Cara Scan Foto Menjadi Tulisan Di Handphone
Cara Scan Foto Menjadi Tulisan Di Handphone

Cara Scan Foto Menjadi Tulisan Di Handphone

Cara scan foto menjadi tulisan di handphone – Mungkin Anda Pernah melihat sebuah poster ataupun billboard dan Anda ingin mengubahnya menjadi teks biasa, kemudian ingin mengeditnya di sebuah dokumen. Nah jika Anda tak ingin ribet-ribet tuk menulis ataupun mengetik ulang tulisan yang ada di poster tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi yang dapat memindai foto jadi tulisan di dokumen, yaitu Google Lens. Aplikasi google lens ini bisa Anda manfaatkan untuk meengubah atau scan foto jadi tulisan untuk editor dokumen.

Tak hanya itu saja, aplikasi Google Lens ini juga bisa Anda menfaatkan untuk membuat semua tulisan yang berada pada dokumen, yang mana sengaja dicetak untuk dikonversi menjadi tulisan yang kemudian dapat disimpan secara digital. Adapun cara menggunakannya, Anda bisa mengikuti cara scan foto menjadi tulisan di handphone.

Cara Scan Foto Menjadi Tulisan Di Handphone

  • Silahkan Anda unduh dan install Google Lens dari Google Play Store
  • Dan tunggu hingga proses instalasi selesai, jika sudah berhasil terpasang, maka silahkan Anda buka Google Lens di handphone
  • Kemudian pada halaman utama aplikasi, coba Anda pilih menu Text di bagian bawah
  • Lalu pilih dokumen fisik, koran, gambar, atau lainnya yang ingin Anda pindai
  • Dan arahkan kekamera handphone Anda
  • Pastikan kalau seluruh tulisan tertangkap kamera handphone Anda
  • Setelah itu tekan tombol shutter yang berikon dokumen di dalam lingkaran
  • Maka nantinya Artificial Intelligence yang ada di Google Lens, akan mengubahnya menjadi sebuah tulisan yang dapat diedit secara digital
  • Pada menu pop-up yang muncul, silahkan Anda tekan tombol Select All
  • Selanjutnya, Anda tinggal tekan tombol Copy Text
  • Lalu tempelkan tulisan yang telah Anda salin tadi, ke aplikasi editor dokumen, seperti Word, dengan fitur Paste

Jika Anda mau, Anda juga dapat menempelkan tulisan yang telah disalin dari Google Lens tersebut, ke beragam aplikasi seperti email, chat, medsos SMS, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menggunakan aplikasi google lens ini untuk mengambil yang memaang sudah tersedia di handphone Anda, kemudian memindainya ke google lens dan setelah gambar tersebut Anda pilih, maka aplikasi google lens ini akan langsung memindai teks atau tulisan tersebut dan jika proses pemindaian selesai, maka akan muncul menu pop-up.

Setelah itu tekanlah tombol Select All, untuk memilih semua tulisan yang telah berhasil dipindai oleh Google Lens, dari sebuah gambar. Kemudian untuk menyalinnya, Anda tinggal menekan tombol Copy Text. Setelah itu, untuk menempel tulisan yang telah disalin pada aplikasi lain, Anda hanya perlu menekan tombol Paste saja.

Sesuatu yang lebih menariknya lagi dari Google Lens ialah aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk menerjemahkan bahasa dari berbagai macam foto secara real time ke bahasa Indonesia, hanya dengan menggunakan kamera handphone Anda.