Tips Mengatasi Kipas Laptop Mati
Tips Mengatasi Kipas Laptop Mati

Tips Mengatasi Kipas Laptop Mati

Tips mengatasi kipas laptop mati – Di artikel akusatu.com kali ini, kami akan coba tuk menjelaskan tentang, tips mengatasi kipas laptop mati. Sebelum kami menjelaskna tentang tips mengatasinya, kami akan jelaskan terlebih dahulu tentang penyebab kipas laptop mati. Penyebab kipas laptop mati ialah karena, kipas laptop kotor atau berdebu, arus listrik pada laptop tidak stabil, memakai laptop dengan posisi yang salah, dan rusak akibat faktor usia. Maka untuk mengatasinya anda bisa ikuti tips berikut ini.

Tips Mengatasi Kipas Laptop Mati

  • Tips Mengatasi Kipas Laptop Mati Dengan Menaikkan Kecepatan Kipas

Coba naikkan kecepatan kipas, karena bisa saja kipas sebenarnya masih jalan, hcuma putaran (RPM) kipasnya sudah lemah. Maka anda bisa mengatur kipas tersebut, dengan dinaikkan speed-nya supaya dapat berfungsi lagi secara optimal, dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Silahkan anda download aplikasi speedfan terebih dahulu
  2. Kemudian itu, install aplikasi speedfan di laptop yang kipasnya sedang bermasalah
  3. Setelah itu silahkan anda buka aplikasi speedfan dan pilih menu configure pada tab readings
  4. Kemudian kotak dialog configure akan muncul, dan silahkan anda klik tab options
  5. Selanjutnya anda centang opsi set fans to 100% on program exit
  6. Jika anda sudah mengaturnya, silahkan tekan tombol ok.

Biasanya setelah menaikkan kecepatan kipas, maka akan muncul suara yang sedikit lebih bising dibandingkan sebelumnya.

  • Tips Mengatasi Kipas Laptop Mati Dengan Membersihkan Kipas

Coba cek dan bersihkan kipas laptop anda, karena mungkin saja kipas laptop anda tersumbat debu sehingga mengakibatkan kipas laptop anda tidak mau berputar. Untuk itu, sebaiknya anda cek terlebih dahulu kipas laptop anda, jika ternyata benar ada debunya, maka bersihkanlah kipas tersebut. Dan jika setelah anda bersihkan kipas laptopnya, tapi kipas laptop tetap mati, maka sudah pasti kalau kipas laptop tersebut sudah rusak.

  • Coba Ganti Kipas Laptop

Coba ganti kipas laptop anda dengan yang baru, dan untuk menggantinya anda perlu membawa laptop anda ke tempat service center. Tapi kalau anda bisa membongkar laptop sendiri, maka anda hanya perlu membeli komponennya.