Cara Mengatasi DVD Laptop Tidak Berfungsi
Cara Mengatasi DVD Laptop Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi DVD Laptop Tidak Berfungsi

Cara mengatasi DVD laptop tidak berfungsi – Artikel akusatu.com kali ini, akan menjelaskan tentang cara mengatasi DVD laptop tidak berfungsi. Mungkin di luaran sana, banyak orang yang bertanya tentang cara mengatasi DVD laptop tidak berfungsi . Maka dari itu kami akan menjelaskan sedikit tentang cara mengatasi DVD laptop tidak berfungsi berikut ini.

Cara Mengatasi DVD Laptop Tidak Berfungsi

Cara mengatasi DVD laptop tidak berfungsi berikut ini, bisa anda lakukan sendiri tanpa panduan orang lain. Berikut ini penjelasan lengkap tentang Cara mengatasi DVD laptop tidak berfungsi :

  • Cara Mengatasi DVD Yang Tidak Mau Membaca Dengan Membersihkan Head DVD Rom

Cara Mengatasi DVD laptop tidak berfungsi

Coba bersihkan head DVD Rom, karena mungkin saja sinar lasernya terhalang oleh debu yang mengakibatkan pembacaan DVD jadi tidak lancar. Maka solusinya, anda tinggal beli pembersih DVD Rom, yang mana biasanya dilengkapi dengan alkohol.

  • Cara Mengatasi DVD Laptop Tidak Berfungsi Dengan Membersihkan DVD

Bersihkan DVD, karena mungkin saja terdapat lemak atau bekas cetakan tangan, yang mana hal ini bisa membuat DVD Rom cepat rusak, karena head akan dipaksa untuk membaca DVD, oleh karena itu sebelum anda memasukkan DVD kedalam drive, anda harus pastikan kalau DVD terbebas dari kotor dan lemak. Nah untuk membersihkan lemak atau bekas cetakan tangan, anda dapat menggunakan pembersih CD yang banyak dijual di toko komputer.

  • Cara Mengatasi DVD Laptop Tidak Mau Eject

Untuk mengatasi DVD Romtidak mau eject, anda bisa ambil penjepit kertas, kemudian sambil menekan tombol eject, anda masukkan dan tekan lubang kecil yang terdapat di drive DVD rom.

  • Cara Mengatasi DVD Laptop Tidak Terdetek

Untuk mengatasi DCD Rom yang tidak terdeteksi – Permasalahan ini relatif mudah, langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah, dengan mengecek apakah lampu indikator pada DVD Rom menyala, jika tidak berarti ada masalah pada power, maka coba anda ganti power yang terhubung ke DVD Rom dengan kabel power yang lain, tentunya anda harus membuka casing laptop terlebih dahulu. Jika sudah nyala tapi tetap tidak terdeteksi, maka langkah selanjutnya adalah mengecek kabel IDE, kabel ukuran flexi ukuran besar yang mana menempel disamping kabel power, coba anda ganti dengan kabel IDE yang lain, biasanya dengan menggunakan dua langkah ini DVD Rom bisa terdeteksi kembali, jika ternyata belum terdeteksi, maka berarti ada kerusakan hardware dan anda harus beli yang baru. itu langkah terakhir.

Jika ada kerusakan Pada CDROM/ RW, DVDROM/ RW , anda bisa atasi dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Silahkan anda periksa kabel power (jika longgar kencangkan)
  2. Kemudian periksalah kabel datanya apakah pemasangannya sudah benar? Jangan lupa periksa juga kabel dengan ujung yang berwarna merah, periksa kabel data mungkin saja ada yang putus. Untuk lebih yakin anda bisa coba gunakan kabel data yang baru
  3. Setelah itu coba periksa Jumper, kalau hardisk di posisi master maka CDROM harus berada diposisi slave (lihat jumpernya)
  4. Lalu anda periksa juga seting BIOS (Standard Serup) apakah Primary dan secondary semua diset Auto
  5. Kemudian periksalah lampu led-nya apakah nyala, dan tekan eject apakah berfungsi, kalau tidak berfungsi berarti kerusakan ada pada board kontroler DVD
  6. Maka anda bisa membongkarnya dan coba anda periksa apakah ada solderan yang lepas atau retak, silahkan anda solder kembali. Kerusakan Pada CDROM/ RW, DVDROM/ RW : tidak akan bisa membaca DVD, dan jika bisa maka pastinya pilih-pilih DVD (Hanya DVD yang original / yang masih bagus yang bisa dibaca)
  7. Lalu cek Optiknya,mungkin saja kotor atau sudah lemah. Maka untuk cara mengatasinya: anda tinggal bongkar DVD Rom, lepaskan semua bautnya, dan juga lepaskan semua penutup/ casing-nya
  8. Kemudian coba anda perhatikan gambar optic set, di mana terdapat satu komponen yang disebut trimpot, yang mana berbentuk bulat kecil dengan 3 kaki, dan dibagian tengahnya ada pengaturan / trim untuk kepala obeng, ada yang berbentuk plus atau min
  9. Coba anda bersihkan kepala optic dengan cottonbud, secara perlahan dan hati-hati. Dan jangan sampai serat kabel yang menghubungkan antara kepala optic dengan rangkaiannya putus ya!
  10. Jika DVD ada masalah dalam pembacaan disk, tidak bisa membaca, kadang baca, pilih-pilih CD, tidak bisa burn/ membakar/ menulis (write) disk, maka itu artinya kerusakan terletak pada optiknya. Sebelumnya dalam keadaan penutup/ cover yang terbuka, coba anda hubungkan powernya kemudian anda lihat. Awas!!! Jangan terlalu dekat karena cahaya yang dikeluarkan optic ini mengandung radiasi, anda cukup perhatikan dari jauh, apakah optiknya mengeluarkan cahaya ataukah tidak ?
  11. Jika ternyata masih mengeluarkan cahaya meskipun redup/ lemah, biasanya masih bisa di trim/ setting, maka anda tinggal men-trim/ setting dengan memutar trimpot tadi dengan obeng kecil, yang sesuai dengan lubangnya apakah min atau plus, lakuakan secara perlahan dan hati-hati searah jarum jam
  12. Dalam melakukan penge-trim-an/setting, usahakan jangan terlalu banyak memutarnya. Coba anda putar/ trim sedikit saja, setelah itu matikan laptop anda, dan pasangkan kabel data ke DVD, kemudian coba anda nyalakan lagi.
  • Cara Mengatasi DVD Rom Tidak Bisa Membaca

Untuk mengatasi DVD Rom tidak bisa membaca, anda bisa download driver secara manual, sesuai dengan kebutuhan pada laptop anda, atau bisa juga dengan mencoba menginstall software update driver, seperti misalnya driver pack solution. Kemungkinan besar masalah ini, terjadi karena driver DVD/CD room belum kita install.

Itulah tadi sedikit penjelasan tentang cara mengatasi DVD laptop tidak berfungsi, semoga membantu ya!Terimakasih.