Cara Mudah Hapus Akun Google Secara Permanen
Cara Mudah Hapus Akun Google Secara Permanen

Cara Mudah Hapus Akun Google Secara Permanen

Cara mudah menghapus akun google secara permanen – Apakah Anda ingin menghapus akun Google yang terpasang di perangkat Anda secara permanen? Tentu saja itu bisa dilakukan. Selama ini akun Google yang telah Anda daftarkan melalui Gmail, mempunyai banyak kegunaan dalam mengakses berbagai macam layanan. Contohnya saja seperti kebutuhan pekerjaan, pembelajaran sekolah, mendaftar suatu kegiatan, sampai akses aktivasi perbankan.

Terlepas dari banyaknya keperluan itu, akun Google sendiri mempunyai batas maksimal kapasitas, sehingga tidak selalu bisa digunakan untuk selamanya. Apalagi jika ruang penyimpanan akun tersebut telah penuh dan tidak di-upgrade. Maka biasanya user lebih memilih untuk mendaftar akun baru dan menghapus akun sebelumnya.

Di samping itu, alasan lain untuk menghapus akun Google biasanya karena mungin sudah tidak lagi terpakai atau pun karena khawatir ada tangan jahil yang mencoba meretasnya. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang cara mudah menghapus akun google secara permanen.

Cara Mudah Hapus Akun Google Secara Permanen

Sebelum Anda menghapus secara permanen akun Google Anda, ada baiknya Anda sudah mengamankan file-file penting ke ruang penyimpanan lain agar tidak hilang. Jika semua file penting sudah Anda pindahkan ke tempat aman, maka langkah selanjutnya Anda tinggal mulai menghapus akun Google, dengan mengikuti langkah berikut ini :

  • Cara Hapus Akun Google Secara Permanen Di Hp

  1. Silakan Anda login akun Google dari hp atau perangkat Anda
  2. Kemudian buka Pengaturan dari Hp
  3. Dan pilih opsi Users & accounts atau Accounts
  4. Setelah itu pilih opsi Google
  5. Kemudian pilihlah akun yang akan Anda hapus
  6. Jika di Hp Anda sebelumnya sudah login beberapa akun, maka pilihlah salah satu yang ingin Anda hapus
  7. Setelah itu ketuk Remove Account
  8. Lalu masukkan kode keamanan untuk verifikasi
  9. Jika ini merupakan satu-satunya akun Google di ponsel Anda, maka Anda harus memasukkan pola, PIN, atau kata sandi ponsel lainnya terlebih dahulu untuk keamanan
  10. Maka nantinya akun Google yang sudah Anda pilih akan diproses hapus.
  • Cara Hapus Akun Google Secara Permanen Di PC

  1. Silahkan Anda buka akun Google dengan login via Gmail PC
  2. Setelah itu klik panel kiri pada menu Akun
  3. Kemudian pilih Data & Personalisasi
  4. Lalu gulir ke bawah sampai menu Download, hapus atau Buat Rencana untuk Data Anda
  5. Dan pilih Hapus Layanan atau Akun Anda
  6. Kemudian pada menu Hapus Akun Google, klik Hapus Akun
  7. Sampai tahap ini akun Google di PC Anda akan diproses untuk dihapus
  8. Perlu Anda ketahui bahwa, akun Google yang sudah masuk ke permintaan untuk dihapus tidaklah instan. Anda membutuhkan waktu sekitar 2×24 jam untuk proses hapus akun.

Jadi jika proses tersebut berhasil lewat dari 2×24 jam dan tidak ada upaya permintaan pemulihan, maka berarti akun Google Anda akan hilang secara permanen dan tentunya tidak bisa dikembalikan lagi.