Cara Agar Kamera Iphone Tidak Mirror
Cara Agar Kamera Iphone Tidak Mirror

Cara Agar Kamera Iphone Tidak Mirror

Cara agar kamera iphone tidak mirror – Setting kamera iPhone tidak mirror sebenarnya dapat Anda lakukan secara mudah. Bagi Anda yang sangat suka melakukan selfie menggunakan perangkat iPhone, pastinya sering merasa kebingungan dengan hasil kamera depan perangkat ini. Karena hasil foto selfie tersebut akan nampak terbalik, bahkan hal ini seringkali membuat pengguna merasa risih, dan juga merasa aneh dengan hasil kamera depan pada iPhone.

Perlu Anda ketahui bahwa hasil kamera depan yang terbalik ini merupakan bawaan dari aplikasi kamera iPhone tersebut. Di karenakan Apple ingin memberikan hasil kamera depan kepada penggunanya, sesuai dengan penglihatan ketika orang lain melihat pengguna dari arah depannya. Akan tetapi, gagasan Apple ini justru tidak terlalu disukai oleh sebagian besar pengguna smartphone iPhone.

Bahkan kebanyakan pengguna merasa kurang nyaman dengan hasil kamera selfie pada perangkat yang sedang mereka gunakan. Hal ini di karena para pengguna sudah terbiasa dengan hasil kamera depan yang normal. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang cara agar kamera iphone tidak mirror.

Cara Agar Kamera Iphone Tidak Mirror

Bagi para penggemar fotografi, adanya kekurangan sekecil apa pun pada hasil foto, pastinya akan menjadi perhatian yang cukup besar. Seperti yang sering terjadi pada para pengguna iPhone, salah satu masalah yang sering pengguna iPhone keluhkan ialah mengenai hasil kamera depan yang tidak sesuai dengan orientasi yang mereka inginkan.

Pada perangkat iPhone, seringkali hasil kamera depan memiliki orientasi yang terbalik atau pun biasa disebut mirror. Contoh hasil yang sering terjadi ialah membuat sisi wajah kiri berada pada sebelah kanan atau bahkan sebaliknya.

Kemudian apa yang harus pengguna iPhone lakukan jika hasil jepretan kamera depan pada iPhone tersebut tidak sesuai dengan yang inginkan? Untuk hal ini, sebenarnya Anda tidak perlu khawatir, karena berikut ini ada cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk setting kamera iPhone tidak mirror atau terbalik. Adapun cara agar kamera iphone tidak mirror ialah sebagai berikut :

  • Mengaktifkan Fitur Mirror Front Camera

Cara setting kamera iPhone agar tidak mirror yang pertama ialah dengan mengaktifkan fitur Mirror Front Camera. Cara ini hanya dapat Anda lakukan pada perangkat iPhone yang telah menjalankan sistem operasi iOS 14 saja. Jika belum, maka Anda wajib memperbaharui sistem operasi-nya terlebih dahulu bagi perangkat yang telah memperoleh dukungan sistem ini.

Kemudian setelah Anda berhasil melakukan pembaharuan, maka Anda dapat mengatur fitur baru iOS tersebut melalui “Pengaturan” atau pun “Settings”. Lalu langkah selanjutnya gulirkan layar ke bawah serta masuk ke bagian “Camera” lalu cara berikutnya cari sub-bagian Composition. Pada sub bagian ini, Anda dapat tekan Mirror Front Camera, untuk menggeser tombol pada posisi aktif.

Kemudian Anda dapat mencoba mode kamera depan iPhone yang Anda gunakan untuk melihat apakah Anda sudah berhasil melakukan setting kamera iPhone agar tidak mirror atau kah belum. Tetapi sayangnya, fitur Mirror Camera hanya tersemat secara terbatas pada handphone baru Apple saja. Yang artinya bagi Anda yang pengguna produk lawas iPhone tidak akan menemukan fitur ini pada bagian Setting meskipun telah pasang iOS 14 sekalipun.

  • Setting Kamera iPhone Agar Tidak Mirror Dengan Menggunakan Fitur Flip Foto

Untuk mengatasi agar kamera depan iPhone tidak mirror yang selanjutnya ialah, Anda dapat memanfaatkan fitur Flip Foto. Agar dapat membalik foto secara manual, maka Anda hanya perlu membuka foto selfie yang telah berhasil Anda abadikan menggunakan aplikasi Photos.

Kemudian selanjutnya Anda ketuk tombol “Edit” serta pilih “Crop”. Lalu langkah berikutnya, Anda dapat memilih opsi Flip yang akan muncul pada bagian pojok kanan atas halaman Editor Photos. Selanjutnya silahkan Anda ketuk tombol Done pada saat foto selfie yang telah berhasil Anda bidik. Cara ini bisa Anda gunakan pada perangkat iPhone yang tidak memiliki dukungan Mirror Front Camera atau pada produk iPhone model lama.

  • Edit Aplikasi dengan Adobe Photoshop Express

Cara setting kamera iPhone agar tidak mirror selanjutnya ialah dengan memanfaatkan aplikasi Adobe Photoshop Express, antara lain:

  1. Silahkan Anda install terlebih dahulu aplikasi Adobe Photoshop Express ini melalui App Store
  2. Setelah berhasil terinstal, bukalah aplikasi tersebut kemudian berikan izin pada aplikasi untuk mengakses kamera Anda.
  3. Selanjutnya sentuh open dari camera roll, untuk mengirim foto yang akan Anda edit
  4. Kemudian ketuk ikon foto tercrop pada bagian bawah. Lalu nantinya akan muncul beberapa opsi editing
  5. Berikutnya opsi flip atau pun tanda panah vertical /horizontal, digunakan untuk membalikkan foto.