Cara Aktifkan GPS Di Iphone
Cara Aktifkan GPS Di Iphone

Cara Aktifkan GPS Di Iphone

Cara aktifkan gps di iphone –  Tampilan Iphone memang berbeda dari Android, hal ini di karenakan iPhone menggunakan sistem operasi iOS yang sebenarnya mengutamakan kenyamanan penggunanya. Dengan adanya beberapa hal, seperti tidak adanya tombol back, tata letak yang berbeda dan juga nama option yang berbeda, menjadi perbedaan yang cukup mencolok dan juga sangat membingungkan bagi pengguna baru Iphone. Meski demikian, untuk mengaktifkan GPS pada iPhone sebenarnya tidak terlalu berbeda seperti di android. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang cara aktifkan gps di iphone.

Cara Aktifkan GPS Di Iphone

  • Masuk Ke Menu Setting

Sebagai pengguna baru Anda wajib untuk mengenali menu-menu yang terdapat pada homescreen ponsel Iphone tersebut. Karena pada dasarnya, beberapa fitur dasar ponsel tetap ada pada Iphone, dan juga tidak terlalu berbeda dengan fitur dasar yang ada di android. Iphone juga memiliki menu Setting/Pengaturan, yang berisi semua pilihan untuk mengatur sambungan, management aplikasi, tampilan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk mengaktifkan fitur GPS pada iPhone, Anda perlu masuk ke menu Setting terlebih dahulu.

  • Ketuk Pada Bagian Privacy

Setelah Anda berhasil masuk ke menu Setting, maka akan terdapat banyak pilihan yang tersedia di dalamnya. Pilihan-pilihan tersebut dikelompokkan dalam 1 bagian seperti Wi-Fi dan Personal Hotspot yang berada dalam satu bagian yang berisi pengaturan sambungan, dan juga sebagainya. Untuk mengaktifkan GPS pada iPhone, Anda hanya perlu mengetuk pada Privacy yang terletak pada 1 bagian yang sama dengan General/Pengaturan Umum dan juga Display/Tampilan.

  • Pilih Location Services

Dalam bagian Privacy ini, Anda juga akan disajikan beberapa pilihan. Anda bisa mengatur akses yang diperbolehkan atau tidak pada setiap pilihan yang tersedia. Contohnya, Anda bisa menentukan aplikasi apa saja yang memiliki akses mikrofon atau pun kamera ponsel. Ini sama halnya dengan lokasi pengguna, yang mana pengaturan lokasi dapat Anda atur sesuai dengan keinginan Anda untuk dapat diakses oleh aplikasi tertentu saja. Anda juga dapat langsung menemukan Location Services pada baris pertama bagian ini. Kemudian Anda tinggal ketuk pada tulisan “Location Services” untuk membukanya.

  • Aktifkan Tombol Location Services

Baris pertama yang akan muncul dalam bagian ini ialah tulisan “Location Services” dengan tombol aktivasi di sebelahnya. Untuk mengaktifkan GPS pada Iphone, Anda hanya perlu mengaktifkan tombol tersebut. Kemudian ketuk tombol tersebut, hingga tombol berubah warna dari abu-abu menjadi hijau. Perlu Anda ingat bahwa mengaktifkan / menonaktifkan layanan lokasi ini, juga dapat Anda lakukan kapan pun Anda mau. Akan tetapi akan berdampak pada aktivitas beberapa aplikasi. Bahkan juga ada beberapa aplikasi yang bisa langsung berhenti bekerja ketika Location Services dinon-aktifkan secara tiba-tiba.


  • Atur Aktivasi Lokasi Pada Aplikasi

Pada bagian yang sama, akan tetapi terletak di bawahnya tersedia daftar beberapa aplikasi yang memerlukan izin akses lokasi. Anda dapat mengatur izin akses lokasi dengan mengetuk aplikasi yang dipilih. Ada 3 pilihan izin akses yang disediakan untuk setiap aplikasinya.

Yang mana kata Never/Jangan Pernah, berarti aplikasi tidak akan bisa mengakses lokasi pengguna. Sedangkan untuk kata While Using the App/Saat Menggunakan App, berarti pengguna mengizinkan aplikasi, untuk dapat mengakses lokasi pengguna saat aplikasi tersebut dibuka atau pun sedang digunakan saja. Adapun pilihan ketiga, ialah Always/Selalu, yang berarti pengguna mengizinkan aplikasi mengakses lokasi pengguna kapanpun, bahkan saat aplikasi berjalan di latar belakang.

Umumnya untuk pengaturan dasar, Iphone tidak terlalu berbeda dengan kebanyakan handphone Android lain. Anda hanya perlu untuk terbiasa dengan tata letak dan option yang berbeda dari ponsel lainnya. Apa lagi, saat ini juga sudah banyak sekali handphone yang mengadaptasi tampilan Iphone. Hal ini akan sangat memungkinkan untuk lebih banyak orang menjadi familiar dengan tampilan yang berbasis iOS.