Mendownload Aplikasi Di Play Store
Mendownload Aplikasi Di Play Store

Kenapa Tidak Bisa Mendownload Aplikasi Di Play Store

Kenapa tidak bisa mendownload aplikasi di play store, mungkin salah satu dari Anda pernah mengalami masalah ini, maka dari itu kami akan memberikan solusinya untuk Anda. Bagi pengguna Android tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Play Store. Yang mana merupakan gudangnya untuk mengunduh berbagai aplikasi dan game, dan ini merupakan aplikasi bawaan yang tertanam untuk setiap ponsel pintar Android.

Akan tetapi mungkin sebagian dari pengguna Android, pernah mengalami kendala saat mengoperasikan Play Store, salah satunya ialah proses mendownload tertunda. Semua aplikasi gratis yang ada di Play Store, dapat diunduh dengan mudah. Tapi bagaimana jika Play Store tidak melanjutkan proses pengunduhan tersebut? Tentunya, kendala ini justru akan membuat Anda resah, kan? Lalu kenapa tidak bisa mendownload aplikasi di play store, apasih sebenarnya penyebabnya ?

Kenapa Tidak Bisa Mendownload Aplikasi Di Play Store

Adapun penyebab dari download tertunda di Play Store ialah, karena memori internal (penyimpanan) sudah tidak mencukupi, adanya koneksi internet yang tidak stabil, data cache Play Store yang sudah corrupt, ataupun adanya kesalahan dalam perangkat sistem operasi. Untungnya ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi masalah tersebut, berikut ini penjelasannya.

  • Hapus Semua File Yang Memang Sudah Tidak Terpakai Di Ruang Penyimpanan

Meski Anda menganggap ruang penyimpanan cukup untuk mengunduh atau ataupun menyimpan suatu file, tapi Play Store memiliki sistem kerja yang berbeda. Karena Play Store sendiri membutuhkan ruang kosong yang cukup besar, untuk bisa mendownload aplikasinya. Mengenai hal tersebut, Anda setidaknya harus memiliki 20% dari total penyimpanan yang tersedia pada perangkat Anda tersebut, untuk mengunduh suatu aplikasi.

Sekarang ini smartphone canggih telah memiliki fitur untuk memantau penggunaan jumlah memori internal, yang digunakan pada suatu perangkat. Dimana Anda cukup akses melalui aplikasi File Manager dan Anda bisa melacak aplikasi apa saja yang mengonsumsi data paling banyak.

  • Pastikan Koneksi Internet Stabil

Salah satu penyebab proses pengunduhan di Play Store tertunda ialah karena koneksi internet yang tidak stabil. Tentunya hal ini akan membuat Anda merasa resah karena sudah menunggu lama-lama, namun proses unduhan tak kunjung kelar. Maka untuk mencari jalan keluar dari kendala ini, Anda bisa melakukan restart pada modem ataupun router yang Anda gunakan untuk mengembalikan ke mode awal atau refresh. Tetapi jika kecepatan WiFi tak kunjung kelar, Anda bisa menggunakan paket data untuk melanjutkan proses pengunduhan sementara sampai kecepatan internet normal kembali.

  • Bersihkan Data Cache Aplikasi Play Store

Jika unduhan Anda tiba-tiba saja berhenti dan persentase unduhan tak kunjung naik? Mungkin Anda perlu membersihkan cache dan juga data pada Play Store Anda. Adapun caranya cukup mudah, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Silahkan Anda pergi ke Pengaturan atau pun Settings.
  2. Coba Anda cari Aplikasi > Kelola Aplikasi.
  3. Setelah itu pilih Google Play.
  4. Kemudian ketuk opsi Clear Data > Clear Cache.
  5. Proses selesai, Anda bisa mengunduh kembali aplikasi yang tidak bisa diunduh tadi.
  • Perbarui OS Atau Sistem Operasi

Melakukan pembaruan sistem sangatlah penting Anda lakukan, apalagi jika unduhan Anda di Play Store tertunda. Yang mana sistem operasi atau OS yang belum di-update, akan tetap meninggalkan banyak bug pada ponsel OS lawas, sehingga smartphone Anda tidak bisa beradaptasi dengan aplikasi yang hendak diunduh. Oleh karena itu, pastikan kalau Anda selalu memperbarui OS Android Anda ke versi terbaru ya. Untuk langkah memperbarui sistem, Anda bisa menemukannya di Pengaturan atau pun Settings > System > System Update.

  • Mengunduh Ulang Aplikasi Dengan Membatalkan Download Terlebih Dahulu

Ya, memang Play Store hanya mengizinkan proses pengunduhan untuk satu aplikasi saja. Sehingga terkadang, saat Anda ingin mendownload suatu aplikasi dan bertabrakan dengan sistem download, maka secara otomatis dapat mencegah proses pengunduhan sehingga tertunda. Untuk itu, Anda bisa memantau aplikasi apa yang sedang diunduh secara otomatis dengan membuka Play Store, kemudian ketuk profil gambar pengguna di pojok kanan atas, lalu ketuk Manage Apps & Device.

Pada laman ini, Anda juga bisa melihat aplikasi apa yang diperbarui secara otomatis, sehingga membuat proses pengunduhan jadi tertunda. Untuk itu, silahkan Anda ketuk Cancel atau tombol silang “x” untuk membatalkan proses pengunduhan, dan download kembali aplikasi yang ingin Anda unduh.