Langkah-langkah Untuk Membuat CV Di Aplikasi Canva
Langkah-langkah Untuk Membuat CV Di Aplikasi Canva

Langkah-langkah Untuk Membuat CV Di Aplikasi Canva

Langkah-langkah untuk membuat cv di aplikasi canva berikut ini, sangat perlu untuk Anda ketahui. Dengan mengikuti tahap berikut ini, Anda bisa dengan mudah membuat CV menarik untuk melamar pekerjaan. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang langkah-langkah untuk membuat CV di aplikasi canva.

Langkah-langkah Untuk Membuat CV Di Aplikasi Canva

Adapun langkah-langkah untuk membuat Cv di aplikasi canva berikut ini, bisa berhasil jika Anda benar-benar mengikuti langkah-langkahnya dengan tepat. Berikut langkah-langkah untuk membuat Cv di aplikasi canva.

  • Buat Akun

Tahap pertama dalam pembuatan CV di Canva ialah dengan membuat akun. Dikutip dari situs bantuan resmi milik Canva, berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan :

  1. Silahkan Anda buka situs resmi Canva
  2. Setelah itu masukkan nama lengkap Anda
  3. Kemudian masukkan pekerjaan saat ini
  4. Lalu pilih daftar menggunakan salah satu dari 3 akun Anda, baik itu akun Facebook, Google maupun akun Email.
  5. Jika Anda menggunakan akun Facebook atau Google, maka beri izin akses Canva ke akun Anda tersebut
  6. Namun jika Anda menggunakan email, maka silahkan Anda masukkan detail yang diperlukan
  7. Setelah itu klik sign up
  8. Kemudian buka email dan konfirmasikan akun Anda
  9. Kini pembuatan akun telah selesai

Kini Anda sudah siap untuk melanjutkan ke tahap membuat CV di Canva selanjutnya.

  • Pilih Menu Pembuatan CV

Setelah Anda memiliki akun, maka tahap selanjutnya yang perlu Anda lakukan ialah memilih menu pembuatan CV. Adapun cara memilih menu ini ialah dengan mengetik kata “resume” di search bar yang tersedia di situs Canva. Setelah itu, Anda akan menemukan menu pembuatan resume. Kemudian klik menu tersebut untuk mulai membuat CV di aplikasi Canva. Meskipun Canva mengatakan bahwa fitur yang ditawarkan adalah pembuatan resume, tetapi Anda tetap bisa memanfaatkannya untuk membuat curriculum vitae.

  • Kreasikan CV

Tahap selanjutnya merupakan inti dari cara membuat CV di Canva, yaitu dengan melakukan kreasi untuk membuat CV. Sebenarnya, Anda bisa memilih berbagai template desain CV yang telah ditawarkan oleh aplikasi Canva. Gambar, font, dan juga warna dari template CV ini bisa Anda ubah sesuai dengan preferensi Anda. Akan tetapi, jika Anda ingin membuat CV sesuai dengan keinginan Anda sendiri, maka Anda bisa melakukannya. Ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat CV di Canva dari nol:

1. Mengubah Background

Setelah Anda memilih menu resume, maka Anda akan diarahkan ke halaman yang menampilkan kertas kosong. Yang mana kertas ini bisa Anda ubah warnanya sesuai dengan preferensi Anda. Adapun caranya ialah dengan memilih menu template yang ada di bagian kiri tampilan layar perangkat Anda. Akan ada pilihan berbagai macam background yang ditawarkan oleh aplikasi Canva. Anda juga bisa memilih warna sendiri, dengan menekan menu uploads.

2. Masukkan Elemen Ke CV

Tahap selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan elemen-elemen ke CV Anda. Yang mana elemen pada CV di Canva adalah berbagai bentuk, gambar, atau pun unsur-unsur grafis lainnya yang dapat mempercantik CV Anda tersebut. Selain itu, menambahkan elemen garis pun juga bisa memberi batas pada berbagai bagian CV, sehingga terkesan lebih terlihat rapi.

Adapun cara memasukkan elemennya ialah dengan memilih menu elements yang ada di bagian kiri. Jika Anda ingin memasukkan foto, maka silahkan Anda pilih menu photos. Sedangkan, jika Anda ingin menambah bentuk atau pun garis, silahkan Anda pilih menu graphics.

Semua hal tersebut dapat Anda temukan setelah Anda memilih opsi more pada kolom kiri layar. Anda bisa menyesuaikan ukuran, warna, posisi dari foto, bentuk, dan juga garis yang Anda masukkan ke dalam CV tersebut. Ada berbagai macam elemen yang bisa Anda gunakan secara gratis. Akan tetapi, jika Anda memilih elemen yang berbayar, maka Anda bisa membelinya seharga 1 dolar AS untuk sekali pakai.

3. Membuat Header

Setelah Anda membuat elemen di CV, maka Anda bisa mulai menulis isi CV Anda tersebut. Adapun unsur pertama yang sebaiknya dituliskan merupakan bagian judul atau pun header. Setelah itu klik menu text yang ada di bagian kiri layar. Lalu, Anda tinggal pilih menu add a heading. Kemudian masukkan nama dan juga pekerjaan Anda di heading ini. Sebagai contohnya, “Tn. X, Ahli Pemasaran Digital”. Jika ternyata heading terlalu besar, atau posisinya kurang pas, maka Anda bisa menyesuaikannya sesuai dengan preferensi Anda. Ada menu penggantian font, warna tulisan, ukuran tulisan, cetak miring, ketebalan, dan lain-lain di bagian atas layar.

4. Isi Profil Profesional Pada CV Di Canva

Profil profesional pada CV di Canva merupakan gambaran umum dari karir profesional Anda. Adapun cara menuliskannya masih di dalam menu text pada bagian kiri layar. Silahkan Anda pilih menu add a subheading. Kemudian isilah kalimat pengantar CV singkat. Sebagai conth, “Tn. X adalah lulusan dari Universitas A dengan Program Studi B, dan juga sudah memiliki pengalaman selama N tahun di bidang pemasaran digital.”. Anda juga bisa menyesuaikan jenis font, ukuran, warna, dan lain sebagainya di bagian atas layar.

  • Isi CV

Setelah merancang dan menempatkan seluruh elemen visual, kini Anda sudah bisa mulai mengisi konten dalam CV. Yang mana pengisian CV ini terdapat pada menu text di bagian kiri layar. Setelah itu, silahkan Anda pilih menu add a little bit of body text yang muncul. Kemudian isi kontak, pengalaman kerja, dan lain-lain yang sekiranya relevan dengan pekerjaan yang ingin Anda lamar tersebut.

Anda juga bisa mengganti font, ukuran, warna, dan lain-lain di bagian atas layar tersebut. Jangan lupa, untuk menghindari berbagai kesalahan dalam membuat CV yang bisa menurunkan daya tawar Anda, ya! Sebagai tambahan, agar CV Anda terlihat lebih menarik, Anda bisa meng-upload beberapa gambar seperti logo perusahaan di tempat Anda pernah bekerja. Adapun caranya, Anda tinggal memilih menu uploads yang ada di bagian kiri layar. Anda bisa mengunggah file gambar dalam bentuk PNG, JPG, maupun SVG.

  • Finishing CV

Setelah Anda telah menyelesaikan semua unsur dalam CV di Canva, saatnya finishing. Maka pada tahap ini, Anda bisa menggunakan fitur grouping agar CV Anda terlihat lebih rapi. Adapun cara menggunakannya ialah dengan memilih berbagai elemen atau pun tulisan yang ingin Anda jadikan satu kelompok. Setelah itu, Anda tinggal klik menu group yang ada di pojok kanan atas layar perangkat Anda.

Unsur yang bisa Anda jadikan satu kelompok, biasanya memiliki kesamaan tertentu. Sebagai contoh, Anda ingin menjadikan header dan profil profesional yang berlokasi di bagian atas menjadi satu group, agar bisa lebih mudah dalam merapikan CV. Selanjutnya, pastikan kalau posisi, warna, dan ukuran dari elemen serta tulisan bersifat proporsional dan tertata, ya!

  • Simpan Dan Bagikan CV

Setelah pembuatan CV Anda selesai, maka Anda bisa langsung menyimpan CV Anda. Yang mana aplikasi canva telah menawarkan fitur download CV dengan format JPG maupun PDF. Untuk mengunduh CV di Canva, silahkan Anda klik tombol panah ke bawah yang ada di bagian kanan atas layar.

Setelah itu, Anda bisa langsung klik opsi download yang tersedia di paling bawah kolom. Sebelum mendownload, pastikan terlebihdahulu kalau Anda sudah ubah file type menjadi PDF Print. Karena bentuk dokumen tersebut adalah yang paling cocok untuk dikirim ke email rekruter atau pun di-print.

Anda juga bisa membagikan CV Anda secara langsung melalui saluran digital seperti sosial media maupun email. Canva juga telah menawarkan fitur yang memungkinkan teman serta keluarga Anda untuk ikut memberikan masukan mengenai CV Anda, lho! Kemudian klik tombol share, dan masukkan alamat email teman atau pun keluarga Anda pada kolom yang sudah tersedia. Jika sudah selesai, langsung Anda klik send untuk mengirim CV.