Cara Backup Iphone Di Itunes
Cara Backup Iphone Di Itunes

Cara Backup Iphone Di Itunes

Cara backup iphone di itunes – Mencadangkan data atau yang biasa disebut dengan backup, mempunyai peranan penting pada hampir semua gadget, tak terkecuali iPhone. Yang mana backup iPhone biasanya dibutuhkan saat pengguna ingin melakukan factory reset atau mengatur ulang perangkat ke setelan pabrik, atau pun saat ingin meningkatkan (update) versi sistem operasi.

Sehingga dengan melakukan pencadangan data, Anda tidak mudah kehilangan data saat sedang melakukan factory reset dan update versi sistem operasi. Adapun cara backup iPhone sendiri terbagi menjadi 2 metode, yaitu lewat iTunes dan iCloud. Dari kedua metode tersebut, data yang dibackup jenisnya sama saja, yaitu meliputi data pengaturan perangkat, aplikasi, kontak, foto, pesan, dan lain sebagainya. Kendati sama, akan tetapi keduanya memiliki proses pencadangan yang berbeda.

Backup iPhone di iTunes ini beroperasi dengan memanfaatkan memori penyimpanan desktop (komputer atau laptop), sedangkan untuk backup iPhone di iCloud, dilakukan dengan memanfaatkan server penyimpanan berbasis Cloud. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang cara backup iphone di itunes dan di iCloud.

Cara Backup Iphone Di Itunes

  • Silahkan Anda buka aplikasi iTunes di desktop Anda. Yang mana pada desktop berbasis MacOS biasanya telah terpasang iTunes secara otomatis
  • Jika Anda belum memiliki iTunes, maka silakan Anda unduh terlebih dahulu, lalu instal di desktop
  • Jika Anda telah memilikinya, maka silakan sambungkan iPhone Anda ke desktop menggunakan kabel lightning dan buka aplikasi iTunes
  • Tunggu beberapa saat hingga iPhone Anda benar-benar berhasil dideteksi iTunes
  • Saat berhasil terdeteksi, silahkan Anda klik ikon iPhone yang tertera di iTunes
  • Setelah itu klik opsi “Cadangkan Sekarang” pada kolom “Cadangan”
  • Jika proses pencadangan berhasil, maka nantinya akan muncul pesan “Cadangan Terbaru” di kolom “Cadangan”.

Cara backup iPhone di iCloud

  1. Sebelum mulai mencadangkan iPhone di maka silakan Anda buka ikon gerigi roda untuk mengakses menu “Pengaturan”
  2. Kemudian setelah itu, Anda klik banner Apple ID yang biasanya berada di bagian paling atas halaman menu “Pengaturan”
  3. Lalu Anda pilih opsi “iCloud” dan klik opsi “Cadangan iCloud”
  4. Pastikan kalau toggle “Cadangan iCloud” dalam posisi aktif, kemudian Anda tinggal klik opsi “Cadangkan Sekarang”
  5. Saat mulai proses pencadangan di iCloud, pastikan kalau iPhone Anda sudah terhubung dengan daya dan jaringan WiFi, dan tunggu beberapa saat hingga proses pencadangan selesai.

Anda dapat memulihkan cadangan data tersebut saat mengatur ulang perangkat iPhone Anda. Nantinya, Anda akan diberi pilihan memulihkan data melalui iCloud atau pun melalui iTunes. Jika Anda memilih memulihkan data lewat iCloud, maka Anda hanya cukup memasukkan Apple ID saat pengaturan ulang perangkat.  Jika Anda memilih memulihkan data lewat iTunes, maka Anda harus menghubungkan iPhone Anda kedesktop.