Cara Force Restart Iphone
Cara Force Restart Iphone

Cara Force Restart Iphone

Cara force restart iphone yang baik dan mudah saat tengah mengalami error atau pun yang lainnya, akan kami jelaskan di artikel berikut ini. Perangkat elektronik baik itu laptop maupun smartphone terkadang memang harus dilakukan restart, jika terjadi suatu kesalahan atau setelah melakukan install, maka sistem dapat menyesuaikan dengan perubahan yang ada. Begitu pula dengan perangkat iPhone yang berbasis sistem operasi iOS baik itu iPhone 5s, 6, 7 bahkan 8 sekali pun yang bisa dikatakan sangat optimal, juga sangat perlu melakukan restart sesekali.

Sebagai contoh, saat Anda gagal install aplikasi melalui App Store terkadang ada icon berwarna abu-abu menggangu di home screen atau pun error lainnya seperti hang tidak terduga muncul saat Anda tengah melakukan sesuatu. Maka dari itu lah dalam kondisi seperti ini, sebaiknya Anda langsung merestart iPhone Anda, agar masalah dapat segera terlesesaikan. Berikut ini penjelasan selenngkapnya tentang cara force restart iphone.

Cara Force Restart Iphone

  • Fungsi restart di iPhone bisa Anda gunakan melalui fitur AssistiveTouch.
  • Untuk mengaktifkan fitur AssistiveTouch ini, Anda tingngal jalankan aplikasi Settings kemudian pilih General.
  • Dari menu yang ada, silahkan Anda pilih Accessibility untuk memunculkan menu Assistive Touch.
  • Setelah AssistiveTouch aktif, maka nantinya akan muncul lingkaran melayang di layar iPhone Anda.
  • Silahkan Anda tekan lingkaran tersebut untuk memperlihatkan menu shortcut.
  • Kemudian pilih icon Device kemudian More yang akan memunculkan menu tambahan.
  • Dalam menu ini Anda dapat memilih Restart yang secara otomatis akan mematikan dan juga akan menghidupkan iPhone Anda.

Metode ini disebut Force restart dan sudah umum ditemukan di laptop, akan tetapi pada smartphone belum tentu semua brand menghadirkan fungsi ini. Force restart ini berguna untuk menormalisasi kembali iPhone Anda, dan juga bisa untuk menghilangkan permasalahan yang muncul setelah melakukan install aplikasi. Di iOS 11, Anda juga dapat mengaktifkan AssistiveTouch melalui menu Accessibility di Control Center, sehingga Anda tidak perlu jauh-jauh menavigasikan lewat aplikasi Settings lagi.

Cara Hard Restart iPhone

Hard restart ini, sebenarnya sedikit berbeda dengan metode sebelumnya karena iPhone akan melakukan proses reboot dalam tingkatan hardware. Cara Hard restart ini sangat berguna untuk Anda, karena Anda dapat tetap melakukan restart walaupun iPhone Anda dalam keadaan hang atau macet. Yang mana Anda cukup dengan menekan tombol Home dan Power secara bersamaan selama 5 detik, maka iPhone Anda akan reboot otomatis.

Akan tetapi metode ini sebaiknya hanya dilakukan dalam kondisi terpaksa seperti itu saja, karena cara ini langsung memutuskan arus listrik secara tibat-tiba. Jadi data-data Anda tidak tersimpan secara baik dahulu layaknya melakukan restart normal dan juga semua aplikasi Anda akan dipaksa tertutup. Meskipun begitu, belum ada laporan masalah akibat melakukan metode ini dan pihak Apple biasanya menyarankan Hard Restart sebagai cara terakhir, saat metode lainnya tidak bisa lagi untuk menyelesaikan masalah pada iPhone. Maka dari itu Anda tidak perlu takut melakukan hard restart sama sekali, selama Anda tidak terlalu sering melakukannya.