Google Translate Kini Menyediakan Konteks Terjemahan Yang Didukung Al
Google Translate Kini Menyediakan Konteks Terjemahan Yang Didukung Al

Google Translate Kini Menyediakan Konteks Terjemahan Yang Didukung Al

Google translate kini menyediakan konteks terjemahan yang didukung Al –  Akhirnya googlee membuat layanan penerjemahan teks Google Translate yang semakin cerdas, yaitu opsi terjemahan kontekstual baru yang telah didukung oleh kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Google Translate Kini Menyediakan Konteks Terjemahan Yang Didukung Al

Kehadiran fitur baru yaitu terjemahan kontekstual tersebut, diumumkan langsung oleh Product Manager Google Translate Xinxing Gu sendiri dalam postingan di blog Google. Xinxing Gu mengatakan bahwa, dengan dukungan AI, Google Translate akan menyediakan opsi terjemahan kontekstual dengan contoh dalam bahasa terjemahan yang dimaksud. Tentunya konteks ini akan sangat penting sekali, karena biasanya satu kata memiliki lebih dari satu arti.

Fitur baru dari google translate tersebut juga akan memberikan banyak konteks yang lebih relevan bagi para pengguna, sehingga penerjemahan akan sesuai dengan yang maksudkan oleh pengguna. Dalam beberapa minggu yang akan datang, penerjemahan bahasa Inggris, Jerman, Jepang, Perancis, dan Spanyol juga akan memiliki opsi terjemahan kontekstual.

Google juga memberikan contoh, jika Anda menggunakan kata “novel” dalam bahasa Inggris, kemudian diterjemahkan dalam bahasa Perancis. Ketika Anda memasukkan kata “novel”, maka nantinya di Google Translate tersebut akan menyediakan 3 opsi penerjemahan kontekstual dari bahasa Inggris ke bahasa Perancis. Terjemahan pertama dari kata “novel” ialah “roman”, yang artinya tulisan fiksi. Terjemahan kedua dari kata “novel” juga bisa diterjemahkan ke dalam kata “nouveau” yang artinya ialah baru atau yang belum pernah ada sebelumnya. Terjemahan ketiga dari kata “novel” kalau dilihat dalam bahasa prancis memiliki arti “original” yang artinya adalah kualitas yang unik. Dari masing-masing konteks penerjemahan tersebut, Anda bisa melihat contoh penggunaan kata dalam versi bahasa Inggris dan juga Perancis. Sehingga, Anda bisa menggunakan hasil terjemahan yang sesuai dengan yang Anda inginkan.

Google juga menawarkan Google Lens yang bisa membantu Anda tuk menerjemahkan teks yang ada di suatu gambar. Google Lens ini juga didukung oleh pembelajaran mesin (machine learning) tingkat lanjut, sehingga Anda bisa menerjemahkan teks dalam gambar yang rumit, Teks  hasil terjemahan tersebut juga akan terlihat jauh lebih alami.