Pengaruh Charger Laptop Ampere Lebih Tinggi
Pengaruh Charger Laptop Ampere Lebih Tinggi

Pengaruh Charger Laptop Ampere Lebih Tinggi

Pengaruh charger laptop ampere lebih tinggi – Di artikel akusatu.com, kami akan jelaskan tentang pengaruh charger laptop ampere lebih tinggi. Setiap perangkat elektronik sudah dibuat satu set, tapi jika anda mengganti charger laptop dengan charger yang bukan bawaannya, maka bisa jadi akan berdampak buruk pada laptop anda. Mungkin anda bertujuan memakai charger yang lebih tinggi amperenya, agar baterai laptop lebih cepat terisi penuh. Tapi sebenarnya ini adalah informasi yang sangat salah. Berikut ini adalah penjelasan tentang pengaruh charger laptop ampere lebih tinggi :

Pengaruh Charger Laptop Ampere Lebih Tinggi

  • Arus Yang Masuk Ke Laptop Sama Saja

Pengaruh charger laptop ampere lebih tinggi ini sebenarnya tidak mempengaruhi apapun. Apabila laptop anda memiliki kapasitas charging dengan arus 0,8 ampere, lalu anda menggunakan charger laptop dengan kapasitas 2 ampere, maka arus yang akan masuk ke lptop anda tetap dalam jumlah 0,8 ampere. Terkecuali kalau laptop anda memang memiliki fitur memperbesar arus yang masuk. Tapi hal ini sangat jarang terjadi.

  • Waktu Charging Tidak Berubah Sama Skali

Pengaruh charger laptop ampere lebih tinggi pada laptop tidak merubah waktu charging sama sekali. Apabila biasanya laptop anda membutuhkan waktu 2 jam untuk full charge, maka itu akan sama halnya meskipun anda menggunakan charger dengan ampere yang lebih tinggi.

Mencharge Laptop Dengan Voltase Yang Lebih Tinggi

Mencharge laptop dengan voltase yang lebih tinggi, maka akan terjadi akan terjadi keruskan pada laptop anda. Seperti laptop menjadi cepat panas dan hang. Yang mana lama kelamaan panas ini akan menjalar ke sirkuit laptop anda. Sehingga laptop pada bagian motherboardnya bisa terbakar karena panasnya. Apalagi kalau anda mengecasnya sambil digunakan. Berikut ini tips memperpanjang umur baterai laptop :

  • Segera Cabut Charger Saat Sudah 100%

Segera Cabut Charger Saat Sudah 100%, karena membiarkan arus listrik mengalir terus-menerus pada laptop akan menyebabkan kerusakan pada baterai laptop, sehingga baterai laptop bisa cepat bocor. Ada baiknya anda jangan mengisi baterai laptop saat akan pergi atau tidur.

  • Jangan Biarkan Laptop Mati Total

Jangan biarkan laptop mati total, karena dengan membiarkan laptop mati total merupakan kesalahan yang sangat fatal. Sehingga lama kelamaan komponen-komponen pada laptop tersebut akan rusak.

  • Coba Gunakan Charger Original

Coba gunakan charger original, karena ini merupakan salah satu hal yang paling penting dalam perawatan baterai laptop. Jangan sampai anda mengunakan charger laptop KW hanya karena harganya yang lebih murah. Karena jika laptop anda rusak, maka anda akan kehilangan lebih banyak biaya lagi. Kalau charger original laptop anda rusak, maka belilah charger lagi yang original, meskipun dengan harga yang mahal.

  • Jaga Suhu Laptop Dari Suhu Yang Panas

Jaga suhu laptop dari suhu yang sangat panas, karena membiarkan laptop dalam suhu yang panas akan membuat laptop bekerja lebih keras, sehingga baterai laptop juga akan mengeluarkan lebih banyak energi yang tersimpan. Nah kalau energi ini terus menerus berkurang, maka lama kelamaan daya simpan baterainya pun akan berkurang.

  • Coba Aktivkan Power Saver Mode

Coba aktivkan power saver mode yaitu dengan masuk ke menu Control Panel, kemudian klik ikon baterai. Kalian juga bisa memilih berbagai mode baterai yang tersedia. Pilihlah mode Power Saver untuk menghemat energi baterai laptop anda. Yang mana biasanya mode ini akan membuat layar laptop anda menjadi lebih redup. Namun fitur ini sangat membantu anda ketika baterai laptop dalam kapasitas yang kritis.

  • Coba Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Coba tutup aplikasi yang tidak digunakan karena ini merupakan salah satu cara untuk menghemat baterai, dan juga dengan tidak membuka aplikasi yang banyak, akan membuat laptop tidak bekerja secara sangat keras. Sehingga laptop anda tidak terlalu lelah, ataupun panas.

Itulah tadi penjelasan dari akusatu.com tentang pengaruh charger laptop ampere lebih tinggi, tentang pengaruh charger laptop ampere lebih tinggi, serta cara merawat baterai laptop, yang bisa anda praktekan tentunya.