Cara Agar Memori Iphone Tidak Cepat Habis
Cara Agar Memori Iphone Tidak Cepat Habis

Cara Agar Memori Iphone Tidak Cepat Habis

Cara agar memori iphone tidak cepat habis – Perangkat iPhone yang aktif digunakan setiap hari, pastinya kapasitas memori penyimpanan akan penuh. Berbagai macam data mulai dari gambar, video, musik, ditambah aplikasi dan juga game, maka semakin lama kian menyesaki penyimpanan ponsel. Maka dari itu, Anda perlu mengikuti cara agar memori iphone tidak cepat habis berikut ini.

Cara Agar Memori Iphone Tidak Cepat Habis

  • Ubah Format Foto Dan Video

Pengguna iPhone 7 ke atas dengan sistem operasi iOS 11 atau lebih baru lagi, dapat menyimpan foto dan juga video lebih banyak menggunakan fitur “High Efficiency”. Fitur ini telah diperkenalkan pertama kali dalam ajang konferensi Apple WWDC pada Juni tahun 2018 lalu. Yang mana dengan fitur “High Efficiency” ini, iPhone Anda akan menyimpan gambar dan juga video dengan format yang berbeda. Yang pada umumnya foto dan video yang disimpan pada iPhone akan menggunakan format masing-masing JPEG dan H.264 (.mov). Akan tetapi ketika fitur “High Efficiency” diaktifkan, maka format foto yang tersimpan akan berubah menjadi HEIF (High Efficiency Image Format), sementara format video akan menjadi HEVC (High Efficiency Video Coding).

Perlu diperhatikan juga bahwa format gambar HEIF dan juga HEVC, tidak dapat dibuka di sebagian ponsel. Oleh karena itu, gambar atau video dengan format tersebut harus dikonversi terlebih dahulu, jika memang ingin dibagikan ke perangkat lain. Adapun file dengan format HEIF dan HEVC dapat dikonversi menggunakan aplikasi iMazing.

  • Hapus Foto Dan Video Pada Messages

Agar memori iphone Anda tidak cepat habis, maka sebaiknya Anda rutin menghapus foto dan juga video yang Anda kirim lewat messages. Adapun caranya cukup dengan mengakses menu Settings, kemudian pilih opsi General. Lalu gulir ke bawah hingga terdapat opsi iPhone Storage, kemudian silahkan Anda pilih opsi tersebut dan klik Review Large Attachments. Di sini, Anda bisa melihat daftar lampiran foto atau video yang tersimpan pada aplikasi Messages. Maka untuk menghapus file tersebut, Anda cukup tekan tombol Edit dan pilih file yang ingin Anda buang.

  • Hapus Pesan Secara Otomatis

Pada aplikasi Messages, Anda juga bisa mengatur agar pesan yang diterima dapat terhapus secara otomatis. Yang mana Anda cukup dengan mengakses menu Settings dan pilih aplikasi Messages. Kemudian gulir layar ke bawah hingga muncul opsi Message History, dan pilih Keep Messages. Anda juga dapat mengatur waktu kapan sistem akan menghapus pesan secara otomatis.

  • Copot (Uninstall) Aplikasi Yang Jarang Digunakan

Tak jarang ada sebuah aplikasi yang memiliki ukuran file cukup besar. Maka dari itu, lebih baik Anda menghapus aplikasi tersebut jika memang sudah tidak lagi dibutuhkan.

  • Hapus Data Cache Secara Rutin

Data cache adalah data sementara dari aplikasi yang terpasang dan tersimpan di memori iPhone Anda. Yang mana setiap aplikasi memiliki file cache masing-masing dan juga membutuhkan ruang penyimpanan. Semakin sering digunakan, maka data cache akan semakin menumpuk di iPhone Anda. Contohnya saja ketika Anda membuka aplikasi Twitter, maka secara otomatis sistem akan menyimpan gambar yang dilihat dan menyimpannya di file cache.

Dengan menyimpannya sementara ini, sistem tidak harus mengunduh foto/video yang sudah pernah Anda buka sebelumnya. Sehingga situs atau pun aplikasi bisa lebih cepat untuk ditampilkan, dan tidak akan mengonsumsi banyak kuota data. Oleh karena itu, Anda harus menghapus data cache pada tiap-tiap aplikasi secara berkala. Adapun caranya, silahkan Anda buka aplikasi yang dimaksud (misalkan Twitter), lalu pilih menu Settings and privacy.

Selanjutnya Anda tinggal pilih Data Usage dan klik Media Storage. Pada halaman tersebut, Anda bisa menghapus data cache dengan mengklik tombol Clear Media Storage. Selain Twitter, Anda juga bisa menghapus data cache pada berbagai aplikasi lain, salah satunya ialah aplikasi web browser.