Kosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Hapus Aplikasi
Kosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Hapus Aplikasi

Kosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Hapus Aplikasi

Kosongkan ruang penyimpanan tanpa hapus aplikasi sangat penting untuk Anda yang memiliki penyimpanan yang tidak terlalu besar, sehingga handphone Anda mudah lemot. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa hapus aplikasi.

Kosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Hapus Aplikasi

  • Pindahkan Beberapa File Ke Memori Eksternal

Jika handphone Anda bisa menggunakan Micro SD atau terdapat slot SD card, maka Anda bisa memindahkan semua file di handphone Anda ke memori eksternal.

  1. Silahkan Anda download aplikasi Files by Google di Playstore, lalu buka aplikasi tersebut.
  2. Setelah itu plih Browse, lalu pada bagian Kategori, silahkan pilih kategori yang filenya ingin Anda pindahkan
  3. Kemudian pilih file yang ingin Anda pindahkan. Anda juga bisa memindahkan beberapa file sekaligus, hanya dengan mencentang banyak file yang ingin Anda pindahkan.
  4. Jika sudah sesuai, lihat menu titik tiga di kanan atas dan pilih Pindahkan ke atau Salin ke.
  5. Lalu pilih Kartu SD.
  • Hapus Foto, Video, Dan File Yang Sudah Tidak Digunakan Lagi

Jika Anda adalah orang yang hoby mengambil video atau gambar, sudah pasti kalau handphone ada banyak sekali video atau gambar. Maka sebaiknya Anda pilih bagian video dan foto yang bagus-bagus untuk diabadikan, dan yang kurang bagus bisa Anda hapus agar handphone Anda tetap dalam kondisi yang optimal.

  • Simpan Foto Dan Video Secara Cloud

Kini teknologi cloud sudah sangat maju dan sangat mudah untuk digunakan sehingga Anda pun bisa dengan mudah menggunakannya untuk ruang penyimpanan alternatif Anda. Adapun aplikasi penyimpanan yang bisa Anda gunakan ialah Google Drive, Google Photos, atau Dropbox.

  • Hapus Semua File Media Di Aplikasi Whatsapp Atau File Yang Didownload Dari Internet

Jika Anda sering mendownload file dari internet ataupun whatsapp, maka sadar gak sadar ini akan membuat ruang penyimpanan di handphone. Maka sebaiknya Anda menghapus semua file yang tak penting, adapun cara menonaktifkan download otomatis pada Whatsapp, Anda bisa mengatasinya melalui Setting – Penyimpanan dan data – Media auto download. Di sini Anda bisa mengubah izin auto download.

  • Menghapus Cache 

Yah, memang benar kalau data cache dapat menghemat sedikit waktu (dan data seluler) Anda, akan tetapi jika data cache ini semakin banyak bisa mengakibatkan penyimpanan Anda penuh. Maka dari itu Anda harus menghapun data cache yang sudah jarang Anda gunakan.

Adapun cara untuk menghapus data cache dari satu aplikasi ialah dengan membuka Pengaturan > Aplikasi > Manajer Aplikasi dan Anda tinggal pilih aplikasi yang ingin Anda hapus cache-nya. Di bagian menu Info aplikasi, ketuk Penyimpanan lalu Anda ketuk Hapus Cache untuk menghapus cache aplikasi tersebut.

Untuk menghapus data cache dari semua aplikasi, maka Anda bisa buka Pengaturan > Penyimpanan dan ketuk Data cache untuk menghapus semua cache aplikasi di ponsel Anda.

  • Nonaktifkan Bloatware

Pada kebanyakan smartphone terutama Android, maka sudah pasti memiliki beberapa aplikasi bawaan atau bloatware. Mungkin sebagian aplikasi ini tidak Anda gunakan, akan tetapi dalam keadaan idle aplikasi ini menghasilkan cache atau sampah di sistem penyimpanan smartphone Anda.

Akan tetapi sebenarnya semua aplikasi bawaan ini bisa saja Anda hapus, jika handphone Android Anda sudah dalam keadaan root, namun jika Anda tidak mengetahui apa itu root atau pun cara kerjanya, maka Anda dapat menonaktifkan aplikasi bawaan tanpa harus menghapusnya. Adapun cara untuk menonaktifkan aplikasi bawaan, Anda bisa ikuti langkah berikut ini :

  1. Silahkan Anda tekan lama pada ikon aplikasi bawaan yang ingin Anda nonaktifkan/.
  2. Kemudian seret ikon tersebut ke bagian atas kanan, lalu Anda tinggal pilih ‘info aplikasi’. (Sebagian merek smartphone mungkin akan berbeda)
  3. Cara ini akan membuka halaman pengaturan untuk aplikasi-aplikasi tertentu di tempat Anda dapat menonaktifkan aplikasi (terkadang Anda juga perlu menghapus pembaruan sebelum tombol nonaktifkan muncul).