama yang ada di perangkat, tanpa melalui perantara USB Hub. Sebab kebanyakan USB Hub cuma memiliki aliran daya yang sangat rendah, jadi tidak mampu untuk membaca data dari Android anda.

  • Coba Instal Driver USB Android

Coba instal driver USB android, karena mungkin saja driver hp belum terinstal dengan benar. Adapun fungsi dari Driver adalah, untuk menginstal perangkat Android pada sistem komputer, agar perangkat dapat dikenali. Maka untuk menginstalnya, anda harus menyesuaikannya dengan Chipset yang dipakai.

  • Coba Ubah Setting Android Ke Mode MTP

Coba ubah setting android ke mode MTP, karena pada saat default, ada beberapa Android yang setting USB-nya berada di posisi charging. Sehingga menyebabkan HP tidak terdeteksi di laptop. Maka untuk mengatasinya, anda hanya perlu mengubah mode charging ke mode transfer data:

  1. Coba anda sambungkan Android ke laptop
  2. Kemudian tunggulah sampai muncul jendela charging
  3. Lalu anda tinggal pilih MTP
  4. Jangan lupa, anda harus pastikan kalau kabel data sudah support fitur transfer file.
  • Coba Lakukan Reset Pabrik

Coba lakukan reset pabrik, karena mungkin anda tidak sengaja mengubah pengaturan. Tapi mungkin anda bingung untuk mengubah pengaturan apa, maka dari itu anda ikuti cara-cara berikut ini :

  1. Coba anda buka setelan hp
  2. Kemudian masuklah ke menu Cadangkan dan Setel Ulang
  3. Lalu lakukanlah Reset Data Pabrik di sana.
  • Coba Aktifkan USB Debugging

Coba aktifkan USB debugging, karena USB debugging ini bisa membantu memperbaiki masalah Android, yang tidak bisa terdeteksi di sistem Windows. Maka untuk caranya adalah dengan membuka setelan, kemudian masuk ke opsi developer, lalu anda tinggal aktifkan USB debugging. Tapi kalau setelan opsi developer tidak ditemukan, maka silakan anda buka terlebih dahulu melalui :

  1. Bukalah Setelan HP
  2. Kemudian anda coba masuk ke Tentang HP
  3. Lalu carilah Nomor Bentukan
  4. Setelah itu, anda tekan berkali-kali
  5. Kemudian anda pastikan kalau, ada pesan “Anda telah menjadi seorang pengembang.”
  • Coba Flash Ulang HP

Coba flash ulang hp, karena dengan flash ulang, maka sistem hp anda akan terganti dengan yang baru. Oleh karena itu seharusnya bugbug tersebut secara otomatis akan langsung hilang.

  • Bawa HP Ke Service Center

Bawa hp ke service center, karena mungkin saja salah satu komponen di hp mengalami kerusakan. Kerusakan komponen ini agak sulit untuk diperbaiki sendiri. Apalagi kalau anda belum paham tentang elektronik. Salah satu komponen yang sangat rentan adalah, konektor pada HP. Yang mana konektor ini memiliki pin yang berfungsi untuk mendeteksi HP ke perangkat lain. Jika pin tersebut rusak, maka hp tidak akan bisa terbaca di laptop. Maka anda harus membawa hp ke service center.

Itulah tadi penjelasan dari akusatu.com tentang cara mengatasi laptop yang tidak bisa membaca usb hp. Semoga membantu.