Kelebihan Baterai Tanam Pada Laptop
Kelebihan Baterai Tanam Pada Laptop

Kelebihan Baterai Tanam Pada Laptop

Kelebihan baterai tanam pada laptop – Di artikel akusatu.com ini, kami akan menjelaskan tentang beberapa kelebihan baterai tanam pada laptop. Adapun kelebihan baterai tanam pada laptop adalah usianya yang dianggap lebih tahan lama dibanding baterai non tanam. Kelebihan baterai tanam pada laptop ini terntunya akan sangat praktis sekali untuk digunakan terlebih baterai tanam pada laptop ini bisa dibilang lebih awet dibandingkan dengan yang biasa, tapi ini tergantung cara pemakayannya/perawatannya juga. Jadi anda harus pandai-pandai dalam merawat baterai agar tetap awet seperti baru pertma digunakan. Anda bisa merawat baterai tanam pada laptop dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini :

Cara Merawat Baterai Laptop Tanam Agar Awet

  • Jagalah Suhu Laptop Agar Tidak Panas

Cara merawat baterai laptop tanam agar awet adalah dengn menjaga suhu laptop agar tidak panas. Kebanyakan orang menggunakan laptop hingga baterainya habis, bahkan sampai mati baru kemudian diisi kembali. Padahal, itu adalah kebiasaan yang sangat buruk. Ingatlah kalau laptop dan baterai memiliki batas usia pakai, yang mana batas tersebut bisa lebih panjang atau pendek tergantung dari pemakaian si pengguna. Biasanya laptop akan memberikan notifikasi pengingat charge baterai jika sudah berkapasitas di bawah 10%, maka dari itu anda jangan sampai mengabaikan notifikasi pengingat itu.

  • Jaga Baterai Laptop Selalu Terisi 50%

Cara merawat baterai laptop tanam agar awet yang kedua adalah dengan menjaga baterai laptop selalu terisi 50% sampai 70% daya ketika disimpan dalam suhu 20 hingga 25 derajat Celcius. Ketika anda tidak menggunakan laptop beberapa waktu yang cukup lama, seperti karena liburan ataupun urusan lainnya. Anda harus selalu pastikan kalau baterai laptop tanam anda tetap terisi antara 50% sampai 70%, agar ketika anda hendak memakai laptop baterainya tidak bermasalah.

  • Perhatikan Waktu Charge

Cara merawat baterai laptop tanam agar awet yang selanjutnya adalah dengan mamperhtikan waktu charge, jangan sampai kelebihan daya atau over charge. Kemudian salah satu hal yang harus diperhatikan adalah efek panas berlebih yang didapat ketika melakukan charge seharian ke laptop. Untuk itu, anda harus coba untuk mengatur suhu ruangan serta gunakan cooling pad ataupun vacuum cooler untuk membantu mengatur suhu laptop anda.

  • Masa Usia Baterai Tanam Laptop

Masa usia baterai tanam laptop agak sulit untuk di ketahui, karena masing-masing produsen memiliki klaim daya tahan yang berbeda-beda juga. Tapi, kami akan mengambil satu contoh dari Asus, yang menyebutkan kalau baterai tanam laptop dapat bertahan antara 300 sampai 500 siklus charge dalam kondisi yang prima. Kalau dihitung dalam pemakaian sehari-hari, maka setidaknya baterai laptop Asus ini, dapat bertahan dalam kondisi yang bagus selama minimal 1 tahun sebelum kondisinya menurun.

Itulah tadi penjelsan dari akusatu.com tentang kelebihan baterai tanam pada laptop, serta cara merawat baterai laptop tanam agar awet, dan juga tentang masa usia baterai tanam pada laptop. Sekian dan Terimakasih.