Cara Mengatasi Speaker Laptop Mati Sebelah
Cara Mengatasi Speaker Laptop Mati Sebelah

Cara Mengatasi Speaker Laptop Mati Sebelah

Cara mengatasi speaker laptop mati sebelah-Di artikel akusatu.com kali ini, akan jelaskan tentang, cara mengatasi speker laptop mati sebelah. Tapi sebelum itu anda harus tau, kenapa speker laptop mati sebelah? Ini terjadi karena pengaturan suaranya tidak seimbang, karena output audio tidak seimbang, driver sound tidak cocok dengan hardware pada laptop, ada masalah pada sound card, kabel speker laptop putus, atau memang speaker laptopnya yang sudah rusak. Maka untuk mengatasi speaker laptop mati sebelah, anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini :

Mengatasi Speaker Laptop Mati Sebelah

  • Coba Atur Mode Stereo Secara Seimbang

Cara mengatasi speaker laptop mati sebelah yang pertama, bisa anda coba dengan mengatur mode stereo secara seimbang pada media player, dengan meletakkan pengaturan stereo tepat ditengah-tengah sehingga output suara yang keluar bisa seimbang. Dengan begini, maka speaker laptop anda akan mengeluarkan volume suara yang sama antara kiri dan kanan.

  • Coba Gunakan Mode Mono Ketika Memutar File Audio Kualitas Rendah

Cara mengatasi speaker laptop mati sebelah yang kedua, bisa anda coba dengan menggunakan mode mono ketika memutar file audio kualitas rendah, sehingga output suara menjadi sama antara speaker kiri dan kanan. Cara ini tentunya sudah terbukti sangat efektif untuk menyeimbangkan speaker meskipun efek suara 3 dimensi tidak dapat anda rasakan. Yang penting, masalah speaker laptop yang mati sebelah sudah bisa teratasi.

  • Coba Gunakan Driver Yang Lebih Kompatibel

Cara mengatasi speaker laptop mati sebelah yang ketiga adalah, dengan mencoba tuk gunakan driver yang lebih kompatibel, jika memang masalah speaker laptop mati sebelah ada pada drivernya. Anda bisa download driver sound card laptop yang lebih kompatibel di website resmi merk laptop anda. Biasanya setiap merk laptop memiliki offical website yang menyediakan berbagai macam keperluan pendukung, seperti aksesoris dan juga download driver secara gratis.

  • Gunakan Sound Card Tambahan

Cara mengatasi speaker laptop mati sebelah yang ke empat adalah, dengan menggunakan soud card tambahan atau sound card eksternal, jika memang sound cardnya yang bermasalah. Anda tidak perlu beli sound card yang mahal, cukup beli sound card USB yang penting bisa digunakan secara portable. Ya walaupun kualitas suara yang dihasilkan tak sebaik sound card mahal, namun sudah cukup baik kok untuk memutar musik. Terlebih harganya murah dan sangat ramah di kantong.

  • Coba Ganti Kabel Speker Yang Putus

Cara mengatasi speaker laptop mati sebelah yang ke 5 adalah, dengan mengganti kabel speker yang putus, jika memang benar kalau kabel spekernya yang putus. Dengan membongkar laptop anda terlebih dahulu, tapi jika anda ragu untuk membongkarnya sendiri, anda bisa minta bantuan sama tukang servis kepercayaan anda tentunya. Mengganti kabel speaker yang putus ini, tidak membutuhkan waktu yang lama, paling lama mungkin sekitar 1 jam-an.

  • Coba Ganti Loudspeaker Dengan Yang Baru

Cara mengatasi speaker laptop mati sebelah yang ke enam adalah, mengganti loudspeaker dengan yang baru, karena mungkin saja speaker laptop mati sebelah karena loudspeakernya memang sedang mengalami kerusakan.Tapi perlu anda ketahui kalau mengganti loudspeaker ini, jauh lebih rumit dari sekedar mengganti kabel. Maka anda harus minta bantuan tukang servis yang sudah profesional.

  • Coba Pakai Speker Aktif Atau Speker Eksternal

Solusi terakhir untuk mengatasi speaker laptop mati sebelah adalah dengan memakai speaker aktif ataupun speaker eksternal. Anda bisa membeli speaker tambahan ini dengan membelinya di toko komputer, toko elektronik atau bisa juga dengan membelinya secara online. Untuk harganya sangat beragam, sesuai dengan kualitas suara yang dihasilkan. Semakin baik kualitas suaranya maka akan semakin mahal pula harganya. Biasanya sih, kalau yang berkualitas harga sekisar 300-500 ribuan.