Cara Kembali Pengaturan Pabrik Iphone
Cara Kembali Pengaturan Pabrik Iphone

Cara Kembali Pengaturan Pabrik Iphone

Cara kembali pengaturan pabrik iphone berikut ini sangat berguna bagi Anda yang ingin menjual iPhone Anda, dan tidak ingin pemilik baru melihat semua data pribadi Anda. Atau mungkin karena perangkat Anda tidak berfungsi seperti dulu. Dengan mereset iphone, maka Anda akan mengembalikannya ke pengaturan pabrik, yang berarti tidak akan memiliki password. Sehingga iPhone Anda akan terasa seperti baru lagi. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang cara kembali pengaturan pabrik iphone.

Cara Kembali Pengaturan Pabrik Iphone

  • Mereset iPhone Tanpa Komputer

  1. Dari layar Home Anda, silahkan buka aplikasi Settings.
  2. Kemudian gulir ke bawah ke General.
  3. Lalu Anda tinggal ketuk Reset.
  4. Setelah itu ketuk Erase All Content and Settings. Dengan begitu Anda akan menghapus semua data dan akan mengembalikan ponsel Anda ke keadaan semula. Jadi Anda perlu lakukan ini hanya setelah Anda mencadangkan data.
  5. Jika Anda menerima pop-up yang mengatakan kalau “Documents and Data Are Being Uploaded to iCloud,” maka silahkan Anda ketuk Finish Uploading Then Erase. Karena dengan cara ini, Anda tidak akan kehilangan informasi penting yang diunggah ke akun iCloud Anda. Setelah selesai, maka Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.
  6. Selain menghapus semua konten di iPhone, Anda juga dapat memilih opsi reset lainnya, termasuk:
    • Reset All Settings – Dengan begitu Anda akan menghapus semua data dari aplikasi Pengaturan Anda, termasuk password WiFi dan juga pengaturan manual. Adapun gambar, aplikasi, dan konten lainnya akan dipertahankan. Dan Anda harus memilih opsi ini untuk menyelesaikan berbagai macam masalah software yang berulang. Jadi, jika Anda ingin iPhone Anda berfungsi seperti biasa, akan tetapi tidak ingin mengatur ulang ke pengaturan pabrik, maka Anda harus mencoba cara ini terlebih dahulu.
    • Reset Network Settings – Opsi ini bisa Anda gunakan untuk menghapus pengaturan WiFi, Bluetooth, Virtual Private Network (VPN), dan seluler. Dengan mereset pengaturan jaringan, Anda dapat menyelesaikan berbagai macam masalah konektivitas jika Anda mengalami masalah sambungan online.
    • Reset Keyboard Dictionary – Dengan mereset keyboard dictionary, Anda akan menghapus semua saran password teks prediktif atau koreksi otomatis yang telah dipelajari ponsel iPhone Anda dari waktu ke waktu, dari kesalahan pengetikan.
    • Reset Home Screen Layout – Dengan memilih ini, maka akan mengembalikan pengaturan aplikasi di Layar Utama seperti pengaturan awal.
    • Reset Location & Privacy – Dengan memilih ini, maka Anda akan mengembalikan iPhone Anda ke pengaturan default pabrik untuk privasi dan layanan lokasi, analitik, dan pelacakan iklan.
  7. Lalu Anda tinggal ketuk Erase Now.
  8. Setelah itu masukkan passcode iPhone Anda untuk mengatur ulang.

Jika Anda tidak tahu kode sandi iPhone Anda, dan ponsel Anda tidak terkunci karena Anda mencoba terlalu banyak kata sandi, maka Anda dapat menggunakan Mac untuk mengatur ulang perangkat iPhone Anda.

  • Cara Mereset iPhone Dari Finder

Jika komputer Mac Anda menjalankan macOS Catalina atau yang lebih baru, maka Anda dapat mengatur ulang perangkat iPhone Anda dengan mengakses halaman Device Summary di Finder. Setelah Mac memuat informasi iPhone Anda, maka nantinya Anda akan melihat opsi untuk memulihkan iPhone Anda di bawah tab General. Silahkan Anda ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mereset iPhone Anda, bahkan jika Anda tidak tahu password iPhone Anda.

Tetapi perlu Anda ingat bahwa langkah-langkah berikut tidak akan berfungsi, jika Anda telah terkunci dari iPhone. Maka jika Anda terlalu sering mencoba memasukkan kata sandi, silahkan Anda lihat ke cara reset berikutnya.

  1. Silahkan Anda hubungkan iPhone Anda ke Mac.
  2. Kemudian luncurkan Finder. Yang mana ini adalah wajah setengah biru, setengah abu-abu di dok Anda.
  3. Setelah itu klik iPhone Anda di sidebar kiri. Jika Anda tidak melihat iPhone Anda di bilah sisi kiri, maka silahkan Anda klik Finder di bilah menu di bagian atas layar Anda, dan pilih preferences. Kemudian Anda tinggal klik tab Sidebar dan centang kotak di samping CDs, DVDs, and iOS Devices.
  4. Di bawah tab General, silahkan Anda klik Restore iPhone. Yang mana cara ini akan mengembalikan iPhone Anda ke pengaturan pabrik.
  5. Setelah itu matikan Find My iPhone. Jika Find My diaktifkan saat Anda memulihkan iPhone, maka Finder akan meminta Anda untuk mematikannya. Adapun cara untuk mematikannya ialah sebagai berikut :
    • Di iPhone Anda, silahkan Anda buka Settings > Apple ID.
    • Selanjutnya, Anda ketuk Find My, lalu Find My iPhone.
    • Kemudian matikan Find My iPhone, dan Anda harus memasukkan password Apple ID Anda untuk mengonfirmasi.
  6. Saat iPhone Anda restarts, maka Anda tinggal ikuti petunjuk di layar untuk mengatur iPhone Anda sebagai perangkat baru. Anda juga dapat memilih untuk memulihkan dari cadangan, selama proses penyiapan berjalan. Jika iPhone Anda terkunci karena Anda mencoba memasukkan password yang salah berulang kali, maka Anda dapat mereset iPhone dengan masuk ke Mode Recovery.