Cara Cek Touchscreen Iphone
Cara Cek Touchscreen Iphone

Cara Cek Touchscreen Iphone

Cara cek touchscreen iphone – Meskipun dibanderol dengan harga yang tinggi, bukan berarti perangkat iPhone bebas masalah. Beberapa pengguna mengeluhkan gangguan pada layar iPhone, seperti touchscreen tidak responsif atau pun layarnya kurang cerah. Jika Anda termasuk pengguna iPhone, maka sangat penting untuk Anda mempelajari cara cek touchscreen iPhone. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang cara cek touchscreen iphone.

Cara Cek Touchscreen Iphone

Mempelajari tentang cara mengecek layar sentuh, juga tidak kalah penting dengan mengetahui cara aktivasi iPhone. Pasalnya dengan cara ini Anda dapat mendeteksi masalah pada iPhone sejak dini. Berikut ini ada beberapa metode yang bisa membantu Anda, dalam memeriksa kondisi touchscreen pada iPhone Anda.

  • Kode Rahasia

Cara ini merupakan langkah yang paling mudah untuk mengetahui bagaimana kondisi touchscreen iPhone Anda. Tanpa harus menginstal aplikasi pihak ketiga, yang perlu Anda lakukan ialah menekan kode *#*#2664#*#* pada menu dialer. Ketika Anda menekan kode terakhir, secara otomatis perangkat iPhone akan menampilkan pilihan untuk mengetes kualitas dan juga kondisi layar. Dengan serangkaian tes yang tersedia, Anda juga bisa memastikan seperti apa kondisi touchsreen iPhone tersebut.

  • Menggunakan True Tone

Cara cek touchscreen iPhone yang selanjutnya ialah dengan menggunakan True Tone. Bagi Anda yang mengunakan iPhone seri 8, cara ini cukup efektif untuk mengetahui adanya kerusakan pada layar iPhone Anda. Selain itu, cara ini juga bisa Anda gunakan untuk memastikan keaslian layar iPhone. Adapun cara mengecek layar melalui True Tone ialah sebagai berikut :

  1. Silahkan Anda buka menu Settings pada iPhone.
  2. Setelah itu pilih menu Display & Brightness.
  3. Kemudian scroll ke bawah untuk menemukan True Tone.

Jika fitur ini tidak berfungsi atau bahkan tidak ditemukan, maka kemungkinan layar iPhone Anda mengalami kerusakan atau tidak asli. Adapun kelemahan dari metode ini ialah True Tone hanya tersedia di iPhone seri 8 ke atas. Coba Anda cek Serial Number iPhone, untuk memastikan keaslian perangkat iPhone Anda.

  • Menggunakan Touchscreen Test

Touchscreen Test merupakan aplikasi pihak ketiga, yang bisa Anda gunakan untuk mengetes kondisi dan juga kualitas layar iPhone, terutama sensitivitas terhadap sentuhan. Aplikasi Touchscreen Test berbayar ini, bisa Anda download dan instal melalui App Store. Tidak hanya mengetes sensitivitas layar, aplikasi Touchscreen Test ini juga bisa mengetahui adanya kerusakan pada perangkat keras iPhone, terutama layar LCD. Di dalam aplikasi Touchscreen Test ini, tersedia berbagai pilihan menu untuk mengetes layar, seperti Multi Touch, Pinch, Draw Test, 3D Touch, dan masih banyak lagi. Yang lebih menariknya lagi, aplikasi Touchscreen Test ini juga dapat menampilkan informasi detail mengenai perangkat iPhone Anda, mulai dari model, versi iOS, RAM, penyimpanan, layar, kamera, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kini Anda telah mengetahui tentang cara cek touchscreen pada iPhone. Jika Anda menemukan adanya masalah pada layar iPhone, baik sensitivitas, respon, maupun tampilan warna, maka tidak ada salahnya Anda mencoba cara di atas, untuk mengidentifikasi masalah pada iPhone tersebut.