• Pisahkan Klip

Memecah satu klip menjadi beberapa video yang lebih pendek, dapat memungkinkan Anda untuk mengedit setiap potongan secara terpisah dan Anda akan memiliki lebih banyak fleksibilitas. Sehingga Anda dapat memasukkan efek, transisi, latar belakang, di antara potongan video tersebut. Bahkan Anda juga dapat memindahkan potongan video, dengan menyeret dan menjatuhkan, atau menghapus potongan yang tidak Anda inginkan.

Untuk membagi klip, silahkan Anda arahkan mouse Anda ke lokasi di klip, kemudian klik mouse untuk memperbaiki posisi, lalu pergi ke menu Modify – Split Clip, atau Anda juga bisa gunakan kombinasi tombol pintas Command + B, dan Anda juga dapat mengklik dan menarik mouse untuk memilih sebagian klip.

 

  • Sisipkan Transisi

Transisi dapat memungkinkan Anda untuk berpindah dari satu klip ke yang lain dengan gaya. Maka untuk menyisipkan transisi, silahkan Anda pilih titik penyisipan di antara klip, kemudian pilih salah satu transisi dan seret ke titik penyisipan. Anda juga dapat mengedit panjang transisi dengan mengklik 2x, untuk mengetik nilai yang Anda inginkan, dan klik Terapkan. Adapun untuk menghapus transisi, silahkan Anda pilih dan tekan tombol hapus.

 

  • Fade In, Fade Out, Dan Lainnya

Anda juga dapat membuat efek fade in dan fade out di awal maupun di akhir klip / proyek dengan menambahkan transisi yang sesuai. Namun cara termudah untuk melakukannya ialah melalui Pengaturan Proyek. Yang mana di tengah sisi kanan layar, di sebelah slider zoom, terdapat tombol Pengaturan (yang tidak terlihat seperti tombol). Jika Anda mengkliknya, maka Anda akan memiliki jendela Pengaturan Proyek kecil. Anda tinggal periksa Fade in from black dan Fade out to black checkbox. Ada opsi lain yang juga bisa Anda sesuaikan dari jendela ini, seperti mengubah Tema proyek dan juga menerapkan Filter.

  • Putar Dan Pangkas

Anda dapat melakukan putar dan pangkas video dengan mudah, yaitu hanya dengan memilih klip dan memilih alat Putar di atas panel pratinjau, dan Anda hanya bisa memutar klip dalam langkah 90 derajat.

  • Gambar Dalam Gambar Dan Berdampingan

Jika Anda merekam klip dalam mode potret, maka Anda dapat menempatkan dua klip yang berbeda, secara berdampingan untuk membuat suatu adegan keren, di mana dua peristiwa dapat terjadi secara bersamaan di tempat yang berbeda. Untuk membuat efek tersebut, Anda tinggal pilih klip dan seret di atas yang lain. Jika perlu, Anda juga bisa sesuaikan panjang kedua klip untuk mencocokkan dengan menyeret salah satu ujung klip. Kemudian Anda tinggal pilih efek yang ingin Anda terapkan, yang mana disetiap efek memiliki pengaturan lebih lanjut yang dapat Anda sesuaikan.

 

  • Kecepatan Video, Lambat, Beku

Silahkan Anda pilih klip – atau jika Anda ingin memilih bagian dari klip, maka Anda dapat membaginya terlebih dahulu, dan Anda tinggal pilih alat Kecepatan (ikon speedometer) di atas panel pratinjau. Setelah itu pilih efek kecepatan yang Anda inginkan. Adapun opsinya ialah Lambat, Cepat, Beku Bingkai, dan Kustom. Terdapat kotak centang yang menawarkan Anda untuk mempertahankan nada suara, namun efeknya akan lebih dramatis jika Anda klip gerakan lambat yang disertai dengan suara nada lambat dan rendah.

Adapun untuk gerakan cepat, Anda dapat memilih persentase faktor kecepatan. Yang mana jenis efek ini sangat cocok untuk memperpendek klip yang sangat panjang, atau pun untuk membuat bagian film yang kurang penting menjadi lebih dapat ditanggung. Bingkai beku yang ada, akan menahan bingkai selama beberapa saat. Ini akan sempurna jika Anda ingin audiens Anda fokus pada bagian video tersebut.

  • Keseimbangan Warna Dan Koreksi

Ada dua jenis alat yang dapat Anda gunakan untuk mengedit warna, yaitu Keseimbangan Warna dan Koreksi Warna. Yang mana Color Balance dapat membantu Anda untuk mengoreksi warna klip Anda, baik secara otomatis dengan Otomatis, Anda bisa gunakan Match Color. Untuk meniru nada klip lain, Anda bisa gunakan White Balance atau pun Skin Tone Balance, dan Anda tinggal pilih warna dari klip menggunakan penetes mata sebagai panduan. .

Adapun fungsi dari Koreksi Warna ialah dapat memungkinkan Anda menggunakan sorotan untuk membuat klip yang lebih terang atau lebih gelap, dapat menyesuaikan saturasi warna untuk membuat klip lebih atau pun kurang berwarna, dan juga dapat menyesuaikan suhu warna, untuk gambar yang lebih hangat atau pun lebih dingin.

  • Filter Video dan Audio

Klip Filter dan Efek Audio ini akan memberi Anda banyak pilihan yang dapat Anda gunakan. Contohnya saja seperti Filter Klip memiliki noir, romantis, melamun, x-ray, sci-fi, dan masih banyak lagi. Anda dapat menggunakan efek yang berbeda untuk klip yang berbeda jika memang Anda mau, namun cara terbaik untuk menggunakan alat ini adalah dengan memberikan satu adegan fokus yang berbeda. Anda juga dapat mengubah suara untuk klip menjadi suara seperti suara robot, telepon rumah, radio gelombang pendek, katedral, mengubah nada, atau pun efek lainnya.

  • Latar Belakang

Anda dapat menambahkan latar belakang ke video Anda, dengan menggunakan salah satu pilihan yang sudah tersedia di imovie ini. Yang mana terletak tepat di atas panel media. Salah satu kemungkinan penggunaan latar belakang ialah untuk menggabungkannya dengan gambar dalam alat gambar. Adapun cara kerjanya Anda tinggal klik tab latar belakang di atas panel pratinjau, pilih satu, seret ke timeline, dan letakkan di antara klip.

Setelah itu, Anda tinggal seret klip di atas latar belakang dan pilih gambar di alat gambar. Anda Anda juga dapat menyesuaikan seberapa besar klip dan di mana posisi klip.