Cara Aktifkan Assistive Touch Iphone
Cara Aktifkan Assistive Touch Iphone

Cara Aktifkan Assistive Touch Iphone

Cara aktifkan assistive touch iphone – Banyak pengguna iPhone baru yang masih belum bisa mengoperasikan perangkatnya dengan lancar, bahkan ada juga yang tidak mengerti tentang bagaimana cara mengaktifkan Assistive Touch di iPhone. Yang mana untuk mempermudah dan membuat pengguna iPhone, Apple telah memberikan fitur keren pada perangkat iPhone, fitur tersebut ialah AssistiveTouch.

Dengan adanya fitur assistive touch pada iPhone, ternyata memang benar-benar bisa memberikan efek kemudahan yang luar biasa bagi penggunanya. Karena pengguna dapat mengubah pengaturan iPhone tanpa perlu repot-repot lagi menekan tombol fisik. Sebagai contoh, ketika Anda ingin melakukan restart pada iPhone, maka itu bisa Anda lakukan melalui assistive touch.

Pengertian Tentang Assistive Touch

Assitive Touch merupakan sebuah fitur navigasi pintas berupa tombol pada layar, yang mana didalamnya terdapat menu menuju pengaturan tertentu. Jika Anda mengalami masalah pada tombol fisik ( untuk iPhone seri 8 ke bawah), maka mengaktifkan Assistive Touch adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Yang mana tombol assitive touch ini bebas digeser dan juga diletakan di posisi layar sebelah mana saja. Hanya saja tombol assitive touch ini akan hilang, ketika Anda melakukan screenshot, (hilang disini maksudnya tidak terekam dalam gambar).

Fungsi Assistive Touch Pada Iphone

Fungsi assistive touch ialah untuk mempermudah Anda di dalam menggunakan perangkat iPhone, misalnya saja seperti memunculkan tombol home di iPhone. Anda bisa dengan cepat mengatur pengaturan iPhone Anda.

Selain pengaturan ada juga aksesoris fitur yang dapat Anda tambahkan di menu Assistive Touch, seperti Home Screen, Lock screen, Screenshot, Gestures, Mute dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan menggunakan fitur assitive touch, juga dapat meminimalisir kerusakan pada perangkat iPhone Anda.

Cara Aktifkan Assistive Touch Iphone

Berikut ini penjelasan tentang cara mengaktifkan assistive touch di iPhone 7 plus :

  1. Pertama silahkan Anda buka ikon Setting.
  2. Kemudian gulir ke bawah hingga menemukan menu Accessibility.
  3. Selanjutnya Anda tinggal pilih opsi Touch.
  4. Nah sebelumnya fitur AssistiveTouch masih off, maka silahkan Anda geser slider untuk mengaktifkan AssistiveTouch. Setelah diaktifkan makan tombol assistive touch pun akan muncul.
  • Mengaktifkan Assistive Touch Melalui Asisten Virtual Siri

Selain mengaktifkan melalui Pengaturan, Anda juga bisa menggunakan cara lain, yaitu dengan menggunakan Asisten Virtual Siri. Adapun caranya silahkan langsung Anda buka saja fitur Siri, kemudian ucapkan “Turn On AssistiveTouch” dengan jelas. Ketika Accessiblity Shortcut akitif, maka Anda bisa memilih mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tersebut dengan cara menekan tombol fisik samping sebanyak 3 kali. Cara ini cuma bisa dilakukan di perangkat iPhone X atau versi iPhone yang lebih baru saja.

  • Cara Mengubah Menu Assistive Touch iPhone

Setelah berhasil mengaktifkan Assistive Touche, Anda juga bisa merubah dan memilih fitur atau pun pengaturan apa saja yang ingin Anda tampilkan pada tombol Assistive Touche ini. Adapun cara merubah menu Assistive Touch ialah sebagai berikut:

  1. Silahkan Anda buka Setting iPhone > Accessibility > Touch.
  2. Kemudian coba Anda ketuk pada bagian aktifkan AssistiveTouch.
  3. Setelah itu silahkan Anda ketuk lagi pada bagian Customize Top Level Menu.
  4. Nah pada bagian ini Anda dapat menambahkan dan mengahpus ikon menu. Silahkan Anda ketuk – untuk menghapus dan ketuk + untuk menambah.
  5. Ketika Anda mengetuk tombol + maka akan ada slot menu baru, lalu ketuk slot tersebut maka nantinya akan muncul daftar menu fitur atau pun pengaturan yang bisa Anda tambahkan.
  6. Jika Anda ingin mengembalikan pengaturan Assistive Touche seperti semula, maka silahkan Anda tekan tombol Reset.
  • Mengatasi Assistive Touch iPhone Tidak Berfungsi / Tiba-Tiba Hilang

Entah kenapa ada beberapa pengguna perangkat iPhone yang mengalamai masalah assistive touch iphone error tidak berfungsi, bahkan ada juga yang assistive touchnya tiba-tiba hilang.

Jika terjadi error atau pun tidak berfungsi mungkin Anda bisa membersihkan layar iPhone Anda tersebut, bisa jadi error tersebut di karenakan layar iPhone Anda kotor. Jadi coba terlebih dahulu bersihkan dengan kain bersih dan lembut. Sedangkan untuk mengatasi Assistive Touch iPhone yang tiba-tiba hilang, Anda cukup lakukan restart perangkat iPhone. Dengan melakukan restart, maka semua program baik yang berjalan lancar atau pun yang error maka akan dimulai ulang.