Tips Mengatasi Layar Laptop Bergaris Horizontal
Tips Mengatasi Layar Laptop Bergaris Horizontal

Tips Mengatasi Layar Laptop Bergaris Horizontal

Tips mengatasi layar laptop bergaris horizontal – akusatu.com kali ini, akan jelaskan tentang tps mengatasi layar laptop bergaris horizontal. Sebelum kami menjelaskan tentang tips mengatasi layar laptop bergaris horizontal, kami akan jelaskan terlebih dahulu tentang penyebab layar laptop bergaris horizontal. Penyebab layar laptop bergaris horizontal adalah, karena panel screen LCD nya rusak, tekena air/embun, atau karena ada kerusakan ada pada kabel LCD, atau mungkin karena hardwarenya  yang bermasalah. Maka untuk mengatasi layar laptop bergaris horizontal, anda tinggal ikuti tips mengatasai layar laptop bergaris horizontal berikut ini :

Tips Mengatasi Layar Laptop Bergaris Horizontal

  • Gunakan Aplikasi Pixel Repairer

Gunakan Aplikasi Pixel Repairer

Coba gunakan aplikasi Pixel Repair yang mana, dapat anda unduh di Internet. Setelah anda unduh dan anda install, maka anda tinggal menjalankan aplikasi tersebut. Karena dengan aplikasi ini, maka akan secara otomatis dapat mendeteksi dead pixel termasuk penyebab layar laptop bergaris. Tapi perlu anda ketahui, bahwa aplikasi ini hanya tersedia untuk Operating System atau Sistem Operasi berbasis Windows. Aplikasi Pixel Repairer ini tidak hanya mendeteksi adanya dead pixel saja, namun juga mampu memperbaiki permasalahan layar laptop bergaris.

Nah untuk menggunakan aplikasi pixel repairer, dengan menjalankannya, kemudian anda pilih menu Patern, lalu anda tinggal masukan jenis ukuran pixel yang anda inginkan. Setelah langkah tersebut anda lakukan, maka anda tinggal melanjutkan dengan menekan tombol Enable agar bisa menampilkan warna yang dipilih untuk ditampilkan pada layar laptop anda, dan kemudian anda cukup melihat layar LCD anda dengan seksama. Apabila ada 1 titik atau lebih warna yang berbeda pada layar laptop anda, itu berarti pada area tersebut sudah terindikasi Dead Pixel. Namun jika anda melihat warna tampil layar laptop anda, sempurna tanpa ada titik warna yang berbeda. Maka artinya layar LCD Laptop anda dalam kondisi baik. Jika ada indikasi Dead Pixel, maka sebaiknya anda kembali ke kotak awal pada  menu dialog Pixel Reapir, untuk bisa anda klik pilihan Repair. Setelah itu anda akan diminta untuk klik Add, agar bisa menentukan area perbaikannya dengan menarik kotak repair ke area yang terindikasi Dead Pixel tadi. Anda juga bisa menggunakan pilihan repairer noise atau repairer solid, silahkan anda coba 1 per 1 secara berulang sampai berhasil. Lalu pilihlah ukuran yang mencakup area yang terdapat Dead Pixel, lakukanlah penyesuaian Frequensi yang defaulnya 60Hz, silahkan anda ubah dan juga disesuaikan. Kemudian anda tinggal menunggu beberapa saat hingga software ini melakukan perbaikan tersebut.

  • Coba Cek Kabel Fleksibel Layar Laptop

Coba cek kabel leksibel layar laptop anda, mungkin saja kabel ini rusak atau kendor, jadi anda cukup menggeser dengan perlahan, hingga kabel terpasang kembali dengan baik. Cara lain yang bisa anda lakukan sebelum melakukan hal ini, anda juga bisa manfaatkan Connecter VGA External, yang mana bisa anda hubungkan dengan Monitor atau TV terlebih dahulu, jika ternyata tidak ada garis yang muncul. Maka bisa jadi kabel anda kendor, demikian pula sebaliknya, jika masih tetap ada garis maka sudah dipastikan kabel Fleksibel anda baik – baik saja.

  • Coba Cek Komponen Hardware Lainnya ( RAM, VGA, HDD )

Coba cek komponen hardware lainnya (RAM, VGA, HDD), karena layar laptop bergaris juga bisa disebabkan oleh komponek hardware lainnya seperti RAM, VGA, dan HardDisk Drive yang tersambung pada laptop anda,sedang eror. Maka untuk mengatasinya anda tinggal lepas RAM dan juga HardDisk Drive ( HDD ) kemudian bersihkan dengan lembut bagian kuningannya. Anda bisa bersihkan dengan kuas atau bisa juga dengan penghapus untuk membersihkan kuningan pada RAM, lakukan dengan lembut. Untuk  VGA ada dua jenis, yang bisa di lepas, ada juga yang permanen. Jika ternyata bisa dilepas, maka lakukanlah hal yang sama seperti pada RAM dan HardDisk Drive ( HDD ). Lakukan dengan perlahan serta hati – hati. Tapi jika ternyata tidak bisa dilepas, biasanya ada kabel penghubung ( tidak semua menggunakan kabel, ada yang permanent ), silahkan anda periksa apakah kendor atau tidak.