Cara mengatasi layar laptop kedap kedip
Cara mengatasi layar laptop kedap kedip

Cara Mengatasi Layar Laptop Kedap kedip

Cara mengatasi layar laptop kedap kedip – Di artikel akusatu.com kali ini, telah menyajikan sebaik mungkin tentang, layar laptop kedap kedip. Sebelum kami mejelaskan tentang cara mengatasi layar lapto kedap-kedip, kami akan menjelaskan terlebih dahulu tentang penyebabnya. Adapun penyebab layar laptop kedap kedip ialah ada masalah pada driver tampilan (display adapter), atau mungkin karena ada program yang tidak kompatibel, atau mungkin karena ada bugs pada sistem oprasi windows 10. Maka untuk mengatasi masalah layar laptop kedap kedip, anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini :

Cara Mengatasi Layar Laptop Kedap-kedip

  • Coba Periksa Dengan Membuka Task Manager

Coba periksa dengan membuka task manager, karena kemungkinan ada masalah pada driver tampilan (display adapter). Berikut ini langkah-langkah untuk membuka task manager, yang bisa anda coba:

  1. Silahkan anda tekan tombol kombinasi (shortcut key) Ctrl + Shift + ESC untuk mengakses Task Manager
  2. Jika ternyata task manager juga ikut berkedip (flickering), maka driver tampilan memang lagi bermasalah. Maka untuk mengatasinya, anda bisa perbaiki driver tampilan dengan update atau uninstall driver
  3. Tapi jika task manager tidak berkedip, padahal situasi di luar task manager berkedap-kedip, itu artinya ada aplikasi/program yang tidak kompatibel.
  • Coba Perbaiki Masalah Program Yang Tidak Kompatibel

Coba perbaiki masalah program yang tidak kompatibel. Jika ternyata masalahnya memang ada pada aplikasi/program yang tidak kompatibel, maka saatnya anda melakukan perbaikan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan aplikasi saat dibuka berkedap-kedip, biasanya terjadi karena resolusi layar dan refresh rate yang rendah, hingga masalah error ataupun bugs pada program tersebut.

Atau mungkin program yang anda install tidak sesuai dengan System Requirements, tapi anda paksakan untuk menginstall sehingga terjadilah layar berkedap-kedip (flickering). Maka untuk memperbaiki masalah ini, anda bisa update atau uninstall kemudian menggantinya dengan program yang kompatibel. Berikut ini cara kerjanya :

  1. Silahkan anda klik Start menu » Settings
  2. Kemudian pilihlah Apps » Apps & features
  3. Setelah itu anda temukan dan pilih [program], lalu pilih Uninstall
  4. Kemudian anda tinggal konfirmasi dengan Uninstall dan ikuti petunjuk Uninstall program sampai selesai.

Setelah anda menghapus program, maka cobalah untuk membersihkan semua file sampah, cache, registry, log, dan sejenisnya. Kemudian setelah itu, restart laptop anda dan cek kembali apakah layar masih berkedip atau tidak.

  • Coba Update Windows 10 Versi Terbaru

Coba update windows 10 ke versi terbaru, karena mungkin saja error tidak hanya ada pada aplikasi dan driver, justru juga dapat terjadi pada sistem Windows itu sendiri. Kalau dilihat dari halaman pembaruan Windows, Microsoft terus melakukan peningkatan performa, fitur, dan juga perbaikan pada program maupun driver Windows. Maka untuk mengatasi masalh ini anda bisa langsung update windows 10 ke versi terbaru.

Itulah tadi sedikit penjelasan dari akusatu.com tentang cara mengatasi layar laptop yang kedap-kedip. Semoga membantu ya! Terimakasih sudah berkunjung dan memabaca artikel akusatu.com sampai selesai.