Kelebihan RAM Besar Pada Laptop
Kelebihan RAM Besar Pada Laptop

Kelebihan RAM Besar Pada Laptop

Kelebihan RAM besar pada laptop – Di artikel akusatu.com kami akan jelaskan sedikit tentang kelebihan RAM besar pada laptop ataupun komputer. Tapi sebelum itu kami akan jelaskan tentang fungsi RAM, dan juga tentang perbedan RAM sama penyimpanan internal/eksternal.  Adapun kelebihan RAM besar pada laptop ataupun komputer, bisa anda ketahui dengan membaca artikel berikut ini :

Kelebihan RAM Besar Pada Laptop

  1. Kelebihan RAM besar pada laptop yang pertama adalah laptop atau komputer tidak akan pernah mengalami panas yang berlebihan
  2. Kelebihan RAM besar pada laptop yang kedua adalah bisa membuat program yang dibuka pada laptop/komputer berjalan dengan sangat lancar tanpa halangan meski cukup banyak
  3. Kelebihan RAM besar pada laptop yang ketiga adalah Dapat memberikan peningkatan peforma yang cukup baik dan juga sanagt cocok untuk editing video atau multitasking aplikasi berat lainnya. RAM yang lebih besar juga mumpuni dan cocok untuk mengcompres file besar dengan 7-zip.
  4. Kelebihan RAM besar pada laptop yang keempat adalah RAM besar ini, sangat mumpuni dan juga sangat cocok untuk mengcompres file besar dengan 7-zip.
  5. Kelebihan RAM besar pada laptop yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan kinerja laptop, untuk melakukan fungsi multitasking secara lebih baik. Misalnya, ketika anda ingin membuka ChromeOutlookWord, dan Spotify secara bersamaan dalam sebuah laptop, maka RAM lah yang membuat anda bisa membuka aplikasi-aplikasi tersebut secara bergantian tanpa lag atau pun lemot sama sekali.

Fungsi RAM Yang Sebenarnya

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. Kata memory itulah yang sering membuat sebagian orang salah mengerti. Beberapa orang berpikir kalau RAM sama dengan penyimpanan internal laptop seperti hardisk. Padahal, fungsi RAM dengan internal hardisk jelas sangat jauh berbeda. Kalau hardisk digunakan untuk menyimpan data-data, seperti dokumen, foto, video, musik, game, aplikasi, dan lan sebagainya, dalam jangka panjang jadi data tersebut tidak akan hilang jika tidak dihapus atau terhapus otomatis, misalnya saat storage terkena virus. Sedangkan kalau RAM berfungsi untuk meningkatkan kecepatan laptop/komputer, dan juga membantu prosesor mengolah data/menyimpan data sementara. Saat anda membuka aplikasi tertentu, maka RAM lah yang meng-handle pekerjaan tersebut. Bahkan RAM akan menampung data-data di aplikasi yang anda buka. Jadi, semakin banyak aplikasi yang anda buka atau apapun aktivitas yang anda lakukan di dalam laptop, maka kapasitas RAM yang dipakai juga semakin besar.

Anda Perlu Mengupgrade RAM 4GB

Anda perlu mengupgrade RAM 4GB menjadi kapasitas yang lebih besar, seperti 8GB atau 16GB. Perlu anda ketahui, bahwasannya RAM 4GB ini hanya dirancang untuk penggunaan multitasking umum seperti browsing, membuka Word, dan membuka aplikasi-aplikasi ringan lainnya. Jadi kalau anda memakai laptop untuk bermain game-game berat,seperti DOTA atau GTA V, maka anda akan sangat membutuhkan kapasitas RAM laptop yang lebih besar. Karena kebanyakan laptop gaming dibekali RAM dengan kapasitas yang lebih besar dibanding laptop konvensional untuk pemakaian umum. Kapasitas RAM laptop yang lebih besar, juga sangat dibutuhkan bagi laptop yang dijalankan untuk melakukan suatu pekerjaan yang berat, seperti editing video.