Cara Cek NFC Di Iphone
Cara Cek NFC Di Iphone

Cara Cek NFC Di Iphone

Cara cek NFC di iphone – iPhone yang ada NFC akan memberikan banyak manfaat kepada Anda yang sering melakukan transaksi online. NFC (Near Field Communication) merupakan salah satu fitur yang terdapat di sebuah perangkat iPhone. Yang mana fitur ini dapat digunakan untuk melakukan transaksi secara digital dengan metode nirkontak. Adapun konsepnya sama seperti Samsung Pay dan juga Apple Pay. iPhone yang ada NFC-nya tentu akan sangat mempermudah Anda dalam melakukan transaksi di era digital seperti sekarang ini. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang cara cek NFC di iphone.

Cara Cek NFC Di Iphone

Agar bisa menggunakan NFC, penting sekali bagi Anda untuk melakukan aktivasi serta memahami langkah-langkah yang dibutuhkan. Penggunaan NFC ini sebenarnya terbilang sangat mudah dan memang menawarkan kepraktisan saat sedang bertransaksi. Berikut ini merupakan beberapa cara penggunaan NFC pada perangkat iPhone agar bisa dilakukan cek maupun pengisian saldo:

  • Cara Cek Ketersediaan Fitur

Langkah pertama yang perlu dilakukan ialah, Anda harus cek ketersediaan fitur NFC terlebih dahulu. Karena tidak semua tipe iPhone memiliki NFC, ada sebagian perangkat iPhone yang sudah dilengkapi NFC dan salah satunya ialah iPhone SE 2020. Maka sebaiknya Anda cek terlebih dahulu perangkat iPhone Anda, apakah memang menyediakan fitur NFC atau kah belum. Jika memang belum maka Anda tidak akan bisa menggunakan fasilitas tersebut.

Jika tujuan awal Anda membeli iPhone adalah agar Anda bisa menikmati fitur NFC maka sebaiknya pilihlah tipe yang tepat. Temukan tipe iPhone yang memang telah dilengkapi NFC. Karena ini jauh lebih efektif daripada harus membeli iPhone terlebih dahulu baru kemudian mencari apakah fitur NFC tersedia di dalamnya atau kah tidak.

  • Aktifkan NFC

Maka selanjutnya Anda sudah bisa langsung melakukan konfigurasi. Perlu Anda pahami terlebih dahulu bahwa chip NFC pada iPhone hanya akan aktif jika digunakan. NFC iPhone terletak di bagian belakang bodi atau di bagian kamera belakang. Sementara itu, tidak ada opsi yang disebut dengan NFC, pada sistem perangkat iPhone seperti yang Anda temui pada Android.

Sebagai pengguna Anda bisa memakai NFC ini untuk pembayaran, jika sudah mengatur paling tidak satu kartu kredit atau pun debit yang valid. Yang mana kartu kredit dan debit ini nantinya akan terhubung dengan dompet dari iOS. Nantinya secara otomatis sistem pembayaran tersebut akan langsung ditambahkan ke Apple Pay. Setelah itu Anda tinggal coba untuk mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Setelah Anda mendapatkan kartu yang kompatibel, silahkan Anda buka aplikasi Dompet.
  • Coba Anda masukkan kata sandi ID Apple, lalu kliklah opsi berikutnya dan bingkai kartu (ambil foto kartu yang akan Anda gunakan untuk pembayaran).
  • Jika tidak terdeteksi, maka coba Anda masukkan detail kartu tersebut secara manual (Yang mana, kartu yang tidak terdeteksi ini menjadi salah satu penyebab NFC iPhone tidak dapat berfungsi).
  • Setelah itu masukkan CVV atau kode keamanan 3 digit lalu ketuk konfirmasi.
  • Tunggu sistem melakukan pemeriksaan kompatibilitas kartu, lalu Anda tinggal klik opsi setuju syarat dan ketentuan.
  • Anda tinggal tunggu verifikasi yang biasanya akan dikirim melalui SMS atau email.
  • Lalu Anda lakukanlah konfirmasi, sesuai dengan petunjuk yang tertera pada perangkat iPhone Anda.
  • Jika proses konfigurasi NFC telah selesai, maka Anda bisa langsung menekan opsi aktifkan NFC tersebut.

Proses mengaktifkan NFC ini bisa saja berjalan lancar, akan tetapi juga bisa mengalami kendala. Jika Anda mengalami kendala saat melakukan konfigurasi NFC, maka Anda harus coba untuk meminta bantuan. Segera hubungi pusat bantuan, agar Anda bisa melakukan konfigurasi dengan lancar tanpa hambatan sama sekali.

  • Melakukan Top Up e-Money

Agar Anda dapat melakukan berbagai macam transaksi dengan perangkat iPhone yang ada NFC, maka Anda harus melakukan top up terlebih dahulu. Yang mana Top up ini, bisa dilakukan melalui aplikasi mobile banking yang Anda gunakan. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan Top up e-Money :

  1. Silahkan Anda buka aplikasi mobile banking yang Anda pakai.
  2. Lalu lakukan login ke akun Anda.
  3. Kemudian di halaman utama, Anda coba tekan opsi e-money atau dompet digital.
  4. Setelah itu pilih opsi isi ulang e-money.
  5. Selanjutnya isikan data sesuai dengan permintaan, yang mana biasanya akan diminta untuk memasukkan nomor tujuan dan juga jumlah saldonya.
  6. Kemudian tekan opsi Lanjut dan Konfirmasi.
  7. Lalu Anda tinggal mengikuti petunjuk top up sesuai dngan perintah yang ada di aplikasi.

Jika sudah selesai, coba Anda cek dulu apakah saldo yang diisikan sudah masuk atau kah belum. Jika e-money sudah terisi saldo maka berarti NFC sudah siap digunakan untuk berbagai jenis transaksi. Pastikan juga kalau nilai saldonya sama dengan yang sudah Anda masukkan tadi.

  • Cara Cek Saldo e-Money

  1. Silahkan Anda buka aplikasi mobile banking.
  2. Lalu lakukan login.
  3. Di halaman utama, coba Anda tekan opsi e-money atau dompet digital.
  4. Kemudian pilih menu Lihat dan Perbarui Saldo Anda.
  5. Setelah itu tempelkan kartu e-money di bagian belakang iPhone yaitu di bagian kamera belakang iPhone.
  6. Tunggu hingga proses pindai selesai.
  7. Maka nantinya saldo akan terlihat.
  8. Kemudian klik opsi Perbarui Saldo, untuk mendapatkan nilai saldo terbaru Anda.