Cara Mengatasi CPU Usage 100 Windows 10
Cara Mengatasi CPU Usage 100 Windows 10

Tips Mengatasi CPU Usage 100 Windows 10

Tips mengatasi CPU usage 100 windows 10 – akusatu.com kali ini, akan jelaskan tentang penyebab serta tips mengatasi CPU usage 100 windows 10. Adapun penyebab CPU usage 100 windows 10 pada laptop ialah karena terlalu banyak background process, ada virus, ataupun karena antivirusnya sedang error. Maka untuk mengatasi CPU usage 100 windows 10 pada laptop, anda bisa ikuti tips-tips berikut ini :

Tips Mengatasi CPU Usage 100 Windows 10 Pada Laptop

  • Coba Boot Ulang

Coba boot ulang karena cara ini, dapat membersihkan file sementara dan juga sangat berpotensi untuk mengatasi pelambatan dalam proses-proses yang sudah berjalan lama.

  • Coba Perbarui Driver

Coba perbarui driver, karena driver merupakan program yang dapat mengontrol perangkat tertentu yang terhubung dengan motherboard anda. Dengan memperbarui driver ini, maka anda dapat menyingkirkan masalah kompatibilitas ataupun bug yang menyebabkan peningkatan penggunaan CPU. Untuk cara kerjanya, silahkan anda buka menu Start > Klik Updates & Security kemudian anda kliki tombol “Check for Updates”. Cara ini akan memperbarui driver penting.

  • Coba Pindahkan Malware

Coba pindahkan walmare, karena kemungkinan masalh ini, disebabkan oleh malware yang menyamarkan dirinya sebagai proses Windows normal. Program-program berbahaya menggunakan bandwidth CPU dan GPU untuk tujuan yang berbeda (misalnya, menambang mata uang kripto) sembari muncul di Task Manager dengan nama yang tentunya tidak asing lagi, seperti “Cortana.exe” atau “Runtime Broker”. Maka silahkan anda jalankan pemindaian penuh dengan program virus pilihan anda untuk memeriksanya. Pemindaian keamanan offline yang disediakan gratis oleh Windows Security (berjalan dalam taskbar ataupun pengaturan Windows) adalah pilihan yang sangat bagus.

  • Coba Periksa Opsi Daya

Coba periksa opsi daya anda dengan mengklik menu start dan mengetikkan “Edit Power Plan”. Setelah terbuka, maka silahkan anda klik “Power Options” di bilah alamat pada bagian atas jendela. Maka anda akan melihat layar power options, dan anda haya perlu klik “Show additional plans”, kemudian anda aktifkan paket selain penghemat daya.

  • Coba Temukan Panduan Spesifik Online

Coba temukan panduan spesifik online, biasanya beragam proses bertanggung jawab terhadap penggunaan CPU yang tinggi, dan pastinya tidak ada solusi yang sama untuk semua masalah. Maka untuk menemukan nasehat spesifik, lihatlah nama proses tersebut dari tab Processes atau Details (tampilan yang lebih spesifik) dari Task Manager anda, kemudian anda cari di online untuk ulas dukungan tentang topik tersebut. Jika ternyata tidak ada hasil dari pertanyaan anda, maka silahkan anda tambahkan informasi spesifik yang mungkin membantu, seperti model prosesor (tercantum di sebelah “Processor” di System Information), dan juga nama program lain yang kelihatannya menyebabkan masalah laptop anda.

  • Coba Install Ulang Windows

Coba install ulang windows jika karena ini dapat menjadi proses yang panjang, tetapi juga sangat berpotensi mengatasi masalah penggunaan CPU yang disebabkan oleh perangkat lunak. “Reset this PC” di Windows 10 akan menghapus semua program instalasi anda, tetapi tetap membiarkan file pribadi anda. Setelah itu, nanti anda harus menginstal ulang semua program non-Windows yang digunakan, dan juga pengaturan anda di semua program ini akan hilang semua, kecuali jika anda menyimpan dan membuat cadangannya. Maka untuk berjaga-jaga, sialhkan anda cadangkan juga semua file pribadi anda — baik di drive eksternal atau pun melalui layanan penyimpanan cloud. Jika anda sudah siap untuk memulainya, maka anda tinggal klik tombol Start dan ketikkan “Reset this PC” lalu kliklah “Get Started”. Dan anda tinggal menunggu sampai prosesnya selesai, biasanya proses ini memakan waktu 1 jam bahkan lebih. Ketika sudah selesai, maka nanti anda perlu menginstal ulang program yang digunakan.

Itulah tadi beberapa penjelasan dari akusatu.com tentang tips mengatasi CPU usage 100 windows 10 pada laptop, semoga bisa membantu ya! Terimakasih.