Cara Cek Baterai Iphone Original
Cara Cek Baterai Iphone Original

Cara Cek Baterai Iphone Original

Cara cek baterai iphone original – Saat membeli iPhone bekas, pastinya Anda akan kesulitan untuk mengetahui baterai iPhone sudah diganti atau belum, kecuali jika Anda membongkarnya sendiri. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang cara cek baterai iphone original.

Cara Cek Baterai Iphone Original

Untuk cara mengetahui baterai iPhone sudah diganti atau belum, kali ini telah dipermudah oleh Apple, dimana Anda tidak perlu lagi membongkar sendiri atau ke ahlinya. Yang mana dengan membongkar iPhone bekas akan beresiko, yang ada malah Anda gagal mendapatkan iPhone tersebut. Komponen baterai memang salah satu suku cadang smartphone yang paling mudah untuk berganti, yang mana ini dikarenakan lamanya pemakaian dan juga kebiasaan penggunanya.

Masa yang terbatas pada smartphone tersebut, tentunya akan menurunkan kinerja baterai yang akhirnya harus diganti. Yang mana lebih bagusnya diganti dengan suku cadang resmi dari Apple. Baterai jenis lithium ion yang digunakan oleh Apple (dan smartphone umum lainnya) ini, merupakan komponen yang sangat sensitif, sehingga perlu teknisi yang sudah berpengalaman ketika akan menggantinya. Apalagi, teknisi Apple ini juga tidak bisa sembarangan, dan mereka haruslah bersertifikasi dari pelatihan service Apple.

Kini sudah terdapat juga service center resmi di Indonesia yang telah ditunjuk oleh Apple untuk jaringannya di negara ini. Adapun beberapa kekhawatiran dari baterai yang ada saat ini dipasaran jika tidak menggunakan baterai asli dari Apple ialah sebagai berikut :

  • Desainnya yang memiliki kualitas rendah
  • Menggunakan baterai bekas
  • Baterainya cacat
  • Baterainya tidak sesuai dengan iPhone

Baterai yang tidak asli, dapat menyebabkan adanya masalah keamanan yang mengintai iPhone Anda. Sedangkan untuk baterai yang asli, telah didesain agar mudah terintegrasi dengan iOS, sehingga dapat melaporkan seperti jumlah pengisian daya dan juga mengetahui baterai health.

Maka untuk mengetahui baterai yang digunakan asli, atau yang sudah diganti adalah asli atau kah tidak, bisa Anda lihat dengan cara yang mudah. Adapun cara mengetahui baterai iPhone sudah diganti ini, berlaku untuk Anda yang mengguanakan model iPhone XR, iPhone XS, iPhone SE generasi ke-2, dan juga iPhone versi terbaru lainnya. Pastikan juga, kalau Anda telah mengupdate versi iOS-nya ke versi 15.2. Jika ternyata belum, maka disarankan untuk mengupdate terlebih dahulu agar muncul riwayatnya.

Berikut ini merupakan cara mengetahui riwayat baterai yang pernah diganti :

  1. Silahkan Anda buka Pengaturan (Settings)
  2. Kemudian pilih Umum (General)
  3. Setelah itu pilih Mengenai (About)

Maka disana Anda akan menemukan Riwayat Komponen dan Servis. Jika suku cadang asli Apple, maka nantinya akan tertulis Komponen Asli Apple. Tetapi jika baterai yang diganti ternyata bukan asli Apple, maka nantinya akan tertulis Komponen Tidak Dikenal. Dan cara ini pun, juga berlaku untuk riwayat service lain, seperti penggantian layar iPhone Anda.