Mengatasi Kecerahan Layar Laptop Tidak Bisa Diatur
Mengatasi Kecerahan Layar Laptop Tidak Bisa Diatur

Mengatasi Kecerahan Layar Laptop Tidak Bisa Diatur

Mengatasi kecerahan layar laptop tidak bisa diatur – akusatu.com akan menjelaskan tentang mengatasi kecerahan layar laptop tidak bisa diatur. Tapi sebelum kami menjelaskan tentang mengatasi kecerahan layar laptop tidak bisa diatur,  kami akan jelaskan terlebih dahulu penyebab kecerahan layar laptop tidak bisa diatur. Adapun penyebab kecerahan layar laptop tidak bisa diatur ialah, karena Driver VGA belum terinstal, terjadi bug pada driver, terjadi bug pada sistem, ataupuun karena terkena virus. Maka untuk mengatasi kecerahan layar laptop tidak bisa diatur ini, anda tinggal ikuti langkah-langkah berikut ini :

Mengatasi Kecerahan Layar Laptop Tidak Bisa Biatur

Mengatasi kecerahan layar laptop tidak bisa diatur di windows 7 ini, sama sekali tidak sulit untuk dilakukan. Jadi anda tidak perlu bingung, karena anda tinggal mengikuti langkah-langkah untuk mengatasi kecerahan layar laptop tidak bisa diatur di windows 7 berikut ini :

  • Mengatasi Kecerahan Layar Laptop Tidak Bisa Diatur Di Windows 7 Dengan Menginstall Driver VGA

Mengatasi Kecerahan Layar Laptop Tidak Bisa Diatur

Mengatasi kecerahan layar laptop tidak bisa diatur di windows 7, adalah dengan menginstal driver VGA terlebih dahulu. Yang mana pada umumnya ada 3 jenis VGA, yaitu AMD, Intel, dan juga  NVIDIA. Untuk cara kerjanya :

  1. Silahkan anda cari DVD driver bawaan laptop anda
  2. Kemudian masukkanlah ke dalam DVD drive
  3. Selanjutnya anda cari folder yang bernama Graphics, VGA, Intel, AMD, atau NVIDIA
  4. Silahkan anda cari dan buka aplikasi installer-nya
  5. Setelah itu, anda cukup klik Next terus saja sambil mengikuti petunjuk yang diberikan.
  • Mengatasi Kecerahan Layar Laptop Tidak Bisa Diatur Di Windows 7 Dengan Menginstall Ulang Driver

Mengatasi kecerahan layar laptop tidak bisa diatur di windows 7, adalah dengan menginstal ulang driver anda, karena mungkin drivernya error atau mengalami bug. Nah untuk caranya, kurang lebih hampir sama seperti sebelumnya (Menggunakan DVD bawaan). Dengan catatan, jika setelah anda melakukan install driverbrightness masih belum bisa berjalan juga, maka anda bisa coba download driver baru dari situs resmi VGA.

Catatan:

  1. Jangan lupa untuk menghapus driver lama, dan anda bisa gunakan software penghapus driver seperti DDU, sebelum menginstal driver baru lagi.
  2. Selain itu, anda juga harus pastikan, kalau driver yang diinstal sudah sesuai dengan versi Windows di laptop anda, ya.
  • Mengatasi Kecerahan Layar Laptop Tidak Bisa Diatur Di Windows 7 Dengan Mengatur Brightness Melalui Driver

Mengatasi kecerahan layar laptop tidak bisa diatur di windows 7, adalah dengan mengatur brightness melalui driver. Nah untuk mengaturnya anda bisa menekan tombol keyboard (FN + salah satu di antara F1 sampai F12) atau bisa juga dengan melakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Silahkan anda klik kanan di desktop
  2. Kemudian klik lah Graphics Options
  3. Lalu carilah pengaturan Brightness
  4. Lalu anda tinggal atur di sana.

Untuk Graphics Options ini, bisa berbeda-beda tergantung VGA yang dipakai. Bisa dengan NVIDIA Graphics Control Panel atau AMD Radeon Settings.

  • Mengatasi Kecerahan Layar Laptop Tidak Bisa Diatur Di Windows 7 Dengan Menggunakan Basic Display Driver Dari Microsoft

Mengatasi kecerahan layar laptop tidak bisa diatur di windows 7, adalah dengan menggunakan basic display driver dari microsoft. Yang mana berfungsi untuk menampilkan layar, namun dalam fungsi yang dasar (hanya sekadarnya saja). Di sini anda bisa coba untuk melakukan refresh driver VGA menggunakan Basic Diplay Driver tersebut. Yang mana bertujuan untuk menghilangkan error yang mungkin ada. Anda bisa lakukan dengan melakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Pada kolom search Windows > anda tiggal ketik “Device Manager” > Kemudian buka
  2. Setelah itu, pilihlah opsi Display Adapter > Klik kanan pada VGA yang terdeteksi (bisa Intel / NVIDIA / AMD) > Lalu anda klik Update Driver Software
  3. Selanjutnya anda klik opsi Browse My Computer for Driver Software
  4. Kemudian pilihlah opsi Let Me Pick from a List of Device Drivers on My Computer
  5. Dan nantinya anda akan melihat dua atau lebih driver yang terbaca. Maka pilihlah Microsoft Basic Display Adapter, dan klik Next jika sudah
  6. Silahkan anda tunggu beberapa saat. Setelah itu layar akan berkedip hitam selama beberapa detik (ini normal, jadi tidak perlu panik)
  7. Kemudian anda tinggal ulangi langkah-langkah tadi, dari nomor 1 sampai 5. Tapi pada langkah 5 ini, silahkan anda pilih driver yang bukan Basic Display, melainkan driver utama.
  8. Dan tunggulah beberapa saat, sampai layar selesai berkedip hitam lagi
  9. Jika sudah, silakan anda restart  laptop anda

Untuk melakukan langkah-langkah di atas, anda harus pastikan driver VGA sudah terinstal dengan benar ya! agar bisa terdeteksi.

  • Coba Roll Back Driver VGA Di Device Manager

1. Silahkan anda buka Device Manager

2. Kemudian klik Display Adapter

3. Lalu anda klik kanan pada driver VGA yang tersedia di sana

4. Setelah itu anda klik Properties

5. Dan kliklah tab Driver

6. Kemudian anda klik Roll Back Driver

7. Selanjutnya anda tinggal menunggu sampai prosesnya selesai, kemudian tinggal anda restart laptopnya.

  • Coba Nyalakan Ulang Driver VGA Di Device Manager

Coba nyalakan ualng driver VGA di device manager, dengan melakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Silahkan anda buka Device Manager seperti biasa
  2. Kemudian kliklah Display Adapter > Klik kanan pada driver VGA (Intel, NVIDIA, AMD) > Klik Disable
  3. Tunggulah beberapa saat, hingga monitor selesai berkedip hitam
  4. Lalu anda tinggal klik kanan lagi pada driver VGA > Kemudian klik Enable.

Kalau sudah, silakan anda coba atur lagi brightness-nya, dan jika belum bisa, coba anda restart dulu.

  • Coba Update Versi Windows

Mengatasi kecerahan layar laptop tidak bisa diatur di windows 7, adalah dengan mengupdate versi windows anda, karena beberapa windows bisa saja mengandung bug di dalamnya, seperti membuat WiFi jadi tidak berfungsi, Driver printer nggak jalan, dan juga game jadi patah-patah, atau masalah brightness yang tidak bisa diatur seperti yang sedang kita bahas di sini. Maka untuk mengatasinya bisa dengan melakukan update:

  1. Silahkan anda buka Control Panel
  2. Kemudian masuklah ke menu Windows and Updates
  3. Dan lakukanlah update Windows di sana
  4. Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan rollback:
  5. Silahkan anda cek di Control Panel
  6. Kemudian masuklah ke menu Uninstall Program
  7. Lalu, tinggal anda  hapus update yang terdapat di sana.
  • Ubah Pengaturan Enable Generic PnP Monitor

Mengatasi kecerahan layar laptop tidak bisa diatur di windows 7, adalah dengan mengubah pengaturan enable generic pnp monitor. Masalah ini tidak selalu berasal dari driver VGA-nya, karena monitor juga dapat berpengaruh terhadap pengaturan brightness. Lebih jelasnya, monitor yang dimaksud adalah Generic PnP Monitor. Yang mana ini merupakan driver otomatis yang terinstal agar Windows bisa mengenali monitornya. Maka untuk mengatasinya, silahkan anda ikui langkah berikut:

  1. Silakan anda buka Device Manager
  2. Kemudian bukalah menu Monitor
  3. Lalu klik kanan pada Generic PnP Monitor
  4. Setelah itu anda klik Enable.
  • Atur Registry Pada Sistem Windows

Atur registry pada sistem windows, yang mana registry merupakan kumpulan catatan yang tersimpan pada Windows. Yang berfungsinya untuk menyimpan konfigurasi tertentu, baik dari aplikasi maupun dari sistemnya. Untuk mengatur brightness atau kecerahan layar yang sedang error, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Silahkan anda tekan tombol Windows + R > Ketik “Regedit” > Kemudian klik OK
  2. Setelah itu bukalah HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > ControlSet001 > Control > Class > {4d36e968-e325-11ce-bfc1-08002be10318} > 0000
  3. Kemudian dimenu bagian kanan silahkan anda cari registry dengan nama KMD_EnableBrightnessInterface2, kalu klik 2 kali
  4. Lalu ubahlah nilainya menjadi 0
  5. Setelah itu untuk setting base, aturlah ke Hexadecimal

Coba anda cek juga, mungkin saja di menu Regeditnya akan ada KMD_EnableBrightnessInterface lebih dari satu. Jika benar, silahkan anda atur semua nilainya menjadi 0.Untuk pengguna Intel HD, bisa coba pengaturan berikut:

  1. Silahkan anda buka Regedit
  2. Kemudian HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > ControlSet001 > Control > Class > {4d36e968-e325-11ce-bfc1-08002be10318} > 0000
  3. Lalu pada menu bagian kanan, cari registry FeatureTestControl. Klik 2x registry tersebut
  4. Setelah itu ubah value-nya, dari f000 menjadi f008
  5. Setelah itu, coba anda restart terlebih dahulu, lalu atur lagi brightness-nya.
  • Coba Atur Pengaturan Baterai Ke Balanced Atau High Performance

Coba atur pengaturan baterai ke balanced atau high performance, Karena pengaturan baterai yang diatur ke Power Saver, terkadang dapat membuat brightness berubah menjadi adaptive. Yang mana ia akan menyesuaikan kecerahan secara otomatis, jadi tidak bisa anda atur secara manual lagi. Oleh sebab itu, anda harus mengganti pengaturannya ke Balanced atau High Performance terlebih d.ahulu.

  1. Silahkan anda masuk ke Control Panel > Hardware And Sounds > Power Options >Klik Show Additional Plans >lalu ganti ke Balanced
  2. Atau bisa juga dengan mengaturnya secara manual dengan menekan Change Plan Settings.