Cara Daftar Imei Iphone Ke Telkomsel
Cara Daftar Imei Iphone Ke Telkomsel

Cara Daftar Imei Iphone Ke Telkomsel

Cara daftar imei iphone ke telkomsel ini sangat banyak dicari oleh para pengguna iPhone. Yang mana IMEI merupakan deret angka penting untuk menghindarkan ponsel dari pemblokiran. Menurut informasi yang telah dikutip dari laman Kementerian Perindustrian, pemerintah telah memberlakukan aturan pengendalian penggunaan barang elektronik ilegal termasuk ponsel melalui aturan IMEI per 18 April 2020 lalu.

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor identitas yang berfungsi untuk mengidentifikasi sebuah ponsel. Yang mana nomor tersebut terdiri dari 15 digit angka dan juga dapat ditemui di berbagai jenis ponsel yang telah dipasarkan, termasuk iPhone. Sehingga dengan diberlakukannya peraturan IMEI tersebut, potensi kerugian bagi negara dan juga pengguna ponsel dapat dicegah. Itulah mengapa, mendaftarkan IMEI ponsel sangat penting untuk dilakukan. Dengan begitu, ponsel Anda dapat digunakan dengan aman tanpa kendala apa pun. Berikut ini kami akan menjelaskan tentang cara daftar imei iphone ke telkomsel.

Cara Daftar Imei Iphone Ke Telkomsel

Tak sedikit pengguna ponsel berbasis iOS yang mencari tahu tentang cara daftar IMEI iPhone Telkomsel setelah ia membeli perangkat baru. Seperti yang Anda ketahui, bahwa iPhone kini menjadi salah satu ponsel yang pendistribusiannya dilakukan melalui jasa pengiriman maupun sistem hand carry selain melalui toko resmi.
Sehingga sebagian dari mereka ingin memastikan, apakah iPhone yang ia gunakan memiliki IMEI terdaftar atau kah belum. Oleh sebab itu, informasi mengenai cara daftar IMEI iPhone Telkomsel terbilang banyak dicari.
Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, sebenarnya Telkomsel memang telah menyediakan fasilitas bagi penggunanya untuk mengecek IMEI melalui kode dial di nomor *337*1#. Bahkan jauh sebelum kebijakan IMEI diberlakukan pemerintah.
Yang mana kode dial yang disediakan Telkomsel itu hanya bisa difungsikan untuk mengecek IMEI, dan bukan ditujukan untuk mendaftar. Karena menurut informasi dari sumber yang sama, IMEI secara otomatis telah terdaftar di sistem sesaat setelah SIM Card dimasukkan dan ponsel dinyalakan. Maka untuk mengecek IMEI iPhone Telkomsel, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini :
  1. Silahkan Anda buka menu panggilan di iPhone.
  2. Selanjutnya, Anda tinggal masukkan *337*1# lalu tekan panggil.
  3. Kemudian Anda pilih opsi ’Checking IMEI’.
  4. Dan tunggu hingga Anda mendapat pesan ‘Terima kasih permintaan Anda sedang diproses’.
  5. Apabila IMEI iPhone terdaftar, maka Anda akan mendapatkan SMS pemberitahuan bahwa IMEI yang digunakan sudah benar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Sementara itu, bagi Anda yang ingin mendaftarkan IMEI iPhone yang dibeli dari luar negeri, maka ada 2 metode yang dapat Anda lakukan.
  • Daftar IMEI iPhone Melalui Aplikasi Mobile Beacukai

  1. Silahkan Anda lakukan login atau registrasi dengan memasukkan beberapa data, seperti data diri, data penerbangan, dan juga produk pada formulir yang disediakan.
  2. Setelah itu, Anda tinggal masukkan identitas produk mulai dari merek hingga tipe HP.
  3. Lalu bawa iPhone Anda ke pos pemeriksaan Bea Cukai di bandara untuk mendapat persetujuan dan nomor IMEI. Jika nomor IMEI sudah didapatkan, maka Anda dapat segera memasang kartu SIM operator lokal Indonesia.
  • Daftar IMEI iPhone Melalui Laman Bea Cukai

Adapun cara daftar IMEI iPhone melalui laman Bea Cukai ialah sebagai berikut :
  1. Silahkan Anda kunjungi laman beacukai.go.id melalui peramban.
  2. Kemudian isi formulir yang tersedia secara lengkap.
  3. Dan selanjutnya Anda akan mendapat ID registrasi dan kode QR.
  4. Maka bawa ponsel yang akan didaftarkan IMEI-nya ke pos pemeriksaan Bea Cukai.
  5. Setelah disetujui, Anda akan mendapatkan nomor IMEI dan iPhone Anda pun bisa digunakan.
Perlu Anda ingat bahwa, layanan daftar IMEI selambat-lambatnya 60 hari setelah kedatangan barang.