Cara Mengatasi Laptop Bootloop Windows 10
Cara Mengatasi Laptop Bootloop Windows 10

Cara Mengatasi Laptop Bootloop Windows 10

Cara mengatasi laptop bootloop windows 10 – Artikel akusatu.com kali ini, akan menjelaskan tentang cara mengatasi laptop bootloop windows 10. Sebelum kami menjelaskan tentang cara mengatasi laptop windows 10, kami akan menjelaskan terlebih dahulu tentang penyebabnya. Adapun penyebab laptop bootloop windows 10 adalah karena gagal saat proses Update Windows, terkena Virus, RAM atau Harddisk tidak terbaca, dan lain sebagainya. Maka untuk mengatasi masalah ini, anda tinggal ikuti cara mengatasi laptop bootloop windows 10 berikut ini :

Cara Mengatasi Laptop Bootloop Windows 10

  • Matikan Laptop secara paksa 

Cara mengatasi laptop bootloop windows 10 yang pertama adalah dengan mematikan laptop secara paksa, karena mungkin saja masalah laptop bootloop windows 10 ini, tejadi saat gagal Booting, dan akhirnya akan Stuck dilogo Windows. Maka untuk mematikan laptop secara paksa, anda tinggal menekan dan menahan tombol Power sampai lampu indikator mati. Kemudian lepaskan kabel listrik yang tersambung, dan tunggu 5 – 10 menit. Setelah itu, anda bisa coba untuk menyalakan kembali laptop anda.


  • Bersihkan RAM

Cara mengatasi laptop bootloop windows 10 yang kedua adalah dengan membersihkan RAM. Anda bisa mulai dengan mematikan laptop etrlebih dahulu, dan lepaskan semua kabel yang menyambung ke listrik untuk meminimalisir terjadinya arus pendek. Kemudian setelah itu lepaskan secara hati – hati RAM-nya agar tidak tergores. Bersihkanlah RAM tersebut dengan perlahan dengan sikat yang halus, dan pada bagian kuningan RAM bisa anda bersihkan menggunakan penghapus secara perlahan. Jika sudah selesai dibersihkan, pasang kembali RAM pada laptop dengan hati – hati. Setelah itu, anda bisa coba untuk menyalakan kembali laptop anda.


  • Lakukan Reset Laptop Melalui Safe Mode

Cara mengatasi laptop bootloop windows 10 yang ketiga adalah dengan melakukan Reset laptop melalui safe mode. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyalakan laptop, sebelum muncul logo Windows tekan dan tahan tombol F8 (setiap PC atau laptop biasanya berbeda). Setelah anda berhasil masuk ke Safe Mode, silahkan anda klik Start kemudian pilih Setting. Kemudian carilah menu Recovery, lalu ke Reset This PC dan pilih ‘Get Started’. Nantinya disana terdapat 2 pilihan ‘keep my file’ dan ‘remove everything’. Maka pilihlah ‘keep my file’ agar file – file tidak hilang atau pilih ‘remove everything’ untuk menghapus semuanya. Jika sudah selesai silahkan anda tunggu proses Reset-nya hingga selesai, dan laptop akan melakukan restart dengan sendirinya.


  • Coba Dengan Men-Defragment Harddisk Melalui Safe Mode

Cara mengatasi laptop bootloop windows 10 yang keempat adalah dengan men-defragment hardisk melalui safe mode. Anda bisa masuk ke Safe Mode terlebih dahulu, kemudian anda klik Start dan cari ‘Defragment and Optimize Drives’ dan pilihlah. Setelah itu anda pilih direktori (C:) kemudian klik ‘Optimize’. Dan anda tinggal menunggu hingga prosesnya selesai. Setelah prosesnya selesai, maka anda tinggal matikan laptop kemudian nyalakan kembali.


  • Nonaktifkan Secure Boot Pada BIOS

Cara mengatasi laptop bootloop windows 10 yang kelima adalah dengan meonaktifkan secure boot pada BIOS, dengan cara saat tombol Power ditekan kemudian tekanlah tombol F2 (beberapa PC atau laptop berbeda). Setelah berhasil masuk ke menu BIOS, pilihlah Secure Boot kemudian pilih Disable. Kalau sudah Disable, silahkan anda simpan dengan cara menekan tombol F10, kemudian restart laptop anda.


  • Coba Dengan Men-Disable Automatic Repair

Cara mengatasi laptop bootloop windows 10 yang keenam adalah dengan men-Disable Automatic Repair (menonaktifkan fitur perbaikan otomatis pada Windows). Anda bisa mulai dengan masuk ke Advanced Startup kemudian pilihlah Troubleshoot dan pilihlah Advanced Option, setelah itu pilih Command Prompt. Ketika Command Prompt sudah muncul,maka silahkan ketik perintah “bcdedit /set {default} recoveryenable No” kemudian tekan tombol Enter. Tunggu sampai prosesnya selesai. Setelah itu anda tinggal ketik perintah exit untuk keluar dari Command Prompt dan merestart laptop anda.


  • Lepas Semua Perangkat Yang Tersambung

Cara mengatasi laptop bootloop windows 10 yang ketujuh adalah dengan melepas semua perangkat yang tersambung ke laptop. Anda bisa lepaskan Flashdisk, Dongle Bluetooth, Harddisk External, WiFi Adapter. Karena kemungkinan perangkat tersebut bisa membuat Windows kita gagal Booting. Jika dirasa semua perangkat yang tersambung sudah dilepaskan, cobalah untuk menyalakan ulang PC atau laptopnya.


  • Gunakan Flashdisk Yang Terdapat Bootable Windows

Cara mengatasi laptop bootloop windows 10 yang kedelapan adalah dengan menggunakan flashdisk  yang terdapat bootable windows. Yang mana sebagai media untuk masuk ke System Repair jika tidak bisa masuk ke Safe ModePertama masuklah ke settingan BIOS, kemudian anda ubah ‘First Boot’-nya menjadi USB. Setelah itu anda tekan tombol F10 untuk menyimpan pengaturannya, lalu Restart laptop anda. Tunggulah sampai muncul menu instalasi, kemudian anda tinggal pilih ‘Repair Your Computer’ dan ‘Troubleshoot’. Setelah itu pilihlah ‘Advanced Option’. Nantinya akan banyak pilihan dalam menu tersebut, anda bisa pilih ‘Restore’ jika terdapat Backup-an Windowsnya. Lalu tunggu sampai prosesnya selesai.

Jika anda tidak memiliki Backup-an Windows, maka pilihlah ‘Repair’ untuk melakukan perbaikan pada System Windows, dan tunggulah sampai prosesnya selesai. Jika sudah selesai, selanjutnya restart laptop anda. Adapun cara dengan ‘Commad Prompt’ anda bisa ikuti langkah berikut ini. Jika sudah di CMD, silahkan anda ketik perintah DIR C: untuk memanggil semua data termasuk dengan file system yang terdapat pada Local Disk C. kemudian anda tinggal ketik perintah berikut ini, salah satu saja :

  1. exe /nt60 c:
  2. exe /nt60 all
  3. bootrec /fixmbr
  4. bootrec /fixboot
  5. exe /rebuildbcd
  6. atau bootrsect /nt60 all /force /mbr

Kalau sudah, maka nanti akan muncul tulisan ‘The Operation Complete Succesfully’. Kemudian anda tinggal restart laptopnya.


  • Menginstal Ulang Windows 10

Cara mengatasi laptop bootloop windows 10 yang terakhir adalah dengan menginstal ualang windows 10. Katran mungkin saja file – file sistem penting di Windows telah Corrupt dan tidak bisa dikembalikan lagi. Maka untuk menginstal ulang Windows 10 anda bisa lakukan dengan menyiapkan flashdisk yang berisi Bootable Windows 10. Jika sudah, silahkan sambungkan USB flashdisk  ke perangkat laptop. Kemudian anda masuk BIOS untuk mengubah first boot menjadi USB, setelah itu simpanlah pengaturan BIOS dengan menekan tombol F10. Lalu restart laptop anda, dan tunggulah prosesnya sampai muncul tampilan Windows ‘Install Now’. Kemudian anda bisa klik ‘Install Now’ untuk memulai proses instalasi Windows. Lalu anda tinggal pilih partisi yang akan diinstall. Hati – hati saat memilih partisi, karena partisi ini akan diformat. Setelah memilih partisi, silahkan anda format partisi yang tadi dipilih kemudian klik ‘Install’. Dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Kata Pencarianhttps://www akusatu com/tips-trik/3673/cara-mengatasi-laptop-bootloop-windows-10 html