Cara Mengatasi Freeze Saat Bermain Game Android
Cara Mengatasi Freeze Saat Bermain Game Android

Cara Mengatasi Freeze Saat Bermain Game Android

Cara mengatasi freeze saat bermain game android – Gaming adalah aktifitas bermain yang sering dilakukan oleh para pengguna android yang suka bermain game, terutama anak muda. Akan tetapi beberapa pengguna android sering mengeluhkan saat sedang bermain game serasa berat, patah – patah, atau bisa dikatakan freeze. Masalah seperti ini tentunya benar – benar sangat menggangu aktifitas gaming. Maka dari itu, kami akan menjelaskan tentang cara mengatasi freeze saat bermain game android berikut ini.

Cara Mengatasi Freeze Saat Bermain Game Android

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ialah memaksa aplikasi lain untuk berhenti, sedangkan opsi kedua, Anda bisa gunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengoptimalkan android Anda. Untuk metode paling akhir, Smartphone android Anda harus benar-benar dalam keadaaan Root.

  • Paksa Berhenti Game Android

Cara pertama sangatlah sederhana, dimana Anda hanya tinggal menghentikan aplikasi tertentu untuk berhenti berjalan. Cara ini cukup ampun untuk Menghemat RAM Android Anda, sehingga ruang penyimpanan yang kosong yang ada akan dialihkan ke game yang ingin Anda mainkan tersebut. Setelah itu tap “Paksa Berhenti”.

  • Bersihkan Cache Smartphone

Langkah yang kedua ialah membersihkan cache pada game yang selalu Anda mainkan. Karena cara ini akan berdampak sangat baik pada performa game saat dimainkan. Selain melalui manajemen aplikasi, menghapus cache juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi cleaner atau sejenisnya. Sebagai contohnya, Anda bisa lihat langkah – langkahnya berikut ini.

  1. Silahkan Anda buka menu “Pengaturan”
  2. Kemudian klik “Setelan Tambahan”
  3. Setelah itu klik “Manajemen Aplikasi”
  4. Lalu Cari “NAMA GAME”
  5. Dan Anda tinggal tap “Hapus Cache”.
  • Cek Kecepatan Internet

Pastikan juga kalau koneksi Internet di HP Android yang Anda miliki maksimal untuk segala aktivitas, apa lagi bermain game Online seperti PUBG atau pun Mobile Legends. Anda bisa mengetes internet dengan membuka aplikasi tertentu seperti YouTube atau pun Play Store. Anda juga bisa gunakan fitur mode pesawat terbang, untuk melakukan pencarian jaringan apabila terjadi kelambatan. Jika kuota Anda habis, maka lebih baik Anda isi ulang terlebih dahulu. Atau jika mau yang gratisan, Anda bisa cari WiFi di sekitaran tempat Anda saat ini.

  • Jangan Buka Aplikasi Lain

Saat Anda sedang bermain game, Anda jangan suka membuka Aplikasi lain, baik itu WhatsApp, Messenger, atau pun yang lainnya. Hindari multitasking yang berlebihan, jika space RAM handphone Anda sangatlah minim. Tujuannya untuk berjaga – jaga agar handphone Anda tidak freeze saa sedang bermain game.

Namun jika spesifikasi handphone Anda cukup mumpuni, maka multitasking ke aplikasi lain kami rasa tidak akan bermasalah. Jika dibandingkan dengan dulu, saat ini sudah banyak handphone hadir dengan spesifikasi yang cukup bagus dengan harga yang relatif terjangkau.

  • Hapus Aplikasi Lain Yang Sekiranya Tidak Digunakan

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah menghapus aplikasi yang sekiranya tidak Anda gunakan lagi, atau mungkin game yang sudah tidak Anda mainkan lagi. Hal ini akan menghemat penggunaan memori Internal dan RAM pada handphone Android Anda. Karena kebanyakan Game hadir dengan ukuran diatas 1 GB dan tentu ini akan menguras kebutuhan memori Anda. Selain itu, kapasitas Internal yang legal pun, akan menjadikan Anda lebih leluasa dalam menyimpan file, foto, audio, ataupun video yang sekiranya sangat dibutuhkan.

  1. Silahkan Anda buka menu Pengaturan
  2. Lalu klik Setelan Tambahan
  3. Kemudian klik Manajemen Aplikasi
  4. Lalu cari “NAMA GAME”
  5. Setelah itu Anda tinggal tap “Hapus Aplikasi”.
  • Update Game Android

Apakah Anda sudah lama tidak update game? jika ya, maka sebaiknya Anda melakukan update sekarang juga. Selain mendapatkan fitur, desain, dan juga grafis yang baru. Yang mana biasanya setiap pengembangan aplikasi, maupun game akan mendapatkan peningkatan performa dan juga stabilitas dari game itu sendiri. Sehingga hal ini akan memaksimalkan permainan Game Anda nantinya.

  1. Silahkan Anda buka Google Play Store 
  2. Lalu Anda klik Aplikasi & Game Saya
  3. Kemudian carilah “NAMA GAME”
  4. Setelah itu Anda tinggal tap “Update” dan “Terima”.
  • Boost RAM Smartphone

Apakah Anda punya aplikasi keamanan atau Pusat Keamanan? maka coba gunakan aplikasi tersebut untuk melakukan Boost pada memori dan semua game yang terinstal. Karena hal ini akan memaksimalkan setiap performa game ataupun aplikasi yang Anda gunakan. Yang mana biasanya semua file sampah, cookies, cachehistory, dan file temporary lainnya akan terhapus semuanya.

Sebagai contohnya, dibawah ini kami menggunakan Aplikasi keamanan pada perangkat Xiaomi, dan sebagai pengguna Anda bisa menyesuaikannya.

  1. Silahkan Anda buka aplikasi “Keamanan” yang ada di HP Xiaomi Anda. Yang mana aplikasi ini biasanya langsung ada pada Home Screen layar dengan icon/ logo yang berwarna hijau. Setelah dibuka, maka nantinya Anda akan melihat tampilan (Interface) dari aplikasi tersebut. Selanjutnya Anda tinggal tap “Pembersih”…
  2. Nantinya aplikasi akan melakukan scanning pada semua file temporary. Jika scanning selesai, maka Anda bisa tap “Bersihkan” untuk membersihkan file cache dan juga file temporaty lainnya.
  3. Seperti itulah metode singkat dan cepat dalam membersihkan file Cache di handphone Xiaomi dengan menggunakan aplikasi Keamanan.
  • Atasi LAG Dengan GameBooster 3

GameBooster merupakan salah satu aplikasi android yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan peforma android, agar tidak freeze saat sedang bermain game. Aplikasi ini cukup ampuh dalam mengatasi freeze di Android. Sebelum menggunakan aplikasi ini, android Anda sudah harus dalam keadaaan Rooted, karena jika belum maka aplikasi ini tidak akan dapat bekerja.

  1. Silahkan Anda unduh dan pasang aplikasi GameBooster melalui Google Play Store.
  2. Setelah berhasil terpasang, maka Anda bisa langsung melakukan boost pada Android Anda tersebut. Kemudian tap “Ultra Boost” untuk memaksimalkan performa android Anda saat sedang bermain game. Ultra Boost ini temasuk opsional yang paling bagus dibandingkan dengan High Boost.
  3. Maka untuk memainkan game, Anda bisa pilih langsung melalui aplikasi tersebut. Kemudian pilih game yang ingin Anda boost, sebagai contohnya Anda bisa lihat preview dibawah ini.
  4. Maka Anda sudah bisa dikatakan berhasil memaksimalkan game android Anda untuk bekerja lebih optimal dan tanpa lag.
  • Atasi Patah – Patah Dengan Seeder

Seeder merupakan aplikasi android yang memiliki fungsi untuk memaksimalkan kinerja hardware pada android. Yang mana aplikasi ini cukup ringan, simple, dan juga mudah digunakan. Untuk menggunakan aplikasi ini, sebaiknya android Anda dalam keadaan Root sama seperti aplikasi GameBooster.

  1. Silahkan Anda unduh dan pasang aplikasi Seeder melalui Google Play Store.
  2. Kemudian Anda klik link berikut ini untuk mengunduh: download seeder via google play store
  3. Setelah berhasil memasang, maka Anda bisa langsung memakai aplikasi tersebut. Ubah opsional Light menjadi Aggressive dan tekanlah tombol “Mati” agar aplikasi tersebut bisa aktif dan berwarna hijau.