Cara Mengatasi Laptop Yang Delete Sendiri
Cara Mengatasi Laptop Yang Delete Sendiri

Cara Mengatasi Laptop Yang Delete Sendiri

Cara mengatasi laptop yang delete sendiri – Artikel akusatu.com kali ini, akan menjelaskan tentang cara mengatasi laptop yang delete sendiri. Tapi sebelum kami menjelaskan tentang cara mengatasi laptop yang delete sendiri, kami akan jelskan terlebih dahulu tentang penyebab laptop yang delete sendiri. Adapun penyebab laptop yang delete sendiri ialah karena adanya debu ataupun sesuatu yng menyelip di bagian tombol keyboard. Maka untuk mengatasinya, anda tinggal ikuti cara mengatasi laptop yang delete sendiri berikut ini :

Cara Mengatasi Laptop Yang Delete Sendiri

Cara Mengatasi Laptop Yang Delete Sendiri

  • Coba Tekan Tombol Delete Secara Terus-Menerus

Cara mengatasi laptop yang delete sendiri dengan menekan tombol delete, secara terus menerus. Karena ini merupakan cara yang sering ampuh untuk mengatasi penyebab tombol keyboard delete sendiri, agar dapat mengembalikan fungsi tombol seperti biasa.

  • Coba Cabut Tombol Keyboard Pada Laptop

Cara mengatasi laptop yang delete sendiri dengan mencabut tombol keyboard pada laptop yaitu tombol “Delete”. Perlu anda ketahui bahwa menggunakan cara ini, jangan sampai papan tombolnya mengalami kerusakan seperti retak bahkan patah. Jika terjadi keretakan, maka anda harus segera menggantinya dengan tombol baru, ataupun keyboard baru. Nah setelah anda berhasil mencabut tombol delete, silahkan anda bersihkan bagian karet yang berwarna hitam. Yang mana posisinya tepat di tengah-tengah. Karet hitam ini memiliki fungsi untuk menampilkan perintah pada keyboard. Anda bisa membersihkannya denagn menggunakan cotton bud tau tusuk gigi yang sudah dibundel dengan tisu atau kapas. Bersihkanlah secara hati-hati,supaya karet pengontrolnya tidak mengalami kerusakan. Jika tombolnya sudah bersih, maka silahkan anda terapkan kembali tombol keyboardnya, kemudian tekanlah sampai berbunyi “klik” dan hidupkan kembali laptopnya.

  • Coba Gunakan Antivirus

Cara mengatasi laptop yang delete sendiri dengan menggunakan antivirus, karena mungkin saja laptop anda terserang virus. Setelah Anda memastikan kalau laptop benar-benar terkena virus, maka gunakanlah anti virus untuk segera menghapusnya.

  • Coba Restart Laptop

Cara mengatasi laptop yang delete sendiri dengan merestart laptop. Yang mana fungsi restart pada laptop ini, guna untuk mengembalikan fungsi-fungsi perangkat keras seperti semula. Maka dari itu, jika permasalahan keyboard masih terjadi, cara yang cukup ampuh untuk mengatasinya adalah melakukan restart pada laptop. Setelah melakukan restart, silakan anda lihat kembali apakah fungsi delete masih terjadi atau kah sudah tidak lagi.

  • Coba Lakukan Restore Windows

Cara mengatasi laptop yang delete sendiri dengan melakukan restore windows. Yang mana fungsi dari restore windows ini hampir mirip dengan restart namun lebih spesifik ke bagian sistem. Maka untuk tahapan melakukaknnya, berikut caranya :

  1. Silahkan anda masuk ke Control panel dengan mengklik Start lalu carilah kata “Control Panel”
  2. Setelah itu silahkan anda cari kalimat “System and Security”. Lalu, pilihlah “Backup and Restore”
  3. Kemudian nanti anda akan masuk ke dalam halaman “Backup and Restore”. Dan di sana anda tinggal klik saja “Recover system Settings or your computer”
  4. Lalu, coba anda lihat halaman “Confirm Your Restore Point”. Pada bagian tersebut silahkan anda klik saja “Finish”
  5. Yang mana nantinya laptop akan melalukan restart secara otomatis, tunggulah sampai proses restart selesai.
  • Coba Perbaiki Driver Keyboard

Cara mengatasi laptop yang delete sendiri dengan memperbaiki driver keyboard, dengan melakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Silahkan anda masuk ke bagian Control Panel seperti poin sebelumnya
  2. Setelah itu, anda carilah “System and Security” tapi kali ini carilah “Device Manager”
  3. Kemudian pada bagian “Device Manager”, anda akan melihat banyak driver pada hampir semua perangkat di dalam laptop. Maka carilah driver “Keyboard”
  4. Setelah anda menemukannya, anda akan menemukan banyak driver keyboard yang terinstal di dalam laptop
  5. Coba perhatikan pada setiap driver apakah ada tanda peringatan yang berwarna kuning atau tidak
  6. Kalau ada peringatan seperti tanda seru dan berwarna kuning, maka anda harus melakukan update pada driver keyboard tersebut
  7. Dan untuk cara melakukan update adalah dengan mencarinya di internet mengenai seri keyboard yang terdapat peringatan tersebut
  8. Setelah anda berhasil menemukannya di internet, maka anda tinggal instal layaknya menginstal aplikasi maupun software.

Jika ternyata beberapa cara di atas tidak juga berhasil mengatasinya, maka jalan terakhir adalah dengan membawanya ke tempat servis terpercaya. Itulah tadi sedikit penjelasan dari akusatu.com tentang cara mengatasi laptop yang delete sendiri, semoga membantu ya! Sekian dan terimakasih.