Mengatasi Scroll Touchpad Laptop Tidak Berfungsi
Mengatasi Scroll Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Mengatasi Scroll Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Mengatasi scroll touchpad laptop tidak berfungsi – akusatu.com akan coba menjelaskan tentang mengatasi scroll touchpad laptop tidak berfungsi. Yang mana touchpad scroll not working merupakan masalah yang sangat umum, yang telah diamati dengan banyak pengguna laptop. Biasanya touchpad scroll terletak di sisi sebelah kanan touchpad laptop. Dengan bantuan 1 jari, maka seseorang dapat dengan mudah untuk menggulir ke atas atau ke bawah saat menjelajahi internet, file, dokumen, dll. Namun bagai mana kalau scroll touchpad laptop tidak berfungsi, untuk mengatasinya anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

Mengatasi Scroll Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

  • Mengatasi Scroll Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Dengan Reboot/Restart Laptop

Seperti yang biasanya, kalau dengan mereboot/restart laptop maka apa pun masalahnya, dapat mengatasi masalah pada laptop. Silahkan anda matikan laptop anda, dan memulainya dalam Safe Mode. Jika scroll touchpad anda mulai berfungsi, maka itu mungkin program startup yang membuat scroll touchpad anda tidak berfungsi.

  • Mengatasi Scroll Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Dengan Mengembalikan Pembaruan Driver Touchpad

Coba anda perbaiki driver touchpad pada laptop, karena kemungkinan bahwa ada pembaruan driver baru yang tidak kompatibel atau tidak berfungsi dengan baik dengan touchpad. Maka untuk mengatasinya anda harus memutar kembali pembaruan driver touchpad, dengan malakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Silahkan anda tekan windoes+x secara bersamaan si windows 10
  2. Kemudian dari daftar menu, silahkan anda klik pada Device Manager pilihan
  3. Setelah itu, pada jendela Device Manager, carilah “Mice and other pointing devices” pilihan, kemudian klik untuk memperluasnya. dan disana, anda harus mengklik kanan pada opsi driver touchpad. Setelah itu dari menu konteks, pilih Properties pilihan
  4. Lalu pada jendela Properties, pergi ke Driver tab dan di sini, anda akan menemukan beberapa opsi dan tombol. Maka kliklah Roll Back Driver
  5. Kalau anda menemukan opsi Roll Back Driver berwarna abu-abu, itu artinya driver touchpad anda belum diperbarui. Maka anda harus membuka situs web produsen Laptop / Notepad anda, dan pilihlah model laptop anda, dan unduh versi driver touchpad yang lebih awal
  6. Setelah itu instal driver dan coba anda lihat apakah masalah sudah teratasi.
  • Coba Perbarui Driver Touchpad

Coba perbarui driver touchpad pada laptop anda, ke versi terbaru. Nah untuk proses memperbarui driver agak mirip dengan memutar kembali pembaruan. Anda tinggal mengkuti langkah-langkah di atas untuk membuka Device Manager. Kemudian saat berada di Device Manager, silahkan anda klik kanan pada opsi driver touchpad dan pilih Properties pilihan. Lalu di jendela properti, anda harus memilih Update Driver pilihan, alih-alih Roll Back Driver pilihan. Setelah anda selesai memperbarui, jangan lupa merestart laptop anda dan lihat apakah masalah telah teratasi atau belum. Jika belum juga berhasil, silahkan anda lakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Silahkan anda buka Device Manager, setelah itu bukalah driver touchpad dan klik kanan padanya. Kemudian dari menu klik kanan, dan pilih Uninstall pilihan. Setelah uninstall selesai, restart laptop anda. Disarankan untuk menghubungkan mouse sebelum, anda melepas pemasangan driver touchpad. Jika anda tidak memiliki akses ke mouse, maka disarankan anda harus melakukan langkah kedua terlebih dahulu.
  2. Silahkan anda buka situs web produsen laptop anda, pilihlah nomor model anda, dan coba download the latest touchpad driver from there in compatibility mode.
  3. Setelah itu anda klik kanan pada file driver yang diunduh, dan klik Properties.
  4. Lalu bukalah tab Kompatibilitas di jendela Properties, dan anda harus memilih “Run this program in Compatibility mode”, kemudian dari dropdown, pilihlah OS anda saat ini, yaitu Windows 10.
  5. Kemudian instal driver dan restart laptop anda.
  • Coba Aktifkan Pengguliran Virtual

Coba aktivkan pengguliran virtual, dari panel Kontroldengan mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Silahkan anda buka Start menu dan ketiklah “Mengatasi Scroll Touchpad Laptop Tidak Berfungsi“. Klik dan buka Panel Kontrol.
  2. Kemudian di Panel Kontrol, anda harus memilih Mouse pilihan. Kemudian kalau anda tidak dapat menemukan Mouse, itu berarti opsi muncul sebagai kategori. Maka silahkan klik pada Hardware pilihan untuk menemukan Mouse pilihan.
  3. Setelah itu di jendela Mouse, solahkan anda buka Pointing Device Properties tab, dan di sini, anda tinggal klik pada “Device Settings” pilihan.
  4. Yang mana dari jendela ini, pilihlah “Virtual Scrolling” dan “Long Distance Scrolling” pilihan. Kemudian centang opsi lain yang diperlukan sesuai dengan preferensi anda.
  5. Dan sekarang, anda tinggal pilih Scrolling Region dan arahkan area di mana gulir touchpad tersedia di touchpad anda.