Cara Mengaktifkan NFC Di Iphone
Cara Mengaktifkan NFC Di Iphone

Cara Mengaktifkan NFC Di Perangkat Iphone

Cara mengaktifkan nfc di perangkat iphone – Tahukah Anda bahwa sebenarnya iPhone telah dilengkapi dengan chip NFC yang memungkinkan aplikasi iOS kompatibel dengan data membaca suatu objek. Yang mana NFC memiliki berbagai manfaat, mulai dari pembayaran hingga koneksi nirkabel dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang cara mengaktifkan nfc di iphone.

NFC (Near Field Communication) ini dapat memungkinkan iPhone Anda berinteraksi dengan perangkat terdekat untuk bertukar data. Yang mana perangkat yang didukung dapat menggunakannya untuk membaca informasi dari tag elektronik. Dengan menggunakan NFC ini, Anda dapat berbelanja, mengaktifkan kunci, membuka pintu, dan juga berinteraksi secara visual dengan perangkat yang telah mendukung NFC.

Cara Mengaktifkan NFC Di Perangkat iPhone

Anda dapat mengaktifkan fitur ini, hanya dengan mengetuk tombol NFC di control center dan juga menahan iPhone Anda di dekat tag NFC untuk memicu tindakan.

  • Pertama-tama silahkan Anda buka aplikasi Settings di iPhone Anda
  • Kemudian Anda pilih opsi “Control Center
  • Setelah itu scroll ke bawah dan ketuk tombol plus hijau di sebelah kiri “NFC Tag Reader
  • Untuk menggunakan NFC di iPhone XS, XR, 11, SE 2020, 12, ataupun 13 pegang iPhone Anda di dekat stiker NFC lainnya (kartu, objek, dll.). Anda tidak perlu melakukan kontak fisik atau pun mengetuk stiker NFC. Anda cukup dekatkan iPhone XS Anda atau yang lebih baru. Untuk menggunakan NFC di iPhone X, 8, dan juga 7, silahkan Anda ketuk ikon NFC Tag Reader dari Control Center iOS 14 atau lebih, kemudian setelah itu dekatkan iPhone Anda dengan stiker NFC lainnya (seperti kartu, objek, dll.)
  • Untuk menggunakan NFC di iPhone 6S dan juga seri 6, satu-satunya pilihan ialah dengan mendaftar ke Apple Pay, jika memang  Anda berada di salah satu negara yang menyediakannya.

Cara Menggunakan NFC di Perangkat iOS 15

Silahkan Anda buka Control Center iPhone, kemudian ketuk NFC Tag Reader untuk mengaksesnya. Setelah itu pegang iPhone Anda di dekat tag NFC yang valid untuk scanning.

App Clips merpakan fitur penting iPhone lainnya yang berfungsi untuk meningkatkan fungsionalitas NFC Tag Reader, yang memungkinkan Anda untuk menggunakan layanan produk tanpa mendownload aplikasi.

App Clips ini berfungsi dengan layanan Apple Pay, yang artinya Anda dapat mengakses tag NFC dan melakukan pembayaran tanpa memberikan detail kartu kredit. Sedangkan untuk iOS 15, ia dianggap sebagai terobosan baru dalam hal fungsionalitas NFC di iPhone. Dengan bantuan App Clips, lebih mudah untuk melakukan transaksi Apple Pay dan juga membayar makanan ataupun minuman.

Letak Sensor NFC

Untuk iPhone yang model lama, sensor NFC umumnya berada di bagian belakang ponsel tersebut, baik di bagian tengah, bawah, atau pun atas. Mungkin Anda perlu sedikit bereksperimen untuk melihat sudut mana yang paling cocok untuk ponsel Anda tersebut. Jika Anda menggunakan Apple Pay, maka sudut yang sama dengan yang Anda gunakan untuk membayar, akan berfungsi untuk Hotspot NFC.

Berikut Seri iPhone yang sudah Support NFC :

  • iPhone 7 dan juga iPhone 7 Plus
  • iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan juga iPhone X
  • iPhone XR
  • iPhone XS dan juga iPhone XS Max
  • iPhone 11, iPhone 11 Pro dan juga iPhone 11 Pro Max
  • iPhone SE (yang model 2020)
  • iPhone 12, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, dan juga iPhone 12 Mini
  • iPhone 13, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max, dan juga iPhone 13 Mini