Tips Mengatasi Layar Laptop Setengah
Tips Mengatasi Layar Laptop Setengah

Tips Mengatasi Layar Laptop Setengah

Tips mengatasi layar laptop setengah – Kali ini akusatu.com akan coba jelakan tentang tips mengatasi layar laptop setengah serta penyebabnya. Sebelum itu kami akan jelaskan terlebih dahulu tentang penyabab layar laptop setengah. Adapun penyebab layar laptop setengah ialah karena usia layar, kerusakan kabel, terkena virus, dan lain sebagainya. Maka untuk mengatasinya silahkan ada simak tips mengatasi layar laptop setengah berikut ini.

Tips Mengatasi Layar Laptop Setengah

  • Tips Mengatasi Layar Laptop Setengah Dengan Mengcek Personalize

Coba cek personalize untuk mangatur tingkat kecerahan layar pada laptop, dengan mengikuti langkah-langkahnya berikut :

  1. Silahkan anda klik kanan pada bagian desktop dan arahkan kursor pada bagian personalize
  2. Kemudian akan muncul menu personalization yang berasal dari control panel
  3. Coba arahkan kursor di bagian “Display”lalu anda klik bagian “Display” dan nantinya anda akan masuk ke menu “Display”
  4. Setelah itu lihatlah pada menu bagian kiri, dan klik “Adjust Brightness”maka anda akan melihat menu “Power Option”
  5. Di bagian bawah, ada tulisan “Screen Brightness”
  6. Kemudian silahkan anda atur kecerahan “Screen Brightness”yang mana jika anda gerakan ke kanan, cahaya pada layar akan semakin terang.
  7. Sebaliknya, jika anda gerakan ke kiri, maka cahaya layar akan semakin gelap.
  8. Jika anda sudah selesai mengaturnya, maka kliklah close untuk menutup jendela personalize.
  • Tips Mengatasi Layar Laptop Setengah Dengan Mengecek Resolusi Layar

Coba cek resolusi layar laptop anda,  karena pada dasarnya saat resolusi layar jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tenaga laptop itu sendiri, maka layar laptop tidak dapat menahan beban yang dihasilkan. Yang mana hal tersebut akan menjadikan layar laptop setengah. Maka untuk mengatasi hal tersebut, anda harus masuk kedalam windows safe mode, kemudian restartlah laptop anda dan cobalah masuk ke dalam safe mode. Setelah itu perbaikilah layar laptop anda.

  • Tips Mengatasi Layar Laptop Setengah Dengan Mengecek BIOS Laptop

Coba cek BIOS laptop karena mungkin saja ada kesalahan pada BIOS, sehingga dapat mempengaruhi kualitas layar pada laptop anda. Oleh karena itu, cobalah anda masuk ke dalam BIOS, dengan menggunakan tombol F2, dan kembalikan fungsi BIOS dalam keadaan normal atau Default.

  • Coba Gunakan Cooling Pad

Coba gunakan cooling pad, karena mungkin saja masalah ini disebabkan oleh laptop yang sering mengalami overheat (kepanasan). Yang mana salah satunya akan mempengaruhi fungsi LCD pada layar laptop, dan juga akan membuat VGA pada laptop menjadi panas. Akibatnya LCD pada bagian layar laptoppun juga ikutan rusak. Maka dari itu anda harus gunakan cooling pad untuk mengurangi hawa panas pada laptop. Yang mana fungsi cooling pad sendiri ialah sebagai kipas tambahan untuk mendinginkan laptop dan menjaga suhunya agar tidak terlalu panas.

  • Coba Bersihkan Laptop

Coba bersihkan laptop anda, karena mungkin saja banyak debu yang menempel pada komponen laptop anda. Jika anda menyimpan laptop tanpa menggunakan sarung laptop, maka akan membuat debu-debu di sekitar ruangan jadi mudah masuk. Yang mana debu-debu yang masuk ke dalam sela-sela komponen laptop akan menyebabkan layar jadi kotor serta dapat membuat komponennya jadi cepat panas.

  • Coba Uninstal Aplikasi Mencurigakan Pada Laptop

Coba uninstall aplikasi mencurigakan pada laptop anda, karena aplikasi yang tidak sesuai dengan persyaratan dan spesifikasi yang diberikan, dapat memberikan beban yang besar pada perangkat keras karena tidak sesuai. Jadi bisa mengakibatkan perangkat keras pada laptop bisa cepat rusak. Oleh karena itu, jika ada aplikasi yang sekiranya menjadi penyebab layar laptop anda bermasalah, maka cobalah masuk ke dalam safe mode lalu uninstall aplikasi tersebut. Jika sudah dihapus, coba restart kembali laptop anda seperti biasa.

  • Coba Ganti Layar Laptop

Coba ganti layar laptop anda, jika memang beberapa cara diatas tidak memberikan perubahan pada layar, maka bisa jadi layar pada laptop anda benar-benar harus diganti. Cobalah anda bawa laptop anda ke tempat servis komputer yang terpercaya untuk mengganti layarnya.